Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang Ke Bentuk Lampau (ta-kei) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang Ke Bentuk Lampau (ta-kei) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang Ke Bentuk Lampau (ta-kei)

Konnichiwa, gimana pelajaran yang kemaren? Udah pada hafal nggak cara mengubah kata kerja ke bentuk negatifnya? Buat yang belum masih belum hafal, sebaiknya belajar lagi ya, karena kalian akan kesulitan untuk belajar tingkat lanjut kalau belum hafal dasar-dasarnya.

Oke, buat yang sudah hafal mari kita lanjut belajarnya. Kali ini kita masih akan belajar tentang konjugasi kata kerja (動詞 : doushi). Di postingan sebelumnya kita telah belajar mengenal kelompok-kelompok kata kerja dan mengubahnya ke bentuk negatif. Sekarang ini kita akan belajar cara mengubahnya ke dalam bentuk lampau (disebut juga bentuk-ta) langsung saja kita mulai belajarnya ya.

Kata Kerja Bentuk Lampau (ta-kei)

Fungsi kata kerja bentuk lampau (ta-kei) adalah untuk menyatakan bahwa kata kerjanya sudah terjadi atau dilakukan, dinamakan kata kerja bentuk-ta karena akhiran kata kerja bentuk ini selalu berakhiran ta (た), meskipun sebenarnya ada yang berakhiran da (だ). Contohnya: 食べる : taberu : makan  → 食べた : tabeta : telah makan). 飲む : nomu : minum → 飲んだ : nonda : telah minum

Bagaimana cara untuk mengubah kata kerja ke bentuk ta (た). Pertama-tama kita harus mengetahui dahulu pengelompokan kata kerja, jadi sebelum lanjut, pastikan kamu sudah menguasai materi pengelompokan kata kerja ya. Karena kalau belum menguasai materi tersebut, kemungkinan kamu akan kebingungan dalam memahami materi ini.

Buat yang ingin pelajari ulang tentang materi kelompok kata kerja bisa buka materi berikut: Mengenal Kelompok Kata Kerja Bahasa Jepang. Buat sobat BJB yang sudah memahami kelompok kata kerja, mari kita lanjutkan pelajarannya.

Bentuk Lampau Kata Kerja Kelompok 1 (Godan Doushi)

Cara mengubah kata kerja kelompok 1 (disebut juga kata kerja bentuk-u) ke dalam bentuk lampau. Pada kelompok ini, kita harus membaginya kembali berdasarkan 9 akhiran yang berbeda yaitu berakhiran う (u)、る (ru)、つ (tsu)、む (mu)、ぬ (nu)、ぶ (bu)、く(ku)、ぐ (gu)、す (su). Jadi ingat saja, u-ru-tsu, mu-nu-bu, ku-gu-su ya. Baiklah, sekarang kita pelajari rumus perubahannya.

Untuk akhiran う (u)、る (ru)、つ (tsu): maka bentuk lampau-nya adalah dengan mengganti akhiran u/ru/tsu dengan った (tta). Contohnya:
  • 買う : kau membeli → 買った : katta : telah membeli
  • わかる : wakaru mengerti → わかった : wakatta telah mengerti
  • 待つ : matsu menunggu → 待った : mattatelah menunggu

Untuk akhiran む (mu)、 ぬ (nu)、ぶ (bu): maka bentuk lampaunya adalah dengan mengganti akhiran mu/nu/bu dengan  んだ (nda). Contohnya:
  • 読む : yomu membaca → 読んだ : yonda telah berjalan
  • 死ぬ : shinu mati → 死んだ : shinda telah mati
  • 遊ぶ : asobu bermain → 遊んだ : asonda : telah bermain

Untuk akhiran く (ku)、ぐ (gu) 、す (su): maka bentuk lampaunya adalah dengan mengganti akhiran く(ku) ganti dengan いた (ita), akhiran ぐ (guganti dengan いだ (ida) dan akhiran す(su) ganti dengan した (shita). Contohnya:
  • 書く : kaku menulis → 書いた : kaitatelah menulis
  • 急ぐ : isogu bergegas → 急いだ : isoida telah bergegas
  • 話す : hanasu berbicara → 話し : hanashita telah berbicara

Bentuk Lampau Kata Kerja Kelompok 2 (Ichidan Doushi)

Cara mengubah kata kerja kelompok 2  (disebut juga kata kerja-ru), caranya gampang banget, sobat BJB cukup mengganti akhirann ru (る) dengan ta (た) saja. Misalnya:
  • 食べる : taberu makan → 食べた : tabeta : tlh/sudah makan
  • 見る : miru : melihat → 見た : mita : telah/sdh melihat
  • 教える : oshieru : mengajarkan → 教えた : oshieta : tlh/ sdh mengajarkan
昼ご飯をもう食べたの?
Hirugohan o mou tabeta no?
Kamu sudah makan siang?
ええ、もう食べたよ
Ee, mou tabeta yo
Ya, sudah makan dong

Bagaimana sobab BJB semuanya? Sudah paham apa belum, kalau paham mari kita lanjut ke kata kerja berikutnya.

Bentuk Lampau Kata Kerja Kelompok 3 (Fukisoku Doushi)

Untuk cara mengubah kata kerja kelompok 3 ke bentuk lampaunya, kita tidak perlu pakai rumus-rumusan segala, tinggal kita hafalkan saja, toh di kelompok ini juga cuma ada dua kata kerja saja kan. Jadi tidak sulit lah menghafalkannya, Berikut adalah perubahannya, silahkan dihafal.
  • する : suru : melakukan  → した : shita : telah melakukan
  • 来る : kuru : datang → 来た : kita : telah datang
  • 勉強する : benkyou suru : belajar → 勉強した : benkyou shita : telah belajar
  • 愛する : ai suru : mencintai → 愛した : ai shita : telah mencintai
  • 電話する : denwa suru : menelepon → 電話した : denwa shita : telah menelepon
もう一年間日本語を勉強したよ!
Mou ichinenkan nihongo o benkyou shita yo!
Aku sudah belajar bahasa Jepang selama 1 tahun lho!
私はインドネシアから来た学生です
Watashi wa Indoneshia kara kita gakusei desu
Saya adalah pelajar yang datang dari Indonesia
Watashi wa Indoneshia kara kita gakusei desu

はい、今日の授業は終りました. Kyou no jugyou wa owarimashita. Pelajaran hari sudah selesai. Berikut inilah kesimpulan materi kita hari ini, semoga setelah membaca kesimpulan ini tidak akan membuat sobat kebingungan lagi dan semoga bisa lebih mudah diingat^^. ganbatte!

Cara mengubah kata kerja ke bentuk-ta
jisho-kei/positif
ta-kei/lampau
Godan doushi/kelompok 1
kau
katta
wakaru
wakatta
katsu
katta
kaku
kaita
oyogu
oyoida
nomu
nonda
shinu
shinda
tobu
tonda
hanasu
hanashita
Ichidan doushi/kelompok 2
taberu
tabeta
miru
mita
fukisoku doushi/kelompok 3
suru
shita
kuru
kita
Well, kore de jugyou ga oshimai desu. Dengan ini selesai sudah pelajaran kita untuk hari ini^^, pelajaran bahasa Jepangnya akan kita sambung lagi esok hari ya, baiklah saya mau pamit dulu, bye bye.
Baca Juga

4 komentar:

  1. mau tanya, kalau kata kerja bentuk negatif lampau, cara ubahnya gimana?
    ありがとう。。リズさん

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata kerja bentuk negatif lampau. Pertama ubah dulu ke negatif, seletah itu sama seperti halnya perubahan kata sifat-i, buang akhiran i pada kata kerja negatif lalu tambahkan katta. Lebih jelasnya silahkan search postingan tentang kata sifat negatif lampau di blog ini lewat kolom search^^. Terima kasih

      Hapus
  2. Contoh shinda : telah mati, bentuk negatifnya shindanakatta , apa itu tidak double, shinda artinya juga telah dan katta juga telah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aturan nya kan untuk yang berakhiran む(mu) ぬ(nu) dan ぶ(bu) kamu ganti dengan んだ(nda)

      Hapus