Ayo Bermain Karuma, Permainan Kartu dari Jepang yang Menyenangkan

Naniwa-zu ni  Sakuya kono hana
Fuyu-gomori Ima o haru-be to
Sakuya kono hana
難波津に 咲くやこの花
冬ごもり いまを春べと
咲くやこの花

Yang suka nonton Chihayafuru pasti sering atau pernah dengar syair itu kan? :D Terasa familiar ya. Itu adalah syair yang digunakan sebagai pembuka permainan Kyougi Karuta (conpetitive karuta). Syair itu tidak termasuk dalam 100 kartu karuta yang dipertandingkan, jadi gak masukin hitungan.

Owh iya, sebelumnya sobat BJB sudah pada tahu belum dengan yang namanya Karuta? Itu lho, suatu permainan kartu dari Jepang yang juga ada unsur puisi-puisinya gitu. Kalau anime Chihayafuru tahu tidak? Sudah pernah menonton belum? Kalau sobat BJB sudah pernah menonton animenya, atau baca manganya atau mungkin sudah pernah menonton film live actionnya pasti sudah tahu dengan yang namanya Karuta.

Karuta adalah suatu permainan tradisional Jepang. Pertama kali diperkenalkan oleh para pedagang dari portugis di abad ke-16. Awalnya kartu-kartu Karuta memiliki gambar yang mirip seperti kartu remi (atau kayaknya emang kartu remi?) sehingga dulu istilah karuta sering dipakai untuk merujuk pada permainan kartu remi. Seiring berjalan waktu, karuta terus bertransformasi dan berevolusi hingga menjadi permainan kartu khas Jepang sampai sekarang ini. Terdapat banyak sekali variasi permainan Karuta, ada Komatsufuda, Unsun Karuta, Kabufuda, Harifuda, Hikifuda, Hanafuda.

Chihayafuru Karuta

Uta-Garuta (Competitive Karuta)

Kemudian jenis-jenis karuta yang terdapat di era lebih modern salah satunya Uta-garuta yang berarti karuta puisi. Jenis inilah yang biasanya digunakan untuk permainan kompetisi karuta. Sudah ada federasinya juga lho, dan sudah ada rules bakunya yang telah ditetapkan federasi dalam permainan competitive karuta (kyougi karuta). Sepertinya tinggal menunggu permainan ini dikenal luas, bisa saja permainan ini dimasukan dalam Asian Games atau bahkan Olimpiade hehe :D.

Setiap tahunnya digelar kejuaraan Karuta, pemain yang menjadi juara dalam kejuaraan Karuta akan mendapat gelar Meijin (master) dan gelar Queen untuk juara kategori puteri. Persis seperti yang kita lihat di anime Chihayafuru baik cara bermain, aturan dan lain-lainnya.

Aturan Bermain Competitive Karuta (Kyougi Karuta)

Setiap deck Karuta biasanya berisi 200 kartu dengan komposisi 100 kartu torifuda dan 100 kartu yomifuda. Kartu yomifuda biasanya berisi puisi lengkap (terdiri dari 31 suku kata dengan pola irama 5-7-5-7-7) plus disertai juga gambarnya, kartu yomifuda digunakan sebagai clue dari kartu torifuda. Kartu torifuda hanya berisi syair akhir dari kartu yomifuda, tidak memiliki gambar dan hanya bertuliskan hiragana saja (pola irama 7-7).

Kemudian kartu torifuda akan dibagi rata ke pemain (masing-masing 50 kartu). Setelah itu setiap pemain akan memasang 25 kartu mereka dalam keadaan terbuka dan diberi waktu selama 15 menit untuk menghafal letak kartu milik sendiri dan juga letak kartu lawan. Setelah itu akan diberi waktu lagi sekitar 2 menit untuk pemanasan dan latihan mengambil kartu dengan cepat. Setelah itu baru permainan dimulai dengan diawali puisi pembuka yang ada diawal postingan tadi, baru setelah itu setiap pemain akan bertanding cepat-cepatan mengambil kartu yang sesuai dengan syair yang dibacakan oleh pembaca kartu.

Tips Bermain Karuta

Kunci dari permainan Karuta adalah kecepatan, tangan kita harus mempunyai reflek yang cepat untuk mengambil kartu dengan cepat. Selain kecepatan juga dibutuhkan ketenangan, sebelum menggunakan gerakan cepat, kau harus menenangkan pikiran dulu untuk mendengarkan dengan baik tiap kata dan suku kata yang diucapkan oleh penyair. Di anime Chihayafuru, si karakter utama Chihaya Ayase memiliki kemampuan dapat mendengarkan kata bahkan sebelum kata itu diucapkan tuntas satu suku kata. Jadi, si penyair baru buka mulut, dia dah bisa nebak wkwk. Selain dua kemampuan itu, ada satu lagi yang tak kalah penting, yakni data ingat. Yang bisa menghafal letak kartu dengan baik tentu akan menguntungkan mereka dan menambah kecepatan dan ketepatan dalam menemukan kartu. Satu hal lagi, strategi peletakan kartu juga lumayan berpengaruh untuk memuluskan kemenangan kita.

Video kompetisi Karuta putri, yang terkuat akan mendapat gelar Queen. Silahkan tonton videonya biar lebih mengerti permainannya^^.


Queen dan Meijin Karuta
Karuta: queen and meijin

You might also like: Perbedaan Penggunaan Ai dan Koi (愛 vs 恋)

Iroha Karuta

Selain Utagaruta, ada variasi Karuta lainnya yang cukup terkenal dan masih dimainkan hingga sekarang, yakni Iroha Karuta. Karuta ini biasanya sering digunakan oleh guru untuk mengajarkan murid-muridnya huruf hiragana dengan cara yang menyenangkan. Iroha Karuta berisi 48 kartu yomifuda dan 48 kartu torifuda. Yups, itu adalah jumlah seluruh huruf hiragana dasar. Dikarenakan tidak ada kata yang berawalan huruf ん (n) dalam bahasa Jepang. Jadi huruf ん biasanya diganti dengan huruf 京 "kyou". Kartu yomifudanya berisi ungkapan pribahasa, dan torifudanya berisi huruf awalan dari pribahasi plus gambar yang mempresentasikan pribahasanya.

Selain dari yang telah Riizhu sebutkan, ada banyak variasi Karuta lainnya lagi seperti Obake Karuta, karuta yang mirip dengan Iroha Karuta tapi dengan gambar-gambar hantu yang menyeramkan, ada Regional Karuta, shakespeare Karuta, National Karuta and many more.

Kita bisa menggunakan karuta sebagai sarana belajar hiragana juga :D.


Sumber:


Seru juga ya, permainannya. Tapi sepertinya bakal sulit menemukan teman bertanding permainan Karuta ini di Indonesia sini, dan mungkin mencari yang mau jadi penyairnya juga susah di sini. Ada yang mau bertanding? Yuk, sobat kita tanding hehe, kali aja kalau latihan terus bisa sehebat Wataya Arata kan XD.
Ayo Bermain Karuma, Permainan Kartu dari Jepang yang Menyenangkan

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2018 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner