Mengenal Kelompok Kata Kerja Bahasa Jepang & Konjugasi Negatifnya | Belajar Bahasa Jepang Bersama Mengenal Kelompok Kata Kerja Bahasa Jepang & Konjugasi Negatifnya | Belajar Bahasa Jepang Bersama
Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Mengenal Kelompok Kata Kerja Bahasa Jepang & Konjugasi Negatifnya

Hallo minna, kita ketemu lagi:), yuk kita belajar bahasa Jepang lagi, biar cepet pinternya, hari ini kita belajar tentang kata kerja. Kata kerja dalam bahasa Jepang disebut 動詞 (doushi), dan doushi bahasa Jepang dikelompokkan dalam tiga kelompok sebut saja kelompok 1, 2, dan 3. Wah udah kayak pramuka aja nih doushi maen kelompok-kelompokkan segala ya. Baiklah kita bahas tentang kelompok yang pertama dulu tentunya kelompok 1.

Kata Kerja Kelompok 1 (godan doushi)

Kata kerja kelompok 1 atau biasa disebut kata kerja-u adalah kata kerja yang berakhiran (u), (ru), (tsu), (mu), (nu), (bu), (ku), (gu) (su). Contoh:

  • 買う(kau) : membeli
  • 作る (tsukuru) : membuat
  • 勝つ (katsu) : menang
  • 飲む (nomu) : minum
  • 死ぬ (shinu) : mati
  • 呼ぶ (yobu) : memanggil
  • 書く(kaku) : menulis
  • 泳ぐ (oyogu) : berenang
  • 話す (hanasu) : berbicara

Untuk mengubah kata kerja kelompok 1 atau disebut juga kata kerja-u ke bentuk negatifnya, caranya adalah dengan mengubah dulu huruf hiragana yang huruf vokalnya U ke huruf vokal A kemudian tambahkan ない (nai) setelahnya, misalnya 呼ぶ(yobu)→ ganti ぶ (bu) ke ば(ba) sehingga menjadi 呼ば (yoba) → kemudian tambahkan ない (nai), menjadi 呼ばない (yobanai). Pengecualian untuk akhiran う (u) maka diubah menjadi わ (wa) baru tambahkan ない (nai) misalnya. Berikut ini adalah contoh-contohnya.

  • 買う(kau) : membeli →  買わない (kawanai) : tidak membeli
  • 作る (tsukuru) : membuat →  作らない (tsukuranai) : tidak membuat
  • 勝つ (katsu) : menang →  勝たない (katanai) : tidak menang
  • 飲む (nomu) : minum →  飲まない (nomanai) : tidak minum
  • 死ぬ (shinu) : mati →  死なない (shinanai) : tidak mati
  • 呼ぶ (yobu) : memanggil  →  呼ばない (yobanai) : tidak menanggil
  • 書く(kaku) : menulis →  書かない (kakanai) : tidak menulis
  • 泳ぐ (oyogu) : berenang  →  泳がない (oyoganai) : tidak berenang
  • 話す (hanasu) : berbicara →  話さない (hanasanai) : tidak berbicara

*Catatan: terdapat satu kata kerja pengecualian di sini yaitu ある (aru) : ada (untuk benda mati) bentuk negatifnya adalah ない (nai) jadi bukan あらない (aranai) ya.

Oke itu dia kelompok kata kerja golongan 1, sulit? Emang sih tapi untungnya yang sulit cuma kelompok 1 ini saja, yang lainnya mudah semua kok, kita lanjut ke kelompok ke-2 ya.

Kata Kerja Kelompok 2 (ichidan doushi)

Kata kerja kelompok 2 atau biasa disebut kata kerja-ru adalah kata kerja yang mempunyai akhiran iru/eru (jika dibaca secara romajinya) seperti : 答える (kotaeru) : menjawab、見る (miru) : melihat dan lain-lainnya. Tapi perlu diingat ya, karena ada beberapa kata kerja yang berakhiran iru/eru justru termasuk dalam kelompok 1 seperti kata kerja 帰る (kaeru) : pulang termasuk kata kerja kelompok dan negatifnya tentu sebagaimana akhiran ru pada kelompok 1, yaitu る (ru)-nya diganti ら (ra) lalu tambahkan ない (nai) sehingga menjadi 帰らない (kaeranai). Tidak ada cara untuk membedakannya, satu-satunya cara adalah dengan menghafalnya^^ (nanti akan diberikan list kata kerja akhiran iru/eru tapi termasuk kelompok 1 di bawah). Oke ini dia cara mengubah kata kerja kelompok 2 ke bentuk negatifnya sedikit lebih mudah dari kata kerja kelompok 1 tadi caranya cukup buang akhiran る (ru) dan tambahkan ない (nai). Contoh:

  • 見る (miru) : melihat → 見ない (minai) : tidak melihat
  • 答える (kotaeru) : menjawab → 答えない (kotaenai) : tidak menjawab
  • 忘れる(wasureru) : melupakan → 忘れない (wasurenai) : tidak melupakan

Jauh lebih mudah dari kelompok 1 kan^^ ok next kelompok 3 ya. Kelompok 3 juga sangat mudah teman-teman.

Kata Kerja Kelompok 3 (fukisoku doushi)

Pada kelompok ini hanya terdapat dua buah kata kerja yakni kata kerja する (suru) dan kata kerja 来る(kuru) Khusus untuk する dia dapat memodifikasi kata benda menjadi kata kerja. Seperti 勉強する (benkyou suru) menjadi kata kerja yang artinya belajar.  愛する (aisuru) : mencintai^^. する (suru) artinya "melakukan" dan 来る (kuru) artinya "datang". Dikarenakan kata kerja kelompok 3 ini termasuk kata kerja tidak beraturan jadi konjugasinya harus sobat BJB hafalkan langsung. Cuma mengingat dua kata kerja aja, tidak sulit kan? Ini dia bentuk negatifnya.
  • する (suru) : melakukan → しない (shinai) : tidak melakukan
  • 来る (kuru) : datang → 来ない (konai) : tidak datang
  • 勉強する (benkyou suru) : belajar → 勉強しない (benkyou shinai) : tidak belajar
  • 運転する (unten suru) : menyetir → 運転しない (unten shinai) : tidak menyetir

Jadi itulah pengelompokan dalam kata kerja bahasa Jepang serta konjugasi negatifnya, harus dihafal dan perlu pengulangan berkali-kali hingga melekat di pikiran bawah sadar kita^^. Semua pelajaran apalagi pelajaran bahasa pasti perlu yang namanya repeatation, apalagi materi ini termasuk materi pondasi dasar memahami bahasa Jepang jadi wajib harus benar-benar sobat BJB kuasai. Kalau tidak kalian akan pusing saat belajar materi bunpou atau tata bahasa di pelajaran lebih lanjut.

Sebelum pamit Riizhu kasih kesimpulannya deh biar mudah mengerti dan saat mempelajari ulang cukup lihat tabel ini saja insya Allah akan langsung ingat lagi.
 
POSITIF
NEGATIF
Kata kerja Bahasa Jepang/doushi
kata kerja bentuk 1/godan doushi
kau
kawanai
uru
uranai
tatsu
tatanai
nomu
nomanai
shinu
shinanai
asobu
asobanai
kaku
kakanai
oyogu
oyoganai
hanasu
hanasanai
kata kerja bentuk 2/ichidan doushi
taberu
tabenai
miru
minai
kata kerja bentuk 3/fukisoku doushi
suru
shinai
kuru
konai

Sesuai janji Riizhu di atas tadi, pada bagian akhir ini Riizhu akan kasih daftar kosakata kata kerja yang berakhiran iru/eru tapi termasuk kata kerja kelompok 1 (ichidan doushi). Silahkan dihafal biar tidak salah mengkonjugasikannya nanti.
  • 散る : chiru : menyebar
  • 要る : iru : membutuhkan, memerlukan
  • 帰る : kaeru : pulang
  • 切る : kiru : memotong
  • 喋る : shaberu : mengobrol, berbincang-bincang
  • 知る : shiru : mengetahui

Sip dah, kalau masih ada yang punya list kata kerja akhiran ~iru/~eru yang merupakan kelompok 1 bisa dishare di kolom komentar ya. Semoga penjelasan yang riizhu buat dapat dicerna dan dimengerti oleh semua pengunjung blog Bahasa Jepang Bersama ini, aamiin. Sampai jumpa lagi di postingan berikutnya, bye, sampai jumpa.

1 komentar: