Fungsi Partikel Bahasa Jepang : wa, mo dan ga (は、も、が)

Pelajaran sebelumnya adalah berkenalan dengan bahasa Jepang, dan kali ini kita akan mulai PDKT  belajar bahasa Jepang dasar. Di sini kita akan belajar tentang partikel-partikel dalam bahasa Jepang atau disebut joshi. Ada banyak sekali partikel dalam bahasa Jepang tapi untuk kali ini kita bahas 3 partikel dasar dulu ya, yaitu partikel subjek は (walaupun tulisan hiragananya “ha” tapi selalu dibaca “wa”)  も (mo)  dan  が (ga)  untuk partikel-partikel  yang lain nanti menyusul ya, insya Allah^^, ok mari kita mulai pelajarannya.

1. Partikel は(wa) : biasa disebut dengan partikel topik, partikel ini sebenarnya tidak memiliki arti, hanya sebuah kata bantu saja, tapi untuk memudahkan pemula kalian bisa mengartikannya dengan kata adalah/mengenai rumusnya seperti ini TOPIC+WA+PENJELASAN. Topic bisa berupa subject hingga bisa satu kalimat penuh.
Contoh:
私の名前はりずです
Watashi no namae wa rizu desu
Nama saya (adalah) rizu
りずはインドネシアから来ました
Rizu wa indoneshia kara kimashita
(mengenai) Rizu, datang dari Indonesia

Seperti itulah kira-kira fungsi partikel wa. next lanjut ke partikel ke berikutnya yaitu も (mo)

2. Partikel も(mo) : partikel ini sih tidak terlalu sulit dan kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti "juga" dan rumusnya sama dengan partikel yang telah dibahas di atas tadi.
Contoh:
私もインドネシアからです
Watashi mo indoneshia kara desu
Aku juga dari indonesia
みんなが行けば、私も行く
Minna ga ikeba, watashi mo iku
Jika semuanya pergi, aku juga pergi

Pasti mina-san udah pada ngerti sama partikel ini bukan? Next go to the last particle today

3. Partikel が(ga) : partikel ini adalah partikel untuk mengidentifikasi subjek, sangat mirip dengan partikel は(wa) dan juga tidak memiliki arti. Contoh :
私がリズ
Watashi ga rizu
Sayalah rizu
やる人が私です
Yaru hito ga watashi desu
Orang yang melakukannya adalah saya
Adapun perbedaan partikel wa dan ga adalah jika subjeknya diketahui (oleh orang yang kita ajak bicara) maka gunakanlah partikel は(wa) dan jika subjeknya tidak diketahui gunakanlah partikel が(ga). Partikel が dan は juga kadang bisa saling ditukar misalnya: 私は学生(watashi wa gakusei) dan 私が学生(watashi ga gakusei) artinya sama “saya adalah murid” cuma ada sedikit perbedaan, kalau yang menggunakan partikel wa itu subjeknya udah jelas, mungkin dia memperkenalkan diri bahwa dia adalah pelajar, tapi kalau yang menggunakan prtikel ga, mungkin itu jawaban dari sebuah pertanyaan

“誰が学生(dare ga gakusei) siapa yang murid?”.


Memang susah dimengerti tapi semoga kalian bisa ngerti, yang penting jangan takut salah karena dalam bahasa itu tidak ada kata salah dan benar adanya lazim dan nggak lazim, jangan lupa juga untuk belajar pelajaran tentang bahasa Jepang lainnya dalam blog ini ya^^ dan kalau ada yang nggak mengerti jangan sungkan berkomentar ya,, ok ganbatte kudasai ne minna jaa, mata atode.
Fungsi Partikel Bahasa Jepang : wa, mo dan ga (は、も、が)
Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner