Perbedaan Akhiran da dan desu (だ、です) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Perbedaan Akhiran da dan desu (だ、です) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Perbedaan Akhiran da dan desu (だ、です)

Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa "partikel だ adalah versi santainya dari です", Ya, memang terlihat mirip sih, tapi tentu saja だ dan です itu sebenarnya sangatlah berbeda lho, dan di sini Riizhu akan coba jelasin sedikit mengenai akhiran だ dan です ini. kita bahas yang pertama yaitu だ dulu ya baru setelah itu kita akan lanjut mempelajari です dan membandingkan persamaan dan juga perbedaannya juga.

だ berfungsi untuk mempertegas kalimat, diletakkan di akhir kalimat dan hanya digunakan untuk kata benda dan kata sifat-na positif saja, biasanya sering digunakan oleh laki-laki. Contoh:

あの女が綺麗だ。
Ano onna ga kirei da.
Cewek itu cantik.
この動物は猫だよ。
Kono doubutsu wa neko da yo.
Hewan ini adalah kucing.
好きな人はあなただ。
Suki na hito wa anata da.
Orang yang aku suka adalah kamu.
そうだ。
Sou da.
Benar/begitu lah.
田中さんは綺麗な人だ。
Tanaka-san wa kirei na hito da ne.
Tanaka adalah cewek yang cantik ya.
今日は寒いだ(salah)。
Kyou wa samui da (salah)
Hari ini dingin.

です digunakan untuk membuat kalimat menjadi sopan, sering digunakan oleh wanita maupun pria, dan bisa digunakan ke kata benda dan kata sifat baik kata sifat-i maupun kata sifat-na. Contoh:

私はインドネシア人です。
Watashi wa indoneshiajin desu.
Saya adalah orang Indonesia.
田中さんはすごいですね。
Tanaka-san wa sugoi desu ne?
Tanaka hebat, ya?
田中さんは綺麗な女です。
Tanaka-san wa kirei na onna desu.
Tanaka adalah perempuan yang cantik.
今日は寒いです。
Kyou wa samui desu.
Hari ini dingin.
Kyou wa samui desu

Nah dari penjelasan singkat di atas bisa kita simpulkan dan lihat perbedaan antara だ dan です ini, yaitu meski sama-sama di akhir kalimat namun です bisa digunakan pada kata sifat-i dan だ tidak bisa. だ membuat kalimatnya menjadi tegas(sehingga lebih sering digunakan oleh pria) sedangkan です membuat kalimatnya menjadi sopan (kata-kata sopan bisa digunakan baik pria maupun wanita kan?^^). Oke semoga dengan postingan singkat ini bisa memberikan kepahaman tentang dua akhiran だ dan です ini^^.

Baca Juga

7 komentar:

  1. itu kan "da" biasa dipakai oleh pria! boleh ga dipakai oleh wanita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh-boleh saja dipakai oleh wanita kok, kan "da" memiliki arti untuk menegaskan kalimat, dan bukan khusus untuk pria, tapi hanya biasanya yang lebih sering memakainya adalah pria.

      Hapus
  2. あの女が綺麗だ

    Napi itu 綺麗 kan kata sifat akhiran i. Kenapa bisa pake だ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirei itu termasuk kata sifat-na. Coba perhatikan kanjinya, tidak diakhiri huruf hiragana い bukan? Meski secara bacaan romaji dia di akhiri huruf i tapi secara kanji tidak. Itu berarti dia adalah termasuk kata sifat-na. Kata lain yang juga termasuk kata sifat-na yang berakhiran i yaitu 有名(yuumei) ini juga tidak diakhiri hiragana い. Jadi setiap kata sifat yang tidak diakhiri hiragana い termasuk kata sifat-na (pengecualian terhadap kata 嫌い=kirai, ini termasuk kata sifat-na walau diakhiri hiragana い, selain kata ini kayaknya tidak ada lagi)

      Hapus
  3. Banyak yah saya dengar org jepang menggunakan kata akhiran da untuk kata sifat -i, mungkin biar gak keliatan kaku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu penjelasan nya kan ada di komen atas. klo ga bisa baca kata sifat aja di list materi N5

      Hapus
    2. itu kan ada penjelasannya di atas komen ini. klo ga, bisa baca materi kata sifat.

      Hapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.