Arti Kata Bahasa Jepang Shitakke (したっけ) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Arti Kata Bahasa Jepang Shitakke (したっけ) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Arti Kata Bahasa Jepang Shitakke (したっけ)

Sobat BJB pernah menonton anime Boku dake ga inai machi nggak? Kalau pernah, di animenya pasti ada saat para karakternya berpisah mereka mengucapkan kata "Shitakke" (したっけ) kan? Suatu kata yang tak biasa diucapkan dalam bahasa Jepang, biasanya lebih sering kata "Jaa, ne" (じゃね), "Mata ne" (またね) atau "Byebye" (バイバイ) yang diucapkan. Nah, sobat, ada tau nggak apa artinya dan maksud dari kata Shitakke? Tahu nggak sih?

Usut punya usut, ternyata kata "Shitakke" (したっけ) merupakan suatu Hougen (方言) atau dialek daerah yang berasal dari Hokkaido (北海道).

Shitakke berasal dari daerah Hokkaido timur yang mulai banyak digunakan dari tahun 1970-an, hal ini sejalan dengan latar belakang cerita di anime Bokumachi (singkatan dari "Boku dake ga inai machi").


Bokumachi "Shitakke"

Setelah Riizhu browsing ke beberapa web kamus bahasa Jepang. Kata Shitakke memiliki dua arti. Seperti yang tertulis di weblio.jp

したっけ
[一][感] 軽い別れの挨拶。じゃあ。〈まれ〉
[二][接] そうしたら。〈まれ〉 →[付録]あいさつ

Arti Shitakke adalah suatu salam perpisahan yang ringan. Seperti halnya kata "Jaa" atau "Sou shitara" Artinya "Sampai jumpa"

Atau shitakke bisa juga digunakan hanya sebagai kata perantara salam perpisahan, artinya. Misal, shitakke, mata ne.

Ini dia ada video orang Jepang menyebutkan kata "Shitakke"


Nah, sekarang sudah tahu dong arti dan maksud kata shitakke? Dan sudah saatnya Riizhu undur diri, sampai jumpa lagi di postingan-postingan selanjutnya, jaa ne minna, mata aimashou, shitakke(^o^)/.

Baca Juga

1 komentar:

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.