6 Tips Belajar Bahasa Jepang Secara Otodidak

Belajar bahasa Jepang secara otodidak? why not^^ hehe nggak ada salahnya dengan belajar secara otodidak, menurut riizhu sama aja, toh mau belajar otodidak atau les, atau di univ atau ke Jepangnya langsungpun tujuannya juga sama yaitu "ingin bisa berbahasa Jepang". meski sama namun masing-masing mempunyai jalan yang berbeda-beda ada yang ngegunain jalur darat, jalur laut ada juga jalur udara. yang ingin riizhu bahas di sini adalah tentang metode belajar otodidak yang efektif^^ berhubung riizhu juga belajarnya dari jalan otodidak jadi di sini riizhu akan memberikan beberapa tips-tips supaya bisa berbahasa Jepang walau hanya belajar sendiri secara otodidak^^ langsung aja ini dia tipsnya sesuai pengalaman XDD :

1. Harus Bisa Mandiri dan Mengatur Pelajaran untuk Diri Sendiri

Karena otodidak itu berarti tidak memiliki guru ataupun seseorang yang bisa mengaturkan materi-materi apa yang akan harus dipelajari dan tidak ada waktu yang pasti kapan kita harus belajar. inilah tantangan buat kita sebagai pelajar otodidak dituntut untuk bisa mandiri dan membuat keputusan sendiri mana-mana saja yang harus kita pelajari dan kapan waktu kita harus belajar. Sobat bisa belajar otodidak dari buku-buku ataupun seperti cara riizhu belajar otodidak lewat internet doang, FYI nih, jangan kasih tau siapa-siapa ya XD riizhu tu nggak punya satupun buku materi bahasa Jepang lho, kamus juga nggak ada, adanya cuma kamus digital di hp dan pc dan beberapa Ebook, oke forget it. Bukankah yang paling mengerti diri kita itu adalah kita sendiri? Dan setiap orang mempunyai cara belajar masing-masing jadi riizhu nggak bisa jelasin ini, karna belum tentu metode belajar yang riizhu pakai bisa efektif juga buat sobat sekalian, nah karna itu harusnya sobat udah tau dong metode belajar sobat seperti apa yang cocok buat sobat. buat yang masih belum punya gaya belajar khasnya silahkan dicari dulu, atau silahkan bertapa dulu di gunung kelut sana :D, jadilah pelajar yang mandiri jangan selalu bergantung pada orang lain.

2. Harus Pandai Memanfaatkan Apa yang Ada dan Tidak Boleh Banyak Mengeluh

Nah ini dia, sobat harus bisa memanfaatkan sesuatu yang sobat miliki sebaik mungkin, contohnya sobat sering jalan-jalan ke toko buku, nah kenapa nggak dimanfaatin kesempatan tersebut buat beli buku pelajaran bahasa Jepang, atau sobat sering banget browsing nah manfaatinlah buat belajar di internet temukan situs-situs yang memberikan materi bahasa Jepang, dan satu hal lagi, yakni jangan pernah mengeluh, jangan pernah keluhkan keadaan sobat, nggak ada gunanya, jangan pernah berpikiran andai aku seberuntung dirinya bisa belajar ke Jepang langsung, andai aku seperti dirinya bisa masuk jurusan sastra Jepang, mending nggak usah berpikiran gitu, nggak ada gunanya tau, buang-buang waktu aja, mending manfaatin waktu buat belajar^^ benar nggak? Percaya aja deh Tuhan itu udah ngasih suatu kelebihan kepada diri kita, jadi berhentilah mengeluh dan nggak usah pikirkan kelebihan orang tapi temukanlah kelebihanmu sendiri, setiap manusia diciptakan memiliki kelebihan tapi karena mereka biasanya hanya memikirkan kelebihan orang lain jadi sering lupa dan tak menyadari kelebihan yang dimilikinya^^.

3. Perbanyak Berteman dengan Orang yang Pandai Berbahasa Jepang

Ini agar bisa membuat kita bersemangat, mempunyai banyak teman yang jago bahasa Jepang bisa dimanfaatin buat praktek, bisa dimintain bantuan kalau kita kesusahan memahami suatu pelajaran, bisa PDKTan trus nikah dan hidup bahagia berdua #eh sorry OOT :D. berbeda dengan orang yang ikut les atau mahasiswa sasjep mereka itu sudah memiliki teman sekelas yang tentu seperjuangan dan bisa saling mensupport satu sama lainnya, nah buat kita pelajar otodidak kita harus mencari teman satu persatu, kalo cari teman dunia nyata susah maka carilah teman dunia mayamu sebanyak mungkin kalau perlu temanan aja sama orang Jepang langsung jadi bisa praktek langsung deh^^ teman juga bisa dijadikan rival untuk semakin memotivasi kita dalam belajar^^ jadi jika sobat mempunyai teman sekaligus rival maka itu akan meningkatkan semangat sobat dalam mempelajari bahasa Jepang.

4. Buat Keseharian Kita Penuh dengan Bahasa Jepang

Ini dia tips yang cukup ampuh dan sebenarnya yang bukan pelajar otodidakpun juga harus melakukan hal ini yaitu membuat bahasa Jepang itu everywhere and everytime. ya, karna bahasa itu adalah suatu ilmu yang harus terus dibiasakan bukan hanya dipelajari saja. agar cepat terbiasa dan menghafal bahasa Jepang di dalam alam bawah sadar kita maka kita harus sering-sering berjumpa dengan bahasa Jepang. caranya? Caranya gampang, bisa dengan cara menonton anime, atau baca manga atau koran Jepang atau dorama (tapi anime dan manganya harus yang berbahasa Jepang ya, soalnya kalau udah didubbing ya sia-sia aja hihi). sering-sering dengerin lagu Jepang terus mencoba mengikutin atau memahami liriknya dan boleh juga mencoba menerjemahkannya. atau hanya sekedar bergabung di forum bahasa Jepang juga bisa. intinya kamu harus sering-sering ketemuan dengan bahasa Jepang hingga familiar dan akhirnya tumbuhlah benih-benih cinta bisa berbahasa Jepang deh.

5. Jangan Hanya Belajar di Satu Tempat

Nah ini tips selanjutnya yaitu jangan cuma belajar di satu tempat, kenapa? Karena kalau sobat cuma belajar di satu tempat aja maka bahasa Jepang sobat akan terbatas, karna biasanya khususnya website/blog cuma mengajarkan bahasa Jepang versi formal saja, atau ada yang cuma versi santai saja^^ (tidak lengkap, bisa dikarenakan stop di tengah jalan atau cuma berfokus mengajari bahasa Jepang versi tertentu saja), jadi semakin banyak website yang kita kunjungi maka akan semakin variatif bahasa Jepang kita^^ begitu juga dengan buku, jangan cuma belajar di satu buku aja misal cuma belajar Minna no nihongo aja ya, tapi baca juga buku-buku lainnya^^.

6. Ciptakanlah Sesuatu yang Dapat Menguji Bahasa Jepangmu

Dan tips yang terakhir yaitu sebagai penguji bahasa Jepang kita yang telah kita pelajari, banyak cara kok untuk menguji kemampuan kita, bisa dengan menstranslate lirik lagu Jepang atau manga/anime Jepang, mencari orang Jepang asli dan mengajak bicara, atau mencari soal bahasa Jepang di internet dan mengisi jawabannya atau yang lebih serius bisa mengikuti test JLPT (Japanese Language Proficiency Test), apapun bisa dilakukan yang penting bisa mengasah kemampuan kita, semakin sulit maka akan semakin bagus jika berhasil^^, kalau riizhu sih biasanya menerjemahin lirik lagu-lagu favorit riizhu dan membesarkan blog ini juga termasuk ujian buat riizhu :D hoho, temukan sendiri caranya ya, jadi pelajar otodidak itu haruslah mandiri.
Itulah 6 tips sederhana belajar bahasa Jepang otodidak dari riizhu, semoga bisa membantu sobat semuanya ya. menurut riizhu apapun caranya dan bagaimanapun jalannya semua tergantung pada semangat dan juga doa sobat^^, walaupun cuma belajar bahasa Jepang otodidak kalau mempunyai semangat yang luar biasa dan disertai dengan doa pasti bakalan bisa kok dan begitu juga sebaliknya meskipun belajar langsung ke Jepang sekalipun kalau tidak mempunyai keinginan dan semanagat yang kuat untuk bisa berbahasa Jepang pasti nggak bakalan bisa deh, percaya aja dah :D, oke udah dulu tips kali ini, mudah-mudahan sobat BJB yang lagi belajar bahasa Jepang bisa tambah semangat dengan membaca artikel ini, dan tunggu artikel-artikel lainnya ya jaa mata nemata ne.
6 Tips Belajar Bahasa Jepang Secara Otodidak
18 komentar

Aku juga dulu belajar otodidak sebelum kuliah sastra jepang.

Oh ya kalau mau nyari temen orang jepang, kalau pakai android atau iphone mungkin bisa install aplikasi Friendstalk. Banyak orang jepang yg pake aplikasi itu^^

socmed asal jepang tuh ya, wah makasih info appnya,, mungkin kalo punya android mau install itu ntar XD

assalamu'alaikum...
tolong koreksiin kalimat yg ane buat bro?

This comment has been removed by the author.

mau nanya kalau buat nulis tulisan hiragana, katakana, sama kanji di pc caranya gimana?

coba buka postingan ini mungkin bisa membantu^^ http://bahasajepangbersama.blogspot.com/2014/06/tutorial-menambah-tulisan-bahasa-jepang.html

皆さん。。
宜しくお願いします。。(๑•́ ₃ •̀๑)

はい、こちらこそ^^

Artikel yang sangat bagus.. kebetulan saya juga memulai belajar jepang dengan otodidak..
share aja, kalau ada yg mau otodidak belajar bahasa jepang, ada produk bagus nih.. udah banyak yg make dan berhasil dlm pembelajarannya
silakan cek link nya di
http://bit.ly/MudahBelajarJepang

Maaf ada yg bisa bantuin belajar bhs jepang+tulisan nya lewat line/bbm/what's app ga? Bingung mau belahar dr mana awalnya:( kalo ada yg mau bantuin bisa kirim pesan ke rezasugarda62@gmail.com :) arigato

Terima kasih untuk artikelnya. Salam kenal saya Pradana penulis buku "Praktis dan Mandiri Belajar Bahasa Jepang" terbitan Andi Offset.

Silahkan dapatkan buku2 terbaru terbitan tahun 2015. Dan dapatkan diskonnya.

http://goo.gl/muzD8w

Silahkan kunjungi balik dan tinggalkan jejak alias komentar.

-Hon Book Store-

Halo, Kak. Salam kenal.
Saya juga memutuskan buat belajar bahasa Jepang secara otodidak setelah saya menyadari bahwa saya belum punya peluang buat kuliah di Sastra Jepang ataupun ambil les Bahasa Jepang. Saya baru mau belajar, dan nemu blog ini. Mwehehe..
Tetep semangat ya, Kak, nge-blognya. Arigatou ^^

Halo juga putri-san^^, koko de issho ni nihongo o benkyou shimashou^^)/, dan semoga suatu saat bisa kuliah sastra Jepang.

assalamualaikum mas perasaan pernah liat foto profil mas di youtube deh apakah benar ?

aku lagi cari teman buat latihan ngobrol jepang ini wa aku 082213061100..arigatou gozaimasu

Yang udah bisa bahasa jepang bisa tanya2 ndak?aku punya kesulitan klo merangkai kalimat, tolong WA ya 085786760046

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner