Perbedaan Nemui, Nemutai dan Omoi, Omotai (眠い、眠たい、重い、重たい)

Mina-san konnichiwa BJB no riizhu desu, BJB to issho ni nihongo o benkyou shimashou, mari belajar bahasa jepang bersama blog Bahasa Jepang Bersama Owh iya, karna anggota grupchat BJB sudah mencapai 200 lebih jadi sekarang tidak begitu gencar menginvite anggota baru lagi karna fokus sudah terpecah memikirkan materi lessonnya, walau masih tidak begitu tertata rapi sih, tapi sudah cukup lumayan berkembang(^_^) semoga ke depannya lebih baik lagi, tapi kalau masih ada yang ingin ikutan belajar bersama boleh, silahkan invite ID LINE ku "riizhu" dan PM saja kalau mau join ya. Baiklah hari ini riizhu akan berbagi artikel yang cukup sederhana tapi insya allah juga bermanfaat yaitu tentang perbedaan antara kata sifat nemui (眠い) dan nemutai (眠たい) dan juga omoi (重い) dan omotai (重たい). Hmm keduanya memiliki arti dan kanji yang sama, lalu apa perbedaan keduanya? Riizhu juga bingung memikirkannya(~_~メ).

Hmm, apa ya kira - kira perbedaannya, karna penasaran akhirnya saya langsung bertanya pada Google-sensei(≧▽≦) biar penjelasannya lengkap dan dijelaskan langsung oleh orang Jepangnya jadi riizhu search dengan kata kunci "眠いと眠たいの違い" lalu muncullah beberapa hasil yang saya lihat dari judulnya saja sudah hampir bisa dipastikan bakal dapat memecahkan rasa penasaran saya, akhirnya saya visit beberapa websitenya salah satunya adalah website yang susah cukup familiar ya kalau mencari-cari tentang bahasa Jepang yaitu chiebukuro, itu web seperti yahoo answer, ada yang bertanya dan ada yang menjawab dan dari sana akhirnya rasa penasaran riizhu akhirnya terjawab sudah^^.

Perbedaan Nemui dan Nemutai (眠い、眠たい)

Pertama riizhu share perbedaan penggunaan kata nemui dan nemutai ya, awalnya riizhu mengira nemutai ini adalah bentui ~tai desu dari kata kerja nemuru ya yang artinya nemuritai=ingin tidur tapi ternyata bukan saya cari di kamus artinya juga sama-sama mengantuk. Dan ternyata letak perbedaannya adalah kalau nemui=ngantuk bisa digunakan secara umum ya, penggunaannya lebih luas dari nemutai, sedangkan nemutai itu arti ngantuknya tergolong agak subjective ya, 「眠い」は、眠い状態のこと。「眠たい」は、「眠る」を「したい!」...早く寝たい状態のこと "nemui" wa nemui joutai no koto=keadaan mengantuk. "nemutai" wa "neru" o "shitai", hayaku netai joutai no koto=keadaan ingin cepat tidur (subjective). Owh iya ada juga yang mengatakan nemutai itu adalah kansaiben (dialek kansai) dan nemutai (bisa dibaca juga nebutai) adalah bahasa jadul, jadi kalau mau lebih aman cukup dan pasti benar penggunaannya pakai nemui saja!(^O^)!.

Perbedaan Omoi dan Omotai (重い、重たい)

Berikutnya adalah perbedaan omoi dan omotai yang memiliki arti sama-sama berat. Hmm perbedaannya kurang lebih sama saja sih dengan perbedaan nemui dan nemutai di atas, omotai = berat yang bersifat subjective saja sedangkan omoi bisa digunakan untuk situasi subjective maupun objective, jadi misalnya ada orang berkata この石は重たい=kono ishi wa omotai=batu ini berat, si pembicara merasa keberatan mengangkatnya, dan baginya (menurut penilaiannya) itu berat padahal batunya beratnya cuma 20kg saja, tentu saja bagi sebagian orang 20kg tidak begitu berat. Jadi kalau menggunakan omotai penilaian beratnya lebih subyektif sedangkan omoi artinya lebih umum.

Oke, selesai sudah postingan untuk hari ini^^, meski belajar sedikit saja hari ini tapi semoga bisa bermanfaat, sampai bertemu lagi dalam postingan lainnya ya^^)/ semoga skill bahasa Jepannya terus meningkat(=^・^=) jaa ne, mata aimashou.
Perbedaan Nemui, Nemutai dan Omoi, Omotai (眠い、眠たい、重い、重たい)
3 komentar

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner