Cara Belajar dan Menulis Huruf Hiragana

Sebelum sobat BJB belajar Kanji, sebaiknya sobat mempelajari dulu tentang huruf hiragana, karena hiragana jauh lebih mudah dipelajari daripada kanji, riizhu sarankan jika kalian ingin belajar bahasa Jepang, yang pertama-tama kalian harus lakukan adalah menghafal semua huruf hiragana lalu setelah itu menghafal katakana.

Dalam postingan ini riizhu akan memberikan list huruf-huruf hiragana juga kapan penggunaanya, mau belajar? Mari kita belajar tentang hiragana yuk^^.

Hiragana adalah salah satu cara penulisan dalam bahasa Jepang dan mewakili sebutan suku kata, waktu zaman dulu hiragana sering digunakan oleh kaum perempuan makanya hiragana juga dikenal sebagai 女手(onna de=tulisan wanita) sedangkan kaum laki-laki pada masa itu menggunakan kanji dan katakana. Hiragana mulai di gunakan secara luas pada abab ke-10 masehi.

Itu adalah sedikit sejarah tentang hiragana, ok kita akan langsung belajar hiragana saja ya karena mengetahui sejarah-sejarahnya tidak begitu penting, yang penting itu adalah menghafalnya, let's go! oh iya sebelum mulai menghafal, kita sebaiknya harus tahu dulu kapan huruf hiragana digunakan.

Hiragana digunakan pada saat:
  1. Untuk menulis okurigana, dah pada tau belum apa itu okurigana?=.=a  okurigana iyalah akhiran kata dari kata kerja, kata sifat, dll misalnya : 読む=yomu, nah huruf む(mu) itulah yang disebut okurigana. kenapa kata kerja dan kata sifat di akhirnya ditulis dengan hiragana? Hal itu supaya bisa dibuat konjugasinya, nanti kita akan masuk pada pelajaran tentang konjugasi di bab postingan selanjutnya.
  2. Untuk menulis kata-kata yang tidak diketahui tulisan kanjinya atau sudah lama tidak digunakan.
  3. Untuk menulis bahan bacaan anak-anak seperti buku text, animasi, dan komik
  4. Untuk menulis furigana, yaitu hiragana kecil yg ada di atas huruf kanji untuk menandakan bagaimana suatu kanji dibaca. coba aja kalian liat di lagu-lagu OST anime -dalam openning dan endingnya-, ada text kanji dan biasanya juga disertai dengan furigananya di atas kanjinya.

Nah sudah tau kan pada saat kapan hiragana digunakan? Next mari kita menghafal hurufnya, jika kalian tidak mau menghafal huruf hiragana jangan harap kalian akan bisa menguasai bahasa Jepang, karena hiragana adalah modal utama untuk menaklukan bahasa Jepang.

Berikut adalah list dari huruf-huruf hiragana, silahkan lihat dan hafal ya;)


Hiragana list

あ=A い=I う=U え=E お=O
か=KA き=KI く=KU け=KE こ=KO
さ=SA し=SHI す=SU せ=SE そ=SO
た=TA ち=CHI つ=TSU て=TE と=TO
な=NA に=NI ぬ=NU ね=NE の=NO
は=HA ひ=HI ふ=FU へ=HE ほ=HO
ま=MA み=MI む=MU め=ME も=MO
や=YA ゆ=YU よ=YO
ら=RA り=RI る=RU れ=RE ろ=RO
わ=WA を=WO
ん=N
 Hiragana dengan  tambahan  maru   tenten
が=GA ぎ=GI ぐ=GU げ=GE ご=GO
ざ=ZA じ=JI ず=ZU ぜ=ZE ぞ=ZO
だ=DA ぢ=JI づ=DZU で=DE ど=DO
ば=BA び=BI ぶ=BU べ=BE ぼ=BO
ぱ=PA ぴ=PI ぷ=PU ぺ=PE ぽ=PO
 HiraganadenganYa(kecil)yu(kecil)yo(kecil)
りゃ=RYA りゅ=RYU りょ=RYO
みゃ=MYA みゅ=MYU みょ=MYO
ひゃ=HYA ひゅ=HYU ひょ=HYO
きゃ=KYA きゅ=KYU きょ=KYO
にゃ=NYA にゅ=NYU にょ=NYO
ちゃ=CHA ちゅ=CHU ちょ=CHO
しゃ=SHA しゅ=SHU しょ=SHO
ぎゃ=GYA ぎゅ=GYU ぎょ=GYO
じゃ=JA じゅ=JU じょ=JO
ぢゃ=JA ぢゅ=JU ぢょ=JO
びゃ=BYA びゅ=BYU びょ=BYO
ぴゃ=PYA ぴゅ=PYU ぴょ=PYO
 SelamatmenghafalparapelajarBJB^^

*warna merah adalah huruf-huruf yang mempunyai cara baca tidak biasa
*khusus untuk huruf memiliki tiga bunyi yaitu n,m dan ng, dibaca m jika huruf sebelumnya b atau p misal : さんぽ=sampo、たんぼ=tambo. dibaca ng jika huruf sebelumnya g atau k misal : さんかくえい=sangkakuei、まんが=mangga.

Cara menghafalnya bebes saja pilih cara menghafal yang menurutmu paling cocok dan efektif bagi dirimu. Kalau saran trik menghafal dari riizhu, coba deh tulis semua huruf-huruf hiragana di atas di dalam buku masing-masing huruf ditulis sebanyak 10 buah sambil menyebutkan cara baca huruf-hurufnya setelah selesai menuliskan semuanya coba baca ulang seluruh huruf-hurufnya sebanyak tiga kali. Dengan metode ini kita bukan cuma akan menghafal bunyi-bunyi hiragana saja, tapi juga akan hafal guratan-guratan cara menulis hiragana yang baik dan benar^^, setelah hafal semuanya maka bisa lanjut menghafal Katakana.

Post tentang Katakana: Mari Belajar Huruf Katakana

Itulah semua list dari huruf hiragana, tidak sulit kan, yang pasti tidak sesulit Kanji, riizhu doain deh semoga kalian cepat hafal semua huruf-hurufnya.
SELAMAT MENGHAFAL, GANBATTE KUDASAI NE MINA-SANbye
Cara Belajar dan Menulis Huruf Hiragana
Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner