Cara Menulis dan Belajar Huruf Katakana | Belajar Bahasa Jepang Bersama Cara Menulis dan Belajar Huruf Katakana | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Cara Menulis dan Belajar Huruf Katakana

Seperti halnya hiragana, katakan juga termasuk salah satu huruf dasar bahasa Jepang. wah harus menghafal huruf lagi? Tenang teman, katakana itu tidak begitu sulit untuk dipelajari kok, apalagi jika kamu sudah hafal huruf hiragana sebelumnya. Cara baca huruf katakana sama dengan cara baca huruf hiragana, jika kamu telah mengerti hiragana maka kamu juga pasti akan cepat mengerti katakana, karena hiragana dan katakana saling berpadanan satu sama lainnya, belajarlah katakana seperti kamu memperlajari hiragana atau sebaliknya^^.

Sebelumnya kita harus tau dulu kapan katakana digunakan, Berikut adalah tentang penggunaan huruf katakana:
  1. Digunakan untuk menuliskan kata serapan,istilah,nama atau kata benda asing (selain bahasa Jepang)
  2. Digunakan untuk menulis Onomatopoeia (efek bunyi) dalam tulisan, seperti dalam manga Jepang tone-tonenya ditulis menggunakan katakana.
  3. Digunakan untuk menekankan suatu kata. sama seperti halnya huruf latin yang pakai bold/italic.
  4. Untuk menuliskan cara baca onyomi sebuah kanji di dalam kamus  
Itulah kegunaan-kegunaan dari huruf katakana, next mari kita melihat list dari huruf-huruf katakananya :

Katakana List


ア=A
イ=I
ウ=U
エ=E
オ=O
カ=KA
キ=KI
ク=KU
ケ=KE
コ=KO
サ=SA
シ=SHI
ス=SU
セ=SE
ソ=SO
タ=TA
チ=CHI
ツ=TSU
テ=TE
ト=TO
ナ=NA
ニ=NI
ヌ=NU
ネ=NE
ノ=NO
ハ=HA
ヒ=HI
フ=FU
ヘ=HE
ホ=HO
マ=MA
ミ=MI
ム=MU
メ=ME
モ=MO
ヤ=YA
ユ=YU
ヨ=YO
ラ=RA
リ=RI
ル=RU
レ=RE
ロ=RO
ワ=WA
ヲ=WO
ン=N
 Katakana
dengan 
tambahan 
maru 
tenten 
ガ=GA
ギ=GI
グ=GU
ゲ=GE
ゴ=GO
ザ=ZA
ジ=JI
ズ=ZU
ゼ=ZE
ゾ=ZO
ダ=DA
ヂ=JI
ヅ=DZU
デ=DE
ド=DO
バ=BA
ビ=BI
ブ=BU
ベ=BE
ボ=BO
パ=PA
ピ=PI
プ=PU
ペ=PE
ポ=PO
 Katakana
dengan 
ya(kecil) 
yu(kecil) 
yo(kecil) 
リャ=RYA
リュ=RYU
リョ=RYO
ミャ=MYA
ミュ=MYU
ミョ=MYO
ヒャ=HYA
ヒュ=HYU
ヒョ=HYO
キャ=KYA
キュ=KYU
キョ=KYO
ニャ=NYA
ニュ=NYU
ニョ=NYO
チャ=CHA
チュ=CHU
チョ=CHO
シャ=SHA
シュ=SHU
ショ=SHO
ギャ=GYA
ギュ=GYU
ギョ=GYO
ジャ=JA
ジュ=JU
ジョ=JO
ヂャ=JA
ヂュ=JU
ヂョ=JO
ビャ=BYA
ビュ=BYU
ビョ=BYO
ピャ=PYA
ピュ=PYU
ピョ=PYO
 Selamat
 Menghafal
Para 
Pelajar 
BJB^^ 
*warna merah berarti huruf yang memiliki cara baca tak biasa

Eh iya, khusus untuk katakana memiliki huruf tambahan yang berfungsi untuk mentransliterasikan kata-kata dari bahasa asing yang suku bunyinya tidak dicakup oleh hiragana/katakana tradisional, katakana ini disebut modern katakana dan katakana ini tidak memiliki padanan hiragananya, tenang aja kok, tidak ada huruf yang baru di sini, ini cuma gabungan huruf aja^^ jadi mudah aja lah, ini dia list dari modern/extended katakana.
extented katakana
ayo coba sobat tuliskan nama riizhu dalam katakananya^^.

Silahkan sobat BJB bisa menghafal huruf-huruf katakana ini seperti metode menghafal huruf hiragana yang telah riizhu share pada postingan "Mari Belajar Huruf Hiragana". Atau bisa menggunakan metode menghafal gaya sobat sendiri yang dirasa efektif dan cocok untuk diri kita sendiri. Apapun metodenya yang penting hasilnya kita berhasil menghafal huruf-hurufnya.

Sip, itulah semua list dari katakana kalau ada yang masih belum mengerti atau ada yang ditanyakan jangan ragu untuk berkomentar ya.
Benkyou shinasai mina-san, ganbatteGanbatte
Baca Juga

16 komentar:

  1. Arigatou gozaimasu =))

    BalasHapus
  2. Konbanwa riizhu-san
    Huruf tambahan untuk katakana tetap bisa digunakan untuk penulisan nama atau sesuai dgn aturan huruf katakana?

    Onegai Shimasu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga digunakan untuk menulis nama asing (selain nama Jepang). Nama indonesia misalnya boleh juga ditulis dengan katakana tambahan jika katakana biasa tidak bisa mewakili bunyinya. Contohnya Diaz menjadi ディアズ, Tiara menjadi ティアラ^^

      Hapus
  3. dalam huruf katana dan hiraga ada artinya juga ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak, huruf katakana dan hiragana tidak memiliki arti, hanya mewakili bunyi saja, jadi cukup menghafalkan ucapan dan bentuknya saja^^

      Hapus
  4. Klo nulis cinta pake huruf kanji kan ai...klo pke huruf katakana gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama "ai" juga, Huruf kanji itu mewakili perkata, sedangkan huruf hiragana dan katakana itu persuku kata, jadi semua huruf kanji bisa ditulis dengan hiragana dan katakana.

      Hapus
  5. Konbanwa, Riizhu-san. Saya mw brtny, yg d list katakana, yg mmiliki cara baca "O" & "E", apa huruf katakananya memang sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf gan, ada kesalahan^^, sekarang sudah diperbaiki, terima kasih infonya

      Hapus
  6. Wah iya, maaf ada kesalahan ketik. Sekarang sudah diperbaiki

    BalasHapus
  7. Konbanwa riizhu-san, kalo gunanya garis panjang(ー) yang biasanya ada dihuruf hiragana/katakana itu apa ya, onegaishimasu 🙏🏻

    Arigatou gozimasu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu chouonpu, fungsinya kalau ada tanda itu berarti huruf sebelumnya dibaca panjang. Misal. ケーキ (dibaca keeki) huruf ケ (ke)-nya dibaca panjang. Sedikit info garis panjang itu cuma ada di katakana saja, tidak ada di hiragana.

      Hapus
  8. Kak mau nanya, nama saya "Jason" tapi nama saya berasal dari bahasa Inggris jika dipanggil maka berubah menjadi "Jesen", apakah nama saya jika ditulis menjadi katakana akan berubah seperti ini" ジャソン "(Jason) atau seperti ini " ジェセン " (Jesen) atau juga saya lihat di web lain nama saya jika ditulis dlm katakana akan berubah menjadi " ジェイソン(Jeison). Mohon penjelasannya kak yang benar yang mana yah, maaf kalo pertanyaannya kepanjangan saya masih belajar di tahap Katakana soalnya dan masih kebingungan, terima kasih.

    BalasHapus
  9. Kak mau nanya, nama saya "Jason" tapi nama saya berasal dari bahasa Inggris jika dipanggil maka berubah menjadi "Jesen", apakah nama saya jika ditulis menjadi katakana akan berubah seperti ini" ジャソン "(Jason) atau seperti ini " ジェセン " (Jesen) atau juga saya lihat di web lain nama saya jika ditulis dlm katakana akan berubah menjadi " ジェイソン(Jeison). Mohon penjelasannya kak yang benar yang mana yah, maaf kalo pertanyaannya kepanjangan saya masih belajar di tahap Katakana soalnya dan masih kebingungan, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tergantung pengucapan/penyebutan bunyinya kak. Kalau namanya Jason tapi disebutnya kayak "Jesen" maka tulisan katakananya juga ジェセン kak.

      Hapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.