Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Berbagai Fungsi Partikel no (の)

Halo sobat BJB semuanya, berjumpa lagi bersama Riizhu di sini. Owh ya, tahukan kalian huruf hiragana yang Riizhu pelajari adalah huruf no (の) lho, ceritanya dulu itu sering baca-baca lirik saat opening dan ending anime tuh di TV, tiap lihat huruf itu sang penyanyinya nyebut bunyi "no" jadi tahu deh kalau hiragana itu di baca "no" . Bentuknya juga mudah diingat dan sering muncul jadi cepat hafal deh. Waktu itu cuma tahu beberapa cara baca hiragana aja aku udah senang banget, gila O(∩_∩)O.

Bicara tentang huruf no (の) ternyata huruf ini sering berperan menjadi partikel yang membantu menghubungkan antar kata benda. Nah, pada postingan ini kita akan mempelajari fungsi partikel no (の) ya.

Partikel no (の) untuk Menghubungkan Kata Benda

Arti: -
Penjelasan: Kata benda yang pertama berfungsi menerangkan kata benda setelahnya (menggunakan  sistem MD sama seperti bahasa Inggris)
Rumus: Kata Benda 1 + の + Kata Benda 2
Contoh: 
桜の花
Sakura no hana
Bunga sakura
インドネシアの料理
Indoneshia no ryouri
Masakan Indonesia
日本語の先生
Nihongo no sensei
Guru bahasa Jepang
俺は地上最強の男だ
Ore wa chijou saikyou no otoko da
Gue adalah laki-laki terkuat di muka bumi
Ore wa chijou saikyou no otoko da

Jika kata pertama adalah kata ganti atau nama maka memiliki arti "kepunyaan/kepemilikan". Contoh:
サスケの友達
Sasuke no tomodachi
Teman Sasuke
サクラの母
Sakura no haha
Ibunya Sakura
私の学校
Watashi no gakkou
Sekolahku
Note: contoh kalimat keempat bisa bermakna sekolah di mana aku belajar atau sekolah milikku, maknanya tergantung konteks kalimat, tapi biasanya pastilah yang makna pertama🤣

Beberapa pola lainnya. Contoh:
友達のサスケ
Tomodachi no Sasuke
Sasuke yang merupakan temanku
母のサクラ
Haha no Sakura
Sakura yang merupakan seorang Ibu / Sakura sang Ibu
ヒーローの私
Hiiroo no watashi
Saya, yang merupakan seorang pahlawan

Note: hanya susunannya saja dibalik artinya akan berbeda banget jadi perlu diperhatikan ya jangan sampai terbalik menggunakannya.

Menerangkan tempat yang lebih spesifik. Contoh:
日本の東京
Nihon no Toukyou
Tokyo, Jepang
インドネシアのジャカルタに住んでいます
Indoneshia no Jakaruta ni sunde imasu
Saya sedang tinggal di Jakarta, Indonesia

Itulah adalah fungsi dari partikel no (の) yang berfungsi menghubungkan antar kata benda. Masih ada beberapa fungsi lainnya lagi, seperti di bawah ini:

Partikel no (の) yang Berada di Akhir Kalimat

Jika partikel no (の) berada di akhir kalimat maka ia akan berfungsi menjadi dua hal yakni:

Partikel no (の) yang Berfungsi sebagai Penegasan

今は忙しいのです
Ima wa isogashii no desu
Sekarang aku lagi sibuk
お金がないのよ
Okane ga nai no yo
Aku tak punya uang, tau
*Note: para fungsi ini partikel no (の) dapat disingkat menjadi n (ん) dengan syarat setelahnya harus ada kopula です atau だ. Contoh:
今は忙しいんです
Ima wa isogashii ndesu
Sekarang aku lagi sibuk
お金がないんだよ
Okane ga nai nda yo
Aku tak punya uang, tau

Partikel no (の) yang Berfungsi sebagai Penanda Pertanyaan

Dalam pembicaraan santai atau informal orang Jepang sering menggunakan partikel no (の) sebagai penanda pertanyaan menggantikan partikel ka (か). Contoh:
どうしたの?
Dou shita no?
Ada apa?
学校を行かないの?
Gakkou o ikanai no?
Kau tidak pergi sekolah?
日本の料理が好きなの?
Nihon no ryouri ga suki na no?
Apa kau suka masakan Jepang?
Note:
*Partikel no (の) di sini diucapkan dengan intonasi meninggi mengindikasikan kalimat tanya.
*Jika sebelum no (の) adalah kata benda atau kata sifat-na maka harus menyertakan tambahan na (な) setelahnya seperti pada contoh ketiga.


Itulah materi penjelasan tentang partikle no (の), bagaimana mudah dan cukup sederhana bukan? Karena partikel no (の) cukup sering muncul dalam bahasa Jepang jadi Riizhu yakin sobat BJB semua akan cepat mengerti dan terbiasa dengan partikel ini. Baiklah sampai jumpa lagi dipelajar berikutnya.
1 komentar:

mohon maaf admind,sepertinya pemahaman dari partikel "no"0.0032idak dibahas secara tuntas.selain yang sudah dijelaskan diatas,saya pikir masih ada beberapa pungsi partikel no yang belum dijelaskan.seperti pungsi partikel "no" sebagai keanggotaan,status,keterangan(jenis,sifat,ciri dan waktu)buatan,pencabutan KB2 dan partikel "no" majemuk.
tetapi saya bersyukur di web yang saya pelajari ada juga sebagian yang tidak dijelaskan,dan saya dapatkan disini.seperti partikel "no" berpungsi sebagai penegasan dan penanda tanya.