Rekomendasi Omiyage Khas Jepang dengan Harga Murah Meriah

Negara Jepang merupakan negara yang indah, bersih dan sopan sehingga banyak sekali warga Indonesia (khususnya yang suka Jejepangan) menjadikan negara Jepang sebagai negara impiannya, entah itu sebagai tujuan tempat bekerja, magang, kuliah atau hanya sekedar liburan. Ditambah cerita-cerita pengalaman teman-teman yang pernah tinggal di Jepang, hampir semuanya menceritakan lebih banyak suka citanya daripada duka citanya. 

Omiyage Jepang
source: japanshopping.org

Ketika berada di negara orang, jangan sampai lupa negara sendiri ya. Saat pulang kampung, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh ya guys, oleh-oleh dalam bahasa Jepang disebut omiyage (お土産). Orang Jepang sangat menyukai omiyage, kalau mereka dikasih omiyage oleh keluarga, teman atau rekan kerja, biasanya mereka tidak lupa untuk kembali memberi hadiah sebagai rasa balas budi. Nah, orang Jepang aja sangat suka omiyage, apalagi orang Indonesia haha XD. Daripada nanti ditagih, sebaiknya sobat BJB siap-siap deh, bawa omiyage yang banyak wkwk. Bingung mau bawain omiyage apa? Pengen cari bagus tapi harga murah? Tenang, ini ada beberapa rekomendasi omiyage khas Jepang dengan harga murah meriah, let's cek it out.

Tenugui (handuk tangan)

Tenugui Jepang
source: deepjapan.org

Tenugui secara bahasa berarti "penyeka tangan" adalah handuk kecil berbentuk panjang atau persegi panjang yang terbuat dari kain katun. Fungsinya sama seperti sapu tangan/handuk pada umumnya. Yakni, untuk melap muka, tangan dan sebagainya. Selain itu sering digunakan juga sebagai furoshiki pembungkus hadiah. Untuk harganya berkisar 200 hingga 1500 yen. Kalau dirupiahkan sekitar 25rb hingga 200rb rupiah.

Furoshiki (kain pembungkus)

Furoshiki Jepang
source: rakuten.com

Orang Jepang sering membungkus kado dengan kain yang dinamakan furoshiki. Seperti halnya kesenian origami, furoshiki juga mempunyai beberapa jenis-jenis lipatan. Hampir segala macam bentuk bisa dibungkus dengan furoshiki ini. Unik ya, orang Jepang juga banyak memakainya untuk membungkus obentou (bekal sekolah) anak-anak mereka. Furoshiki bisa didapatkan mulai dengan harga 1.000 hingga 5.000 yen.

Inkan / Hanko (stempel)

Inkan / Hanko Jepang
source: discoveryjapan.net

Di Jepang tidak mengenal tanda tangan, mereka lebih menggunakan stempel sebagai tanda tangan mereka. Biasanya stempelnya berwarna merah dengan bertuliskan kanji nama mereka. Nah, banyak juga toko souvenir yang menjual inkan sesuai nama pesanan. Jadi, bisa kita kasih souvenir stempel ke teman-teman dengan nama mereka. Pasti mereka akan sangat menyukainya. Inkan rata-rata dijual dengan harga 3.000

Inden (dompet)

Inden Jepang
source: matcha.jp

Dompet juga sering dijadikan orang-orang sebagai souvenir untuk keluarga. Nah, di Jepang juga ada tuh dompet yang bermotif khas Jepang gitu. Ada banyak ragam dan variasi bentuk inden, ada yang besar sampai yang kecil untuk menyimpan uang koin. Sobat bisa cari yang harganya tidak begitu mahal. Inden bisa didapatkan mulai dari harga 2.000 ke atas

Omamori (jimat)

Omamori Jepang
source: kusuyama.jp

Omamori memiliki bentuk yang unik dan bagus, jadi kayaknya bagus juga untuk dijadikan sebagai oleh-oleh kan hehe. Tapi, jangan menjadikannya sebagai jimat ya, nanti syirik :D. Omanori berbentuk kayak amplop kecil gitu, desainnya pke warna cerah-cerah biasanya, bisa lah buat dijadiin gantungan kunci ya ngga?(≧∇≦)b. Omamori biasanya dijual di dekat-dekat kuil, tapi di toko-toko souvenir juga dijual, desainnya juga kawaii. Harganya mulai sekitar 300 sampai 1.000 yen.

Kokeshi / Daruma (boneka kayu)

Kokeshi Jepang
source: kusuyama.jp

Daruma Jepang
source: timetravelturtle.com

Kokeshi adalah souvenir yang cukup umum dijumpai, koseshi adalah boneka kayu yang diukir. Bagus untuk souvenir mainan anak-anak, atau bisa juga sebagai pajangan dan kenang-kenangan hehe. Selain kokeshi, souvenir boneka yang rekomended adalah Daruma. Boneka bulat berwarna khas merah, sering dianggap orang Jepang sebagai boneka pembawa keberuntungan. Kokeshi sudah bisa didapat mulai dari harga 500 yen.

Sensu (kipas lipat)

Sensu Jepang
source: tsunagujapan.org

Sensu adalah kipas lipat dengan ciri khas motif-motif khas Jepang. Sensu juga menjadi salah satu cenderamata favorit wisatawan, mencarinya juga tidak begitu sulit, banyak ditemukan di toko oleh-oleh. Harganya berkisar 100 - 1.000 yen.

Kanzashi (aksesoris rambut)

source: tsunagujapan.org

Kalau cenderamata untuk perempuan, sepertinya kanzashi cukup rekomended, bentuknya indah pasti disukai oleh kaum hawa. Kanzashi adalah bros yang biasanya berbentuk bunga-bungaan. Sangat cantik dipakai sebagai aksesoris rambut mempercantik penampilan. Harganya bervariasi adalah yang murah dan ada yang sangat mahal, tapi untuk yang sederhana 500 sampai 1.000 yen dapat lah, apalagi beli banyak, bisa lebih murah lagi pastinya.

Origami (kertas lipat)

Origami Jepang
source: pinterest.com

Kalau yang satu ini pasti sudah pada tau, origami adalah seni melipat kertas dari Jepang. Kertas khusus origami berkualitas tinggi dan memiliki motif yang macam-macam. Harga kertas origami di Jepang berkisar dari 300 hingga 1.000 yen. Cukup murah. Jadi, selain oleh-oleh, ada nilai edukasinya juga, bisa belajar cara membuat origami, mantappu! (*゚∀゚).

Yukata (baju khas Jepang)

Yukata Jepang
source: muza-chan.net

Berhubung Kimono harganya sangat mahal, tapi kalau tetap ingin memboyong baju khas Jepang. Sobat bisa membeli Yukata, bisa dikatakan Yukata adalah versi sederhananya Kimono. Yukata biasa dipakai orang Jepang pada musim panas, soalnya bahannya adem dan tidak tebal. Untuk Yukata bisa sobat beli dengan harga 3.000 sampai 20.000 yen. Hmm, tidak begitu mahal kan

Geta (bakiak)

Geta Jepang
source: souvenirfinder.com

Tak lengkap rasanya kalau punya Yukata atau Kimono tapi tidak punya Geta. Geta adalah sendal tradisional Jepang yang terbuat dari kayu. Ada yang didesain untuk pria dan ada juga desain untuk perepuan. Harga Geta kurang lebih sekitar 5.000 yen.

Gimana sobat BJB, sekarang sudah tidak bingung lagi kan mencari oleh-oleh dari Jepang? Tinggal bingung nyiapin uangnya buat beli oleh-olehnya ya XD. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, semoga artikel-artikel di sini dapat bermanfaat dan memberikan info yang membantu kalian. Okay guys, sampai jumpa dulu ya, sampai bertemu lagi di kesempatan selanjutnya. Jaa ne. Mata aimashou.
Rekomendasi Omiyage Khas Jepang dengan Harga Murah Meriah

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2018 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner