Konjugasi Kata Kerja Bentuk Passive Bahasa Jepang (受け身形) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Konjugasi Kata Kerja Bentuk Passive Bahasa Jepang (受け身形) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Konjugasi Kata Kerja Bentuk Passive Bahasa Jepang (受け身形)

Beberapa hari yang lalu kita sudah membahas dan mempelajari konjugasi shieki atau saseru yang memiliki arti menyuruh/membiarkan/membuat orang melakukan sesuatu, nah grammar yang akan kita pelajari kali ini hampir mirip dengan grammar itu. konjugasi yang akan kita pelajari di sebut 受け身形=ukemikei=bentuk passive. Untuk pembahasa lebih lanjutnya mengenai ukemi nanti kita bahas di postingan yang berbeda, disini kita akan fokus dulu untuk belajar konjugasi kata kerja ukemikei nya. menurut saya sih nggak begitu sulit sih, tapi juga nggak begitu mudah, ya gampang-gampang susah lah^^.

Mari kita mulai mempelajarinya, oh iya, sobat sudah mempelajari tentang kelompok kata kerja kan? harusnya sih sudah kalau sudah sampai di pelajaran ini^^. oke inilah aturan-aturan konjugasi sesuat kelompok kata kerja.

1.Kata Kerja Kelompok 1 (godan doushi) untuk kelompok 1, maka pertama ubah dulu kata kerjanya kedalam kata kerja negatif (buat yang belum belajar bisa baca kembali : Kata kerja negatif) jika sudah, terakhir tinggal ganti akhiran nai dengan reru. Contoh :
落とす → 落とさない → 落とされる
otosu > otosanai > otosareru=di jatuhkan
使う → 使わない → 使われる
tsukau > tsukawanai > tsukawareru=digunakan
待つ → 待たない → 待たれる
matsu > matanai > matareru=ditunggu
書く → 書かない → 書かれる
kaku > kakanai > kakareru=ditulis
噛む → 噛まない → 噛まれる
kamu > kamanai > kamareru=digigit

2. Kata Kerja Kelompok 2 (ichidan doushi) aturan konjugasi kata kerja passive untuk kata kerja golongan 2 cukup mudah yaitu hanya dengan mengganti akhiran ru dengan rareru saja. Contoh :
食べる=taberu=makan → 食べられる=taberareru=dimakan
見る=miru=melihat → 見られる=mirareru=dilihat
比べる=kuraberu=membagi → 比べられる=kuraberareru=dibagi
調べる=shiraberu=menyelidiki → 調べられる=shiraberareru=diselidiki
着る=kiru=mengenakan → 着られる=kirareru=dikenakan/dipakaikan

3. Kata Kerja golongan 3 (fukisoku doushi) : Dalam kelompok kata kerja irreguler/tidak beraturan ini cuma ada suru dan kuru, suru menjadi sareru dan kuru menjadi korareru.
する=suru=melakukan → される=sareru=dilakukan
来る=kuru=datang → 来られる=korareru=didatangkan

Dan kata kerja yang telah berubah/terkonjugasi ke bentuk passive (ukemikei) konjugasi semuanya termasuk kedalam kata kerja ichidan doushi(kata kerja kelompok 2) jadi kalau sobat ingin mengubahkan ke negatif atau bentuk lampau atau bentuk masu atau apapun, maka ubahlah seperti aturan kata kerja kelompok 2.

Nah itu dia aturan-aturan konjugasinya^^ riizhu doain semoga sobat cepat mengerti ya *αmiεn* └(˘.˘└). Dan inilah beberapa contoh penggunaan bentuk passive dalam kalimat lengkap :
寿司は母に食べられました
sushi wa haha ni taberaremashita
sushi tlah dimakan ibu
魚は猫に食べられる
sakana wa neko ni taberareru
ikan dimakan kucing
ナルトはサスケに裏切られた
naruto wa sasuke ni uragirareta
naruto dikhianati oleh sasuke

Baca juga: Bentuk Passive dalam Bahasa Jepang (受身形)

Oke konjugasi kata kerja passive (ukemi) sudah di kantongi, nanti di pelajaran berikutnya kita akan mempelajari lagi tentang bentuk passive sekali lagi^^ matte ne.
Baca Juga

6 komentar:

  1. gomennasai, untug terakhir yang naruto dikhianati oleh sasuke itu uragimasu kenapa jadinya uragirareru? uragimasu itu masuk grup 2 ya? bukan grup 1? klau gtup 1 kan jdinya uragareru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum, uragimasu itu grup 2 bukan, dan uragirareru itu adalah bentuk passivenya dari uragiru/uragimasu,

      Hapus
  2. 切る kiru memotong itu termasuk golongan 1. Kalau 着る kiru mengenakan itu termasuk golongan 2. Ada lebih dari satu kata kiru yang memiliki kanji, makna dan kelompok yang berbeda.

    BalasHapus
  3. Uragiru termasuk kelompok 1. Tapi kalau sudah dijadikan ke dalam bentuk pasif (ukemi) maka perubahannya akan sama seperti kelompok 2.

    BalasHapus
  4. mau tanya ini artinya dimana ya
    ① 雨にふられました。
    ② 父に死なれました。
    ③ 母に出かけられて、かなしいです。
    ④ 子供になかれてこまりました。
    ⑤ 夜、友達に来られて勉強ができませんでした。
    ⑥ どろぼうににげられました。

    BalasHapus
  5. @Satrio. Bentuk ukemi (pasif) dalam bahasa Jepang itu kebanyakannya mengandung perbuatan yang tidak menyenangkan kepada si target.

    1. Ame ni furaremashita. = saya dijatuhi oleh hujan (diartikan dengan kata "kehujanan)
    2. Chichi ni shinaremashita. = ditinggal meninggal oleh Ayah
    3. Haha ni dekakerarete, kanashii desu = Aku sedih karena ditinggal keluar oleh Ibu
    4. Kodomo ni nakarete komashimashita = aku kerepotan karena ditangisin oleh anak (maksudnya karena anaknya nangis trus dia jadi komaru gitu)
    5. Yoru, tomodachi ni korarete benkyou ga dekimasen deshita = karena tidak ditanganin oleh teman (teman tidak datang) aku jadi tidak bisa belajar. *Mungkin ini maksudnya belajar kelompok, karena temannya gak datang jadi gak bisa belajar.
    6. Dorobou ni nigeraremashita. Untuk yg no.6 ini kayaknya kurang pas kalimatnya, Mungkin lebih pas kalau diganti seperti ini. Dorobou ni nusumaremashita. Bisa nambahin objek juga seperti ini Dorobou ni saifu o nusumaremashita. Dompetku dicuri oleh pencuri.

    BalasHapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.