Grammar / Tata Bahasa ~te aru (~てある) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Grammar / Tata Bahasa ~te aru (~てある) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Grammar / Tata Bahasa ~te aru (~てある)

Lama juga tak belajar grammar bahasa Jepang lagi nih^^, kali ini mari kita mulai belajar grammar bahasa Jepang lagi, tata bahasa yang akan kita pelajari kali ini adalah tentang ~te aru (~てある), hmm susah susah gampang sih tata bahasa ini untuk dijelaskan menurutku :D.

Sebelum kita mempelajarinya adakalanya kita harus tahu dulu arti dan penjelasan tentang pola kalimat ini, ~te aru yang digunakan untuk menyatakan hasil dari sesuatu yang sudah dilakukan. Meskipun ada makna sudah terjadi namun menurut saya di sini sama sekali tidak ada unsur lampaunya, hampir mirip dengan tata bahasa ~te iru, hanya saja ~te aru menyatakan sesuatunya sudah dilakukan dan hasilnya bisa dilihat sekarang (fokusnya pada hasil perbuatannya bukan sesuatu yang telah dilakukannya.

Dan perlu sobat ingat juga bahwa pola ~te aru hanya bisa digunakan untuk kata kerja tadoushi (他動詞) atau kata kerja transitive saja, tidak bisa digunakan untuk kata kerja jidoushi (自動詞) /kata kerja intransive.

Penjelasannya sudah, berikutnya kita akan belajar cara pembuatan polanya, sebelumnya sobat harus menguasai dulu konjugasi bentuk-te terlebih dulu (buat yang belum menguasai bentuk-te silakan baca postingan ini : kata kerja bahasa Jepang bentuk-te).

Cara membuat grammar ~te aru pertama sobat ubah dulu kata kerja transitive ke dalam bentuk-te lalu tinggal tambahkan kata aru (ある) setelah kata kerja bentuk-te nya. Contoh:
書く : kaku : menulis → 書いてある : kaite aru : tertulis
作る : tsukuru : membuat → 作ってある : tsukutte aru : sudah dibuat
買う : kau : membeli → 買ってある : katte aru : sudah dibeli
食べる : taberu : makan → 食べてある : tabete aru : sudah dimakan
飲む : nomu : minum → 飲んである : nonde aru : sudah diminum
Polanya juga sudah kita pelajari, berarti tinggal memberikan contoh penggunaanya dalam kalimat lengkap, ini dia Riizhu kasih banyak-banyak deh, biar cepat "ngeh" sama grammar yang termasuk level N5 JLPT ini^^.
窓が開けてある。
Mado ga akete aru.
Jendelanya sudah terbuka (seseorang telah membuka jendelanya).
今日のランチが作ってあります。
Kyou no ranchi ga tsukutte arimasu.
Makan siang hari ini sudah siap dimakan (seseorang sudah membuatkan makan siang hari ini, dan sekarang bisa dinikmati).
この手紙は漢字で書いてある。
Kono tegami wa kanji de kaite aru.
Surat ini tertulis menggunakan kanji.
ホテルは予約してあるから、心配しないでください。
Hoteru wa yoyaku shite aru kara, shinpai shinai de kudasai.
Karena hotelnya sudah dibooking, jadi tolong tidak usah khawatir.
Baca juga: Grammar Bahasa Jepang ~te oku (~ておく)

Alright, demikianlah pelajaran bahasa Jepang kita hari ini yang telah membahas mengenai grammar bahasa Jepang ~te aru (~てある), mudah-mudahan artikel ini bisa membantu dan bermanfaat^^. Jaa mata ashita ne minna.

Baca Juga

3 komentar:

  1. Permisi min mau nanya, penggunaan ~て ある apakah sama dengan penggunaan ~て いました/~て ありました?

    BalasHapus
  2. kalo menurut saya beda gan

    BalasHapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.