Perbedaan Neru dan Nemuru (寝ると眠るの違い)

Yow minna doumo. Senang rasanya bisa diberi kesempatan untuk kembali dan terus mengupdate postingan terbaru lagi untuk blog BJB tercinta ini. Untuk hari ini pembahasan kita cukup simpel saja yaitu mengenai perbedaan kata kerja neru dan nemuru (寝ると眠るの違い) yang keduanya diartikan dengan kata tidur (睡眠=suimin). Kalau kedua kata ini memiliki arti yang sama kenapa kanjinya beda, dimanakah letak perbedaannya, dan kapan waktu yang tepat menentukan kapan waktunya menggunakan kata neru (寝る) dan kapan kita menggunakan nemuru (眠る). Hmm, jadi materi hari ini kita akan mengupas makna kedua kata ini lebih dalam agar kita bisa tau perbedaannya sehingga kita dapat menggunakannya diwaktu-waktu yang tepat, yuk mari kita pelajari kedua makna kata kerja yang berbeda golongan ini.

Owh iya sebelumnya, coba jawab dulu yuk pilihan di bawah ini, menurutmu mana yang lebih tepat, menggunakan neru atau nemuru:

1. 昨日、家に帰っている時に電車で眠った/寝た
kinou, ie ni kaette iru toki ni densha de nemutta/neta?
2. 寝る/眠るつもりはなかったけど、疲れていたのでベッドに横になったとたんに眠ってしまった/寝てしまった
neru/nemuru tsumori wa nakatta kedo, tsukarete ita no de beddo ni yoko ni natta totan ni nemuute shimatta/neteshimatta
3. 棒ちゃん、眠る時間/寝る時間です
bou-chan, nemuru jikan/neru jikan desu
4. 眠る/寝る獅子は起こすな
nemuru/neru shishi wa okosu na
5. 私はだいてい眠った/寝たままに本を読んだり、テレビを見たりする
watashi wa daitei nemutta/neta mama ni hon o yondari, terebi o mitari suru
Menurut sobat mana kalimat yang tepat menggunakan neru dan mana yang tepat menggunakan nemuru?^^ Kalau masih belum tau, mungkin setelah membaca makna neru dan nemuru di bawah ini sobat bisa memilih mana kata kerja yang tepat digunakan di kalimat-kalimat di atas:

Makna Kata Kerja Neru (寝る)

Kata kerja neru termasuk ke dalam kata kerja kelompok 2 (ichidan doushi) jadi konjugasinya adalah seperti neru, neta, nenai, nerareru dan seterusnya, kata neru ini memiliki beberapa arti yakni 1. nemuri ni tsuku = tidur, 2. yoko ni naru=tiduran (tidur tapi masih dalam keadaan terjaga), 3. dareka/isei to doukin suru=tidur satu tempat tidur dengan seseorang/lawan jenis dan 4. byoushou suru=terbaring sakit. Nah itulah beberapa arti dari neru (寝る), selanjutnya mari kita usut makna nemuru.

Makna Kata Kerja Nemuru (眠る)

Nemuru termasuk kata kerja golongan 1 (godan doushi) dengan konjugasi diantaranya nemutta, nemutte, nemuranai dan sebagainya, berikut ini beberapa arti dari kata nemuru 1. muishiki joutai ni naru=tidur dalam keadaan hilang kesadaran, 2. meninggal dunia, 3. tidak aktif/tidak digunakan/beroperasi dalam beberapa lama (bisa untuk benda mati seperti pabrik, gunung merapi dll). Nah bagaimana sudah lebih tau kan perbedaan makna tidur dari kata neru dan nemuru ini? Sekarang sudah bisa dong menjawab dan memilih kata yang tepat untuk pertanyaan - pertanyaan diatas tadi^^.

Ini dia kunci jawabannya:
1. Artinya kemarin saat sedang pulang ke rumah saya tertidur di kereta untuk kata ini lebih tepat menggunakan nemuru
2. Tidak ada rencana untuk tidur tapi karna kelelahan pas berbaring aku langsung ketiduran untuk kalimat ini.yang tepat menggunakan neru tsumori (kata nemuru tidak bisa direncanakan)
3. Tuan muda, sudah waktunya tidur, untuk nomor 3 kata yang benar adalah neru jikan, soalnya nemuru tidak bisa diaturkan waktunya / direncanakan sama seperti no.2 di atas^^
4. Jangan membangunkan macan yang tertidur, tentu saja yang lebih tepat dalam kalimat ini adalah nemuru=tertidur
5. Saat saya tidur (sebelum tertidur) biasanya saya baca buku dan nonton tv, disini tidak mungkin bisa melakukan hal-hal seperti membaca buku dan nonton tv kalau memakai nemuru soalnya nemuru = tidur beserta hilang kesadaran
Bonus Kosakata^^:
枕を高くして眠る
makura o takaku shite nemuru
tidur dengan damai (meninggikan bantal lalu tertidur)
泥のように眠る
doro no you ni nemuru
tidur bak seorang bayi (tidur seperti debu)
地下に眠る
chika ni nemuru
dikuburkan (tertidur dibawah tanah)
ぐっすりと眠る
gussuri to nemuru
tidur dengan nyenyak

Baca juga artikel lainnya: Perbedaan Nemui - Nemutai dan Omoi - Omotai

Nah bagaimana, sekarang jadi lebih tau kan dan lebih mengerti tentang beda penggunaan neru dan nemuru^^ oke sampai jumpa lagi dipembahasa berikutnya, kalau suka jangan lupa dishare ya(^_^).
Perbedaan Neru dan Nemuru (寝ると眠るの違い)
4 komentar

Penjelasannya bagus dan sangat jelas sekali! :)

http://honbookstore.com

Artikelnya di situs ini bagus bagus. Mau tanya kamus bahasa jepang yang admin pakai apa ya? Yang lengkap gitu. Sudah bingung mau pakai kamus apa karena sebagian besar kamus yang ada di toko buku tidak lengkap(saya lebih suka pakai kamus cetak daripada kamus elektronik)

Apa ya, admin lebih sering gunakan kamus di hp sih, soalnya lebih mudah di bawa kemana-mana dan nyarinya cepat.

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner