Inilah Daftar Universitas Terbaik dan Bergengsi di Jepang | Belajar Bahasa Jepang Bersama Inilah Daftar Universitas Terbaik dan Bergengsi di Jepang | Belajar Bahasa Jepang Bersama
Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Inilah Daftar Universitas Terbaik dan Bergengsi di Jepang

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang ingin sekali melanjutkan kuliah di luar negeri? Jika memang iya, kamu perlu mempertimbangkan untuk kuliah di negara bunga Sakura yakni Jepang. Saat ini Jepang menjadi salah satu pilihan favorit para siswa-siswi di Indonesia untuk melanjutkan studinya. Negara yang indah dan negara yang banyak diperbincangkan para kalangan calon mahasiswa ini tidak akan berhenti untuk dipuji karena memang faktanya Jepang sudah ada di hati para calon mahasiswa.

Siapa sih yang tidak tahu bahwa Jepang sangat terkenal dengan kecanggihan teknologinya! Maka dari itu Jepang terus berinovasi dalam kemajuan teknologi dan juga dalam ilmu pengetahuannya. Sehingga hal itu menjadi daya tarik bagi para pelajar Indonesia. Pemerintah Jepang dan sejumlah perguruan tinggi terus melakukan perbaikan yang bertujuan supaya mahasiswa Internasional (asing) bisa belajar di sana. Tahun 2020 akan ada 300.000 mahasiswa asing yang akan belajar di Jepang lho! Apakah kamu ingin menjadi salah satunya?

Daftar Universitas Terbaik Jepang

Banyak rumor beredar bahwa anggapan tentang biaya kuliah di Jepang itu mahal, padahal semua itu tidak sepenuhnya benar. Untuk biaya hidup di Jepang memang bisa dikatakan cukup mahal. Biaya kuliah di Jepang relatif sama dengan negara lain bahkan lebih murah daripada negara Eropa atau Amerika, seperti Inggris. Berikut adalah beberapa Universitas terbaik di Jepang:

1.  Universitas Tokyo (東京大学 : Toukyou Daigaku)

Universitas Tokyo (東京大学 : toukyou daigaku) atau biasa disingkat dengan Toudai (東大) ini umumnya dipandang sebagai universitas paling bergengsi; universitas negeri terbaik, terpandang di Jepang, siapa sih yang gak mau masuk ke universitas yang paling terkenal se-Jepang ini? Universitas Tokyo memiliki lima kampus di Hongo, Kashiwa, Shirokane, Komaba dan Nakano. Meski hampir segala jenis bidang akademis diajarkan di sini, ia paling terkenal akan fakultas sastra dan hukumnya. Nah untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah dengan bidang sastra atau hukum, kamu perlu mempertimbangkan universitas ini. Bagi kalian calon-calon penulis terkenal ataupun hakim kondang wajib pilih universitas Tokyo, ya :).

2.  Universitas Keio (慶応義塾大学 : Keiou Gijutsu Daigaku)

Universitas Keio adalah salah satu perguruan tinggi tertua di Jepang. Universitas ini didirikan pada tahun 1858 oleh Fukuzawa Yukichi sebagai sekolah studi Barat di Tokyo, dan mendirikan tiga fakultas pertamanya pada tahun 1890. Jadi tidak perlu diragukan lagi bagaimana hebatnya universitas ini karena ia berdiri paling lama di antara universitas yang lainnya.

Universitas ini sama halnya dengan universitas Tokyo yang mana memiliki beragam program studi pilihan seperti; sastra, hukum, ekonomi, bisnis dan perdagangan, kedokteran, sains dan teknologi, manajemen kebijakan hingga lingkungan dan studi informasi.Universitas Keio ini selain welcome untuk para siswa fresh graduate juga memiliki program studi pendidikan berkelanjutan untuk orang dewasa yang sudah bekerja, wah hebat ya. 

3.  Universitas Kyoto (京都大学 : Kyoto Daigaku)

Kyoto University, memiliki sebutan 京大 (kyoudai), di mana singkatan ini mirip dengan kata 兄弟 (kyoudai) yang memiliki makna "saudara" adalah universitas negeri di Kyoto, Jepang. Universitas ini merupakan universitas negeri tertua kedua di Jepang, di mana ia berdiri pada Tahun 1897. Sebagai universitas berorientasi penelitian, Universitas Kyoto telah menghasilkan penghargaan nobel dalam bidang biologi molekuler, fisika teori, dan kimia. Sudah bisa dilihat bagi kamu yang suka dengan pelajaran ipa, kamu bisa pilih universitas kyoto ini jadi tempat melanjutkan studimu.

4.  Universitas Tohoku (東北大学 : Touhoku Daigaku)

Universitas Tohoku adalah universitas negeri di Sendai, wilayah Tohoku di Jepang. Universitas ini adalah salah satu universitas penerima mahasiswa perempuan pada tahun 1913. Didirikan pada tahun 1907 sebagai Universitas Imperial atau bisa disebut Universitas kerajaan ketiga di Jepang. Wah, keren banget yaaa! Dulunya universitas Tohoku hanya mengajarkan dalam bahasa Jepang saja. Namun kini, universitas Tohoku pun juga membuka program dalam bahasa Inggris untuk pelajar internasional. Informasi penting yang harus kalian tahu juga adalah bahwa universitas ini memiliki jajaran peneliti dan ilmuwan terkemuka di Jepang loh. 

5.  Universitas Osaka & Hokkaido (大阪大学 : Oosaka Daigaku & 北海道大学 : Hokkaidou Daigaku)

Universitas yang memiliki Motto “Live locally grown globally” yang artinya “Hidup secara lokal tumbuh secara global” ini memiliki terobosan teknologi dan science! Child’s robots di osaka university. Kamu pecinta robot? Atau hobi dalam bidang teknologi boleh sekali universitas ini menjadi pilihanmu. Universitas Osaka ini juga memiliki beberapa kampus yang terletak di Suita, Toyonaka, dan Mino. 

Sedangkan universitas Hokkaido yang memiliki singkatan hokudai (北大) ini adalah salah satu universitas  yang terbaik dalam program studi teknik karena universitas ini memiliki tempat penelitian tersendiri. Woaaah, mantul..

6.  Universitas Waseda (早稲田大学 : Waseda Daigaku)

Salah satu dosen pengajar di universitas ini adalah warga negara Indonesia dari Surabaya, Prof. Ken K Soetanto. Sang Profesor meraih gelar doktor 4 kali dari jurusan berbeda, kemudian pasti sudah pada tahu dengan youtuber Jerome Polin kan? Dia juga termasuk salah satu mahasiswa Universitas Waseda yang mengambil jurusan matematika terapan, dan hebatnya lagi Jerome berkuliah di sana dengan tanpa biaya lho alias mendapat beasiswa full 100%, waaa, memang mantappu jiwaa dah.

Founder universitas ini adalah Shigenobu Okuma yaitu mantan Perdana Menteri Jepang, atas jasanya patung PM Okuma dibuat dan ditempatkan ditengah Kampus Waseda University, selain itu hall di sana dinamai atas namanya. Penasaran? Kamu bisa pertimbangkan untuk kuliah di universitas ini.

Itu tadi daftar universitas negeri terbaik di Jepang, untuk sobat BJB yang masih bingung segera tentukan pilihan ya! Jepang adalah pilihan bagus untuk kamu ingin melanjutkan studi karena sudah banyak prestasi yang diraih oleh masing-masing universitasnya. Kamu juga pasti bangga jika nanti lulus dengan gelar sarjana lulusan salah satu universitas negeri terbaik di Jepang. So, belajar dengan giat ya! Ganbarou!!.

コメント