Konjugasi Kata Kerja Bentuk Sopan Bahasa Jepang (masu-kei) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Konjugasi Kata Kerja Bentuk Sopan Bahasa Jepang (masu-kei) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Konjugasi Kata Kerja Bentuk Sopan Bahasa Jepang (masu-kei)

Di pelajaran sebelumnya kita sudah membahas tentang konjugasi kata kerja bentuk stem, dan kali ini kita masih akan mempelajari tentang konjugasi kata kerja yaitu tentang cara mengubah kata kerja ke bentuk sopan yang biasa disebut dengan masu-kei. Nggak usah panjang lebar lagi langsung aja ya sob, kita akan mempelajari aturan-aturan perubahan kata kerja dari bentuk standar/kamus ke dalam bentuk masu/masu-kei.

Pertama-tama seperti biasa kita harus mengetahui terlebih dulu pengelompokkan kata kerja, di sini sobat bjb sudah dianggap bisa, karena sudah dijelasin lengkap di pelajaran terdahulu tentang pengelompokkan kata kerja bahasa Jepang.

  • Untuk kelompok pertama/godan doushi cara mengubah ke masu-keinya yaitu dengan cara mengubah bunyi u hiragana di akhir kata kerja kelompok satu kedalam bunyi i hiragananya lalu tambahkan masu. Contohnya: 知る (shiru)→ 知り (shiri)→ 知ります (shirimasu)、話す (hanasu)→ 話し (hanashi)→ 話します (hanashimasu)、待つ (matsu) → 待ち (machi) → 待ちます (machimasu).
  • Sedangkan untuk kata kerja kelompok 2 atau ichidan doushi maka tinggal buang huruf akhiran ru nya saja lalu tambahkan masu di akhir katanya^^. Contoh: 食べる (taberu)→ 食べ (tabe)→ 食べます (tabemasu)、見る (miru)→ 見 (mi)→ 見ます(mimasu)、伝える (tsutaeru)→ 伝え  (tsutae)→ 伝えます (tsutaemasu).
  • Terakhir untuk kata kerja golongan ketiga atau disebut fukisoku doushi yaitu cukup mengubah する (suru) menjadi します (shimasu) dan 来る (kuru) menjadi 来ます (kimasu) saja^^ mudah kan sobat?

Nah setelah menjadi kata kerja bentuk sopan/masu-kei selanjutnya bisa dikonjugasikan lagi, bisa ke bentuk negatif, lampau, negatif lampau dan bentuk-te masu-kei nya^^.

Cara mengubah kata kerja masu-kei ke bentuk negatifnya sobat tidak perlu memperhatikan pembagian kelompok kata kerja lagi karena arturannya sama saja, sobat tinggal ganti masu dengan masen saja. Contohnya: 話します (hanashimasu) → 話しません (hanashimasen)、食べます (tabemasu) → 食べません (tabemasen).

Lalu untuk konjugasi masu-kei ke bentuk lampaunya sobat ganti masu dengan mashita. Contoh: 食べます (tabemasu)→ 食べました (tabemashita)、話します (hanashimasu)→ 話しました (hanashimashita)、します (shimasu)→ しました (shimashita)、来ます(kimasu)→ 来ました(kimashita).

Konjugasi terakhir yaitu masu-kei bentuk negatif lampau. Cara mengubahnya sobat cukup mengganti masu dengan masen deshita. Contohnya: 食べます (tabemasu)→ 食べませんでした (tabemasen deshita)、買います (kaimasu)→ 買いませんでした (kaimasen deshita)、しま す(shimasu)→ しませんでした (shimasen deshita)、来ます (kimasu)→ 来ませんでした (kimasen deshita).

Gimana sobat? Pelajaran kali ini masih gampang kan?^^ biar lebih gampang lagi ini Riizhu kasih tabel kesimpulannya berikut ini^^.

Mengubah kata kerja ke bentuk masu
jisho-kei masu-kei
hanasu hanashimasu
nomu nomimasu
miru mimasu
taberu tabemasu
suru shimasu
kuru kimasu


Konjugasi Kata Kerja Bentuk Sopan / Masu-kei
positif lampau negatif negatif lampau
hanashimasu hanashimashita hanashimasen hanashimasen deshita
yomimasu yomimashita yomimasen yomimasen deshita
oyogimasu oyogimashita oyogimasen oyogimasen deshita
kakimasu kakimashita kakimasen kakimasen deshita
tabemasu tabemashita tabemasen tabemasen deshita
mimasu mimashita mimasen mimasen deshita
shimasu shimashita shimasen shimasen deshita
kimasu kimashita kimasen kimasen deshita

Semoga pelajaran di blog ini dapat dengan mudah dicerna dan semoga cepat pandai bahasa Jepangnya ya sobat, aamiin^^. jaa mata aimashou ne bye bye.

Baca Juga

4 komentar:

  1. Makasih, sangat membantu:)

    BalasHapus
  2. arigatou gozaimashita ☺

    BalasHapus
  3. sensei, untuk bentuk te-kei nya fungsinya untuk apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentuk te versi masunya ya? Itu fungsinya sama seperti bentuk te biasa juga yaitu untuk merantai kata, atau kayak kita ngasih koma gitu ke kalimat. FYI untuk bentuk te versi masu ini hanya bisa digunakan untuk merantai kata saja. Tidak bisa menggantikan pola2 tata bahasa yang menggunakan bentuk te biasa. Seperti ~te kudasai, tidak bisa ~mashite kudasai dsb.

      Hapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.