Rubrik Sobat BJB Episode 11 (Eito_8) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Rubrik Sobat BJB Episode 11 (Eito_8) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Rubrik Sobat BJB Episode 11 (Eito_8)

Ohayou Gozaimasu Sobat BJB, yuhhhuuuu Raito kembali menyapa di hadapan Sobat BJB sekalian. Gak terasa nih, Rubrik Sobat BJB sudah memasuki episode 11, yeayyy... Yokatta naaa... Semoga bisa terus berlanjut episodenya hingga ratusan bahkan ribuan. Aamiin.

Nah, pada episode 11 ini, kita akan berkenalan dengan salah satu admin OA Line BJB dengan codename "eito_8". Pasti kalian yang sudah masuk di grup Line BJB ataupun yang sudah add OA Line BJB sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut kan? Bagi kalian yang belum tahu dan kenal, shinpai shinaide, di episode kali ini bakal dikuas tuntas.

Oke, langsung deh, kita mulai,,, Saa yonde kudasai...

***

Assalamualaikum..

Hajimemashite,, eito_8 desu
hehehehehe...

Mungkin yang pernah open chat bareng admin dengan inisial tersebut, masih penasaran siapa sih sosok di balik layar tancepnya, di rubik #SobatBJB edisi 11 ini akan dikupas tuntas identitas nya..

Perkenalkan,,
Eito_8 alias Adito_kitagawa alias kang Adit alias bang Oyip 1 alias Ucup alias babe alias otocang alias Adito. Udah kaya kriminalis aja banyak aliasnya
wkwkwkwkwkkww.

Yah, begitulah panggilan kesayangan dari fans,, wkwkkw

Cerita ibu dulu, pas lahir dinamai 'Seno Wahyu Utomo` ciri khas nama nama timur tengah yaa,, wkwkwk
Tapi mitos karena sering sakit sakitan digantilah namanya jadi Aditia Gunawan (ganteng dan menawan)

Lahir di Brebes, Jawa Tengah tapi didikan Sunda Bandung. Bisa dibilang Jawa murtad juga,,

Dari mana mulai ceritanya yaa..????

mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmhhhhhhhhhhhhhhhhmmmmmmmmmmmmmmm..

Pertama tama
Bismillah ,,

Meskipun dari kecil nontonnya anime-anime yang tayang di tv kaya Captain Tsubasa,, Crayon Shinchan, Doraemon,, Hamtaro,, Chibi Maruko~chan,, P-man,, Honey be hachi,, Ninja Hatori,, Slam Dunk,, Kick,, Dragon Ball, Tamiya, Yugi oh,, Beyblade,, Crushgear,, Hunter x hunter, Conan, Pokemon, Digimon dsb, dalam dub Indonesia version tapi lama sekali belum ada rasa tertarik dengan bahasa negeri matahari terbit ini..

Mungkin suratan takdirlah yang menuntun akhirnya keterima di salah satu SMK negeri kab. Bandung  dimana lulusannya banyak yang melanjutkan magang ke Jepang.. tapi tetap saja minat tentang Jepang belum ada.

Meskipun dari kelas 2 sampai lulus kepepet dan sobat sobat sudah melanglang buana ke Jepang belum ada juga minat dengan bahasa Jepang ini.

Sampai akhirnya,,
Ada inbox di fb dari sobat yang dah di Jepang [*ooyyy,,masih betah aja di Indo,, sini maenlah.. skype~an yuu ]
blah blohnya watashi yang gaptek .. *skype?? sorette nani??" dalam bentuk bahasa sunda, kan belum ngerti bahasa Jepang,,

Pergilah ke rumah temen yang agak-agak kagak gaptek,, setelah ngobrol ngalor ngidul ngaler wetan ternyata dia @punya skype,, mulailah videoan para jomblo ganteng,, lihatlah salju pertama kali di skypean teman,, sono okage de,, itsuka nihon ni ikou to omou koto ga aru,,

2014
Ngerasa diri gak ada perkembangan sedangkan mimpi kepalang tinggi,,, ngerasa gak punya keahlian apapun pengen bisa sesuatu yang bisa berguna buat kedepannya. Tiba-tiba ingetlah teman yang di Jepang itu. Pokoknya harus bisa sampe sana. Harus, harus bisa ngejajah Jepang,,, wkwkwkwkwkwkwk

Sekitar Mei 2014 mulailah buka catatan SMK lagi,, belajar hiragana, katakana. Nyuri film-film Jepang segala aliran di lepi teman. Dengerin lagu-lagu Jepang [mirai e]

Mungkin itulah semangat yangg tumbuh yang disebut * the power of kapepet *

2015 April
Eh aku dimana?? Dimana? 
Plak, nyasar di Nihon...

Eh, ko malah ceritain biografi gini, gomen-gomen. 


Kapan kenal BJB?

Kapan yaaa..??

Setahun tinggal di Jepang. Berada di tempat yg hampir belum pernah ketemu orang Indo lainnya dan hanya berdua dengan teman seperjuangan rasanya bosen dan bete, belajarnya gini-gini aja,,,
*sebenernya bosennya bukan gegara itu siii,,

Akhirnya coba search cara belajar bahasa di dek google,, *belajar bahasa jepang* tetoottt
Muncullah paling atas, klik dah, weiiisssh lambangnya masih merah putih bendera Jepang postnya banyak banget. 
Sekitar semingguan manteng di kotoba-kotobanya *belum liat post lainnya sampe skrg* wkwkwkwkwkwk maafkan ketua. 

Terus ada pemberitahuan belajar juga dibuka di grup line. Sebagai orang yang baru kenal Line, pasti segala ingin tau fungsinya, serasa wah ada doorprize nih, [saat itu friend nya cuma 1 cantik lagi, wwkkwkwk]
Coba dah hubungi mpunya blog,, mba Rizzu, kayanya cakep nih jadi tertarik. wkwkwkwk

2 minggu setelah digantung akhirnya mba Rizuu nerima pinangan gabung grupnya..

Jeplakk, ternyata mba Rizuu cowo. wkwkkwwkkw
Gabung sekitar Juli Agustus 2016~an yang dulu masih grup utama BJB, sekarang udah jadi NISHA. 

Saat oot belum dicekal oleh KPO [komisi pemberantas oot] kebetulan member yang lagi di Jepang belum banyak, bawel lah cerita sana sini tentang kehidupan di sini,

Tiap hari terhipnotis grup, mau chat berapa banyak pun dibaca dari awal biar gak ketinggalan obrolannya. Belum ada jadwal, masih obrolan bebas tapi menarik, sampe-sampe ngerasa minder, mereka yang belum ke Jepang aja semangatnya segitu gedenya belajar bahasa Jepang,, Aku???? Da aku mah apa atuh?? Member yang notabene bukan dari sastra Jepang tapi semangat dan rasa ingin tahu tentang Jepangnya lebih-lebih dari orang Jepang. Ngebuat pokoknya jangan kalah!!!

Dari sini pun belajar, kalo ilmu itu akan semakin melekat pada diri kita jika kita bisa mampu mengamalkan dan mengajarkan nya kepada orang lain. 

Pokoknya grup BJB perdana ini memacu semangat yang mulai luntur. 

Namanya Jepang, pasti terikat dengan anime dan para otaku-otakunya hingga dibuatkanlah grup BJB Pop Culture buat member-member pecinta anime. 
Kalau yang dari pertama gabung pasti tau ini grup kerjaannya ngapain; 
* shiritori chara-chara di anime
* tebak-tebakan judul soundtrack anime
* ngegosipin dan curcol peranimean
sampe akhirnya meluas ke budaya-budaya Jepang. Anggota grupnya sedikit tapi chatnya menenggelamkan BJB NISHA dulu. Dan satu lagi, grup inilah yang dibuat bikin strategi ngadepin YAGAMI
Yagami tte dare ?? Mending gak usah tau, males ngetiknya. wkwkwkwkwk


BJB makin populer, membernya makin banyak, yang masih newbie mulai berontak minta dibuatkan grup baru. Akhirnya mba Rizzu selaku ketua buatlah grup BJB Shokyuu yang sekarang jadi BJB KUrasu

Sebulan awal isinya cuma perkenalan perkenalan doang. Sepi lagi, serasa gak berpenghuni
lama-kelamaan grup ini paling berisik dari kedua grup lainnya. 

Dan orang-orang yang bikin ributnya yaaa,,orang-orang itu juga, bosan akhirnya. 

Tapi, berkat mereka jugalah BJB makin populer sekarang. Karena saran dan masukan mereka lah BJB tetap eksis dan makin jelas tujuannya. 

Dimulai dengan berbagai rules yang dibuat Mbak Rizu dan perubahan nama grup serta rules masuk grupnya. 

Bersyukurlah yang dah dari awal gabung, sayang kalo cuma jadi SR doang. Masuk grup gak semudah dulu brooo. Gak ada KKN lagi. 
Daripada SR mending keluar grup dah, lebih terhormat #ehh
Dan Allhamdulillah BJB pun akhirnya launching OA BJB per Oktober kalo gak salah yaa... #lupa

Tuh kan ceritanya malah sejarah perkembangan grup, gomen lagi yaaa, digomen~ngin yaaaa yaaa yaaa

Oh iya satu lagi. 
BJB punya bahasa Jepang ciptaan membernya juga, diantaranya *
* aru aru dake = ada ada aja
* suki suki watashi = suka suka saya
* kokoro kokoro de michi = hati-hati di jalan 
* nerehede = plesetan dari naruhodo 
* ie nani nani = tidak apa apa
 Tapi jangan dipakai ke orang Jepang yaa,, bakal blah bloh ntar orang Jepangnya. 


Kenapa BJB? Gak grup lain?
Mitome bore kana?  Mungkin ini namanya cinta pada pandangan pertama. 

Apa harapan ke depannya ?
BJB punya banyak mama-mama baru, eiihhhh,,

BJB sudah layaknya keluarga, bukan hanya tempat menimba ilmu, tapi berbagi segala hal. Gak melihat perbedaan dari setiap membernya tapi menyatu dalam hati dan pikiran kalo ini bukan sekedar grup belajar biasa. 

Ingin juga bawa BJB tayang di dunia nyata, menemani dan menjangkau para pecinta dan penggemar jejepangan dimanapun dia berada
dan in syaaAllah bibit-bibit itu sedang ditanam dan dipupuk juga dirawat dengan baik. Diketuai mba Riizu sebagai power ranger pink dan 4 srikandi juga 1 ekor kutu. 

Semoga membuat BJB makin dan semakin terarah dalam berbagai halnya. Buat pribadi pun, dengan adanya BJB ini makin ngebuat kita bersemangat belajar, menuntut ilmu dan mengambil hikmah dari setiap halnya. 


Pesannya? 
Tuhan sudah menganugerahkan kita alat indra yang memang semestinya kita pergunakan sebaik mungkin. Selalu tekankan bahwa kita itu belum ada apa-apanya. 

Dengan adanya berbagai rules yang dibuat, jangan anggap itu sebagai keribetan, itu hanya sebagian dari cara BJB memperbaiki dan mengayomi member dan addersnya. 

Gunakan kesempatan kalo dana umum dah abis di papan utama, beli tanah dan bangun hotel di Afrika dan Australia yaaa...
wkwkwkkwkw

Oh iya, satu lagi pesan dari mantan OOTers. Mulailah disiplin dan bijak dalam menggunakan grup-grup BJB. Dimana kita harus ngobrol ini itu, harap ditempatkan sesuai porsinya. 

BJB KUrasu kelas khusus belajar
BJB NISHA belajar random dan obrolan dengan bahasa Jepang
BJB BUnka obrolan seputar jejepangan
BJB Whatsapp obrolan oot sebebas-bebasnya yang penting tetap berfaedah. 

Mungkin satu dua patah kata di atas cukup untuk memulai cerita dari Adit di edisi 11 ini. 
wkwkwkwk

Mohon maaf kepada sobat-sobatnya gak ada yang dieskpos namanya. Merasa diri selalu penuh dengan kesalahan, mohon dimaafkan jika selama ini dan selama mengenal yang namanya Adito ini dibuat kesal, baper, dll. 

Minna,
Nihon go no benkyou, akiramezuni ganbarimashouuu... 

~Aditodhitya yori 

Nahh... Ini nih penampakan dari si babe XD



#SobatBJB
#BahasaJepangBersama

[Raito] 
Baca Juga

Komentar