Mari Bermain Game Shiritori di Group Chat Line BahasaJepangBersama

Mina-san konnichiwa^^ BJB no riizhu desu, eeto mina-san shiritori geemu shitte ru? kitto shitte ru yo ne^^, saya yakin sobat semua pasti sudah pada tau dengan permainan kata yang sangat terkenal ini bukan? Tapi tak apalah saya akan jelaskan sekali lagi tentang dan aturan bermain shiritori, kali aja masih ada dari sobat kita yang belum mengerti permainannya plus beberapa aturan agar bisa memainkannya secara tertib dalam group chat nantinya^^.

Apa itu Shiritori?

Shiritori adalah permainan kata dari Jepang, shiri artinya ekor tori artinya ambil, jadi secara harfiah shiritori berarti ambil ekor, maksudnya adalah mengambil huruf terakhir dari suatu kata lalu membuatnya menjadi awalan dari kata baru. Misalnya nih ada pemain yang menyebutkan kata niwatori (ayam) maka pemain yang mendapat giliran selanjutnya harus mencari kata dengan awalan ri, misal dia bisa menjawab dengan kata ringgo=apel, selanjutnya akan dilanjutkan deh oleh pemain berikutnya lagi. dou desu ka? ima wakaru you ni narimashita ka?^^. Ok, tsugi ruuru wa setsumei shite agemasu.
ayo bermain shiritori bersama

Peraturan dalam Permainan Shiritori

Sebenarnya peraturan bermain shiritori ini bisa bermacam-macam, tergantung kesepakata antar pemain, tapi disini saya akan sebutkan peraturan dasar atau bakunya. Dan dibawah ini adalah peraturan umum permainan shiritori:
  • Kata yang sudah diucapkan tidak boleh diulang.
  • Permainan dimulai oleh salah seorang peserta yang mengucapkan sebuah kata pilihannya (boleh dimulai dari kata apa saja), meski ada peraturan yang mengatakan permainan dimulai dengan kata shiritori.
  • Pemain kalah bila: mengucapkan kata yang berakhir dengan mora n (ん) karena tidak ada kata dalam bahasa Jepang yang dimulai dengan konsonan nasal n (kata serapan yang dimulai dengan n diabaikan). Contoh: sakura (さくら) → rajio (ラジオ) → onigiri (おにぎり) → risu (りす) → sumou (すもう) → udon (うどん) dan permainan terhenti. Mengucapkan kata yang persis sama dengan kata yang sudah diucapkan sebelumnya, misalnya: neko ねこ → koi こい → ine いね → neko ねこ.
  • Bila sebuah kata berakhir dengan vokal panjang, maka mora terakhir adalah vokal terakhir atau diabaikan sama sekali: sutaa すたー dapat dilanjutkan tanuki タヌキ atau aisukurimu アイスクリーム
  • Kata yang berakhir dengan yōon/sokuon a, i, u, e, o, ya, yu, yo (ぁ、ぃ、ぅ、ぇ、ぉ、ゃ、ゅ、ょ) dapat dilanjutkan dengan あ、い、う、え、お、や、ゆ、よ atau aksara sebelumnya. Contoh: kaisha かいしゃ → yakyuu やきゅう atau shachi シャチ
contoh permainan shiritori
Sip, saya rasa sobat semua sudah mengerti dengan permainan shiritori ini^^, soalnya gampang aja kok mainnya. Hmm, bagaimana kalau kita mainkan permainan yang menyenangkan dan dapat menambah perbendaharaan kosakata ini dalam group chat BahasaJepangBersama di LINE, mau ngga? mau ya? mau kan? mau dong(=^・^=). Ok fix, kita akan memainkan permainan shiritori setiap hari minggu pukul 19:00 WIB ya (malam senin).

Agar nantinya tidak kacau dan tidak terjadi jawaban yang dobel, jadi dibawah ini adalah aturan permainan shiritori khusus dalam group chat LINE BahasaJepangBersama yang insya allah akan rutin dilaksanakan setiap hari minggu pada jam 19:00 WIB:
  • Sebelum memulai akan di absen dulu untuk menentukan urutan, biar nggak ke dobel jawabannya^^, jadi nanti saya absen dulu, yang menulis kata "hadir" pertama (paling atas) mendapat giliran kedua (setelah saya^^) dan yang kedua mendapat giliran ketiga hingga seterusnya.
  • Jika ada yang baru datang maka gilirannya adalah setelah orang yang mendapat giliran terakhir
  • Pemain akan di-skip jika tidak menjawab lebih dari 3 menit
  • Untuk peraturan permainannya sama saja dengan permainan shiritori standard seperti di atas
  • Karna disini tujuan utama kita adalah memperkaya kosakata maka format jawaban harus kanji romaji lalu artinya, contoh: 場所 basho tempat, atau bisa dengan format romaji dan artinya saja, contoh basho tempat

Hmm, saya rasa cukup itu saja deh aturan yang permainan shiritori dalam group chat BahasaJepangBersama, karna permainannya masih baru di mainkan jadi mungkin akan sering terjadi penambahan/perbaikan peraturan agar permainannya bisa dijalankan sebagaimana mestinya^^.

Semoga banyak yang ikutan ya^^, semakin banyak yang ikutan maka akan semakin mengasyikan dan pastinya akan semakin banyak kosakata yang akan kita hafal^^, kita doakan saja bersama-sama semoga permainannya bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Mari Bermain Game Shiritori di Group Chat Line BahasaJepangBersama
3 komentar

Gabung ke grup line nya gimana ni id line ku mardhyuun18 arigaou nisan

Hajimemashite, watashi wa Taufik desu
watashi no ID Line wa fairyhunter48
yoroshiku ne

Hajimemashite, watashi no namae wa Anas desu,
watashi no ID Line wa ali_kompang
yoroshiku onegai shimasu

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise