Bunpou 03: Kata Sambung ~no ni (~のに) [Sabtu 4 Februari 2017]

📖 Bunpou 03
👥 Nihongo Kurasu
📆 Sabtu 4 Februari 2017

Bunpou 03: Kata Sambung ~no ni (~のに)

Pada bunpou ke-3 nihongo kurasu kali ini kita akan mempelajari pola grammar ~no ni. ~no ni juga termasuk setsuzokushi (kata sambung). Maknanya adalah "Padahal, Walaupun". Pola ini sangat sering digunakan, dan cukup mudah, jadi tidak perlu panjang lebar menjelaskannya kata kata padahal dan walaupun sudah sangat mewakili maknanya.

JLPT Level: N4
Arti: Padahal, walaupun
Rumus: Kalimat 1 + のに + kalimat 2
  • Note: Jika pada akhir kalimat 1 adalah kata benda atau kata sifat-na maka harus menambahkan な sebelum のに.
  • Boleh dibuang kalimat 1 atau kalimat 2 jika telah diketahui.
Contoh kalimat:
もう頑張ったのに私達のティームは負けました
Mou ganbatta no ni watashi tachi no chiimu wa makemashita.
Tim kita kalah walaupun/padahal sudah berjuang.
は、ええー、私は未成年に見えます?
Ha, eee, watashi wa miseinen ni miemasu?
Hah, hhmm, saya terlihat seperti orang yang belum cukup umur?
ママはもう40才なのにね.....
Mama wa mou yonjuusai na no ni ne....
Padahal Mama kan udah 40 tahun ya
私はもう大人になった。
なのに、アニメが好きです
Watashi wa mou otona ni natta.
Na no ni, anime ga suki desu
Aku sudah menjadi orang dewasa
Walaupun begitu, aku suka anime

Note: Jika sebelum no ni adalah kata kerja bentuk kamus, maka maknyanya menjadi "untuk melakukan....". Contoh:
最後のボスを倒すのに1時間かかった
Saigo no bosu o taosu no ni ichijikan kakatta
Butuh waktu satu jam untuk mengalahkan boss terakhir

Tugas:
Seperti biasa, silahkan buat 4 contoh kalimat (reibun) yang menggunakan pola grammar ~no ni, buat versi voice note dan juga tulisannya ya, jangan lupa sertakan artinya juga(*^^*). Tugas bisa dikumpul dari Jam sabtu/malam minggu 19:00 WIB
Selamat mengerjakan, ganbarou.

Hasil Pilihan Beberapa Tugas dari Para Member

Hasil Voice Note Pilihan





Hasil Tulisan Pilihan





Komentar/Koreksi Bunpou 03

hasil koreksi tugas bunpo 3 bjb kurasuyang terkumpul sampai 5 february 00:01wib

eito_8

sebelumnya mohon maaf,,hanya mengomentari tugas yang ada identitasnya..
Vn kali ini ga sempet didengerin karena hape nya ga mendukung,,gomen nasai ne..yurushite yurushite..

douzoo...😂

Sebenernya pola--no:ni itu lebih tepat diartikan *padahal* karena secara tata bahasa indonesia ada perbedaan antara *walaupun dan *padahal dalam pola bahasa jepang pun * walaupun lebih cocok dengan pola --temo/demo coba pahami sendiri yaaa mnurut minna perbedaan antar padahal dan walaupun

1. Kinzoku
contoh no1 secara pola benar,,tapi noni disitu terdengar aneh,,
karena noni lebih tepat diartikan *padahal* atau dibuat Nihon go wa muzukashii noni rikai dekiru no ga hayai ( padahal bahsa jepang susah tapi cepat bgt ngertinya) nomer 2& 3 ok
nomer 4 konser=コンサート
tapi kalimatnya kurang tepat,,
konsaato de uta ga iinoni daremo minai
(padahal suara dikonser itu cakep tapi gada yg nonton

2. Miko
contoh 1 sama kaya contoh di note bunpou 3 bjb kurasu,,
contoh 3&4 OK

3. Nursapia
contoh 1 : test =テスト

4. Desuti
contoh 1 : susunan bunpou nya kurang tepat
( amega mou yanda (yamimashita=hujan reda) noni mada samui desu.
contoh 2 : sama seperti nomer 1,,kebalik
kanojou wa kanashinda(kanashimimashita) noni waratteru
contoh 3 dan 4 pun terbalik
* jadi noni itu disematkan pada kata yg menjadi penekanannya
misal padahal bermain (asonda noni) padahal terluka (kidzutsuita noni )
dan baca lagi note nya yaa,,,

5. Arini Isnani Preninka
😍 tensai da naaa.....contoh 2 cukup kejam

6. NUna
😘 watashi hidokunai yoo,,,wkwkwkwkkwkw
betul betul betul,,

7. Salfa Putra
contoh 1 : muter muter ,,hihihihihi pusing
kanojo wa kirei na noni suki na hito ga sukarenai/kirawareteiru/iya rashiku sareta.
contoh 2 : bisa dibuat matometa tanjun na kotoba na noni
contoh 3&4 : betulll

8. Mandays
nomer 1 : bentuk sebelum noni nya kata dasar ya(bnetuk ta atau te iru) dan dikalimat itu sore wo mita noni
nomer 2 : bentuk kamus+noni = untuk
nomer 3 : gomen ini bikin pusing,,kalau diartikan walaupun lebih cocook pake bentuk lain,,
ochinakereba naranai koto ga attemo toka
shippai koto ga aru no wa shiteru noni boku wa tsuzuke you to omou..
contoh 4 : watashi ga itta noni kimitachi wa wakaru wake ga nai

9. Shinta
nomer 2 : kebalik ,,onaka ga ippai noni mata tabetai
nomer 3 : bentuk -saseru = menyuruh,,memaksa,,membiarkan
nomer 4 : bentuk negatif dari kawaii = kawaikunai

10.Wedananda
contoh 1 : kebalik ,,mada konna jikan na noni imouto wa mou neta.
contoh 3 : yasumi(kata benda) maka tambahkan nanoni

11. Albuqari
machigae ga nai yoo,,tensai da

12. daud
contoh 1 : kebalik,, jouzu na noni mainichi mada renshu shiteimasu
contoh 2 : huruf ka hiragnanya ga kebaca
contoh 3 : byouki ( kt benda) jadi tambahkan -na sebelum noni nya
contoh 4 : mana pola noni nya ????

13. Siti Wibowo
Ok..siph,,tulisanya inget guru SD 8 tahun lalu,,moshikashitara ???
wkkwkwkwkwkwkkwkw

14. RF
contoh 1 : yasashii ( kta sifat i) jadi gg perlu pakai -na
contoh 2 : kanji sama furigana nya beda...wwkwkwkwkwk ( futteru nya udh bener ko)
contoh 3 dan 4 : Ok siphh...

15. imam G.
contoh 2 : karena kejadiannya lampau (kesa-tadi pagi) jadi diakhir kalimatnya deshita yaaaa
contoh 3 : コンピュータ = komputer
contoh 4 : boleh pakai partikel ga/wa setelah otoko nya

16. Andika
contoh 1 : byouki (kata benda) jadi ditambahkan-na sebelum noni nya yaa,,cek note nya lagi
contoh 3 : bentuk kamus + noni = untuk jadi pakai (atta noni ) lebih tepat
contoh 4 : paartikel yg dibaca -e ditulisnya へ。

17. Faa
contoh 1 : banyak tidur = makin mengantuk
contoh 2 : diet ???? coklat sama es nya diet juga ??
contoh 4 : banguuun faaaaa,,,banguuunnnnn

18. Rya
sibukkk yaaaaa,,,tulisan kebut 2 menit nih mbo dora...

19. Widia
coba dibahasa indnesia nya ganti dengan padahal
contoh 4 : kalp diartikan *padahal kurang cocok
kecuali diubah jadi
muzukashii noni doryoku shita kara umaku dekimashita....

20. Tereshia
huruf su hiragana nya kaya huruf chi..
contoh 3 : kaku wo shimasu amari iwanai kara kaku noni aja udh cukup

21. Iffah
contoh 1 : futorimashita ( menggemuk)

22. Dewajun
good !!! jouzu ni natte kita neeeee

23. Claudia
pola kalimatnya diperhatikan lagi yaa,,masih rancu
contoh 1 : watashi wa nigiyakana tokoro ni ita noni samishi kiga shimashita (terasa sepi padahal aku ada ditempat ya ramai)
contoh 2 : karera no nihonggo ga jouzu na noni nanimo dekinai to kanjiru..
contoh 3 : saya bekerja untuk mencintaimu ?? kimi wo aisuru noni yuuki ga hitsuyou da (perlu keberanian untuk mencintaimu) hahahaha..,,jd beda arti yaa,,,contoh kalo\imat klo oertu pasangan nya galak,,wkwkwkwk
contoh 4 : mae wa segahikui noni itsunomanika sega takaku natte kita.(padahal dulu pendek,,tp entah kapan ko udh jadi tinggi)
ttep semangat yaaa claudia,,,cuma diawalnya doang sulit koo,,
selanjutnya bikin yg simple dulu aja

24. Mimi
contoh 1 : pesan moral
contoh 3 : mungkin ada beberapa fals,,wkwkwkwk
sekai ni muri na koto ga nai kara,,minna wa muri to itta noni akiramenaide,,jibun ni shinji nasai/shinjite kudasai/shinjiro !

25. Hiruma
😘 umaku natte kita neeee hiruchan

26. Dika Puji
contoh : nkebalik ( kasa o motte hakobanai noni ame ga futta.
contoh3 sebenarnya lebih ccok pakai pola -temo
(kanashi kutemo byoujin no mae ni hohoe ru kao wo misete ageru no wa kangofu no shigoto desu) meskipun sedih,,memperlihatkan senyum didepan org sakit adlh pekerjaan perawat.
contoh 4 : kebalik ,,, toi noni boku no kokorono naka ni iru yo,,
Sebenernya pola--no:ni itu lebih tepat diartikan *padahal*
karena secara tata bahasa indonesia ada perbedaan antara *walaupun dan *padahal
dalam pola bahasa jepang pun * walaupun lebih cocok dengan pola --temo/demo
coba dibayangkan sendiri yaaa mnurut minna perbedaan antar padahal dan walaupun
namun,,

mohon maaf apabila ada kesalahan yaaa..
karena keterbatasan pengetahuan dan ilmu dari eito_8 sendiri
yg mnta tanda tangan,, foto dan segala halnya nanti yaa sabar..
wkwkwkwkwk

jaaa,,
oyasumi nasai.
Bunpou 03: Kata Sambung ~no ni (~のに) [Sabtu 4 Februari 2017]

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner