Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang (自己紹介)

Hajimemashite riizhu desu^^ douzo yoroshiku ne mina-san, dalam pelajaran kali kita akan mempelajari bersama-sama bagaimana cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang.

Biar postingannya nggak panjang-panjang amat, mari kita langsung mulai aja ya^^. Kata pertama yang biasanya diucapkan dalam perkenalan pertama kali adalah 初めまして(hajimemashite) kata ini bisa di artikan "salam kenal" atau "perkenalkan" kata ini diucapkan saat baru akan memperkenalkan diri untuk yang pertama kalinya. Setelah kata hajimemashite barulah disambungkan dengan menyebutkan nama kita dengan format kira-kira seperti ini 私はリズです=watashi wa rizu desu=saya adalah rizu. atau seperti ini 私の名前はリズです=watashi no namae wa rizu desu=nama saya adalah rizu, atau bisa juga seperti ini 私はリズと申します=watashi wa rizu to moushimasu artinya sama aja sih, tinggal ganti kata "rizu" dengan nama sobat^^, Lalu sobat juga bisa menambahkan profil sobat setelah menyebutkan nama, seperti インドネシアから来ました=Indonesia kara kimashita=saya dari Indonesia, atau ジャカルタに住んでいます=Jakarta ni sunde imasu=saya tinggal di Jakarta atau 東京で働いています=toukyou de hataraite imasu=saya bekerja di tokyo, atau 店員をしています=ten'in o shite imasu=saya bekerja sebagai pegawai toko dan lainnya.
Terakhir ditutup dengan kata "どうぞよろしくお願いします"=douzo yoroshiku onegaishimasu yang kira-kira bisa diartikan "Senang berkenalan dengan anda" dalam bahasa Indonesia, adapun balasan dari kata douzo yoroshiku onegaishimasu adalah kochira koso douzo yoroshiku onegaishimasu yang bisa diartikan dengan "senang juga berkenalan dengan anda".

Nah, gimana sudah mengertikan cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang^^ kalau udah ngerti berarti bisa kenalan dengan orang Jepang dong(ง ˆ-ˆ)ง hihihi.

Biar lebih mudah pahamnya ini saya akan kasih beberapa contoh-contoh perkenalan berikut ini :

はじめまして、風早将太です、高校三年生です、どうぞよろしく
hajimemashite, kazehaya shouta desu, koukou sannensei desu, douzo yoroshiku
salam kenal, saya adalah kazehaya shouta kelas 3 SMA, senang berkenalan denganmu

はじめまして、エレンといいます、教師をしています、どうぞよろしくお願いします
hajimemashite, eren to iimasu, kyoushi o shite imasu, douzo yoroshiku onegaishimasu
salam kenal nama saya eren, saya sedang bekerja sebagai pengajar/guru. senang berkenalan dengan anda

初めまして、勇気アスナと申します、インドネシアから参りました。日本は初めてなのでまだ何も分かりませんが、宜しくお願いします
hajimemashite, Yuuki Asuna to moushimasu, Indoneshia kara mairimashita. Nihon wa hajimete na no de mada nani mo wakarimasen ga yoroshiku onegaishimasu
Salam kenal, saya adalah Yuuki Asuna dari Indonesia, karna pertama kalinya ke Jepang jadi masih belum mengerti apapun dan mohon kerjasamanya.

Arti harfiah yoroshiku onegaishimasu sendiri adalah "saya mohon dengan baik". Insya Allah nanti akan kita bahas lebih lanjut di postingan tersendiri karna yoroshiku onegaishimasu bukan cuma digunakan saat berkenalan saja. Tunggu aja postingan mengenai yoroshiku onegaishimasu ya^^.

Eh iya, kali aja masih ada yang belum kenal sama saya jadi saya ingin mengenalkan diri juga^^.

初めまして、リーゼュです、本当の名前はミフター・リザ、インドネシアのバンジャルバルに住んでいます^^、どうぞ宜しくお願いします。
Hajimemashite, riizhu desu, hontou no namae wa mifutaa riza, Indoneshia no Banjarbaru ni sunde imasu^^, douzo yoroshiku onegaishimasu.
Salam kenal, saya riizhu, nama asli saya adalah Miftah Riza, tinggal di Banjarbaru, Indonesia. Senang berkenalan dengan sobat^^.

Buku yang direkomendasikan untuk pemula:
Fun Vocabulary for Daily Conversation Bahasa Jepang untuk Pemula (Primasari N. Dewi)
Fun Vocabulary for Daily Conversation Bahasa Jepang untuk Pemula
Penerbit: Indonesia Tera
Sinopsis :
Buku ini akan membantu para pemula yang ingin belajar bahasa Jepang dalam menguasai kosakata bahasa Jepang dengan cara asyik, karena buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan belajar dasar bahasa Jepang melalui pengenalan tulisan, daftar kosakata bahasa Jepang, contoh-contoh kalimat dan percakapannya. Semuanya itu terbagi dalam tema-tema situasional sebanyak 30 unit yang akan sangat mendukung penguasaan bahasa Jepang kalian dalam berbagai situasi. Asyiknya lagi, buku ini dilengkapi dengan pepatah-pepatah Jepang dan info-info menarik tentang keseharian orang-orang Jepang. Selain itu, bentuknya yang mini sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana dan praktis digunakan! Buku ini ditulis oleh Primasar N.Dewi, S.S lulusan S 1 Sastra Jepang UGM (2004-2009). Buku yang pernah ditulisnya di Indonesia Tera antara lain : Panduan Pintar Bahasa jepang, Kamus Kanji Jepang-Indonesia, Lancar Ngobrol Bahasa Jepang Sehari-hari,dan Pintar Bahasa Jepang Super lengkap, dan Ngobrol Asyik Bahasa Jepang Sehar-hari.
30 Hari Belajar Bahasa Jepang dengan Mudah & Lancar(Rostineu)
30 Hari Belajar Bahasa Jepang dengan Mudah & Lancar
Penerbit: Transmedia Pustaka
Sinopsis :
Menguasai bahasa Jepang dalam waktu 30 hari (sebulan) bukanlah hal yang sulit. Buku ini akan membantu Anda belajar bahasa Jepang tanpa bantuan guru dengan jauh lebih mudah. Apalagi di dalamnya disesuaikan dengan materi pembelajaran bahasa Jepang (kurikulum) di tingkat sekolah dan universitas. Jadi, sangat cocok bagi Anda pemula pembelajar bahasa Jepang. Pembahasan di dalamnya pun diangkat dari tema keseharian, yang dilengkapi dengan percakapan, kosakata, tata bahasa, dan pengetahuan mengenai budaya Jepang. Tidak itu saja, untuk memudahkan memahami kanji disertai pula dengan furigana (cara baca dalam huruf hiragana). Sedangkan untuk memudahkan pengucapan, setiap kata dan kalimat dalam bahasa Jepang disertai dengan cara pelafalannya.
Step By Step Belajar: Bahasa Jepang Dasar Dilengkapi Penjelasan Gramatik(Cuk Yuana)
Step By Step Belajar: Bahasa Jepang Dasar (Dilengkapi Penjelasan Gramatik)
Penerbit: Andi
Sinopsis :
Step by Step Bahasa Jepang Dasar adalah buku pelajaran bahasa Jepang dengan konteks Indonesia, dilengkapi penjelasan-penjelasan gramatik dan contoh dengan bahasa yang mudah dipahami, disertai latihan-latihan yang sesuai dengan tingkatannya. Selain itu buku ini juga menyajikan pola-pola kalimat yang disusun sedemikian rupa disesuaikan dengan masing-masing pokok bahasan, dilengkapi dengan daftar kosa kata yang digunakan sehingga mudah untuk dipahami maupun diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini bertujuan untuk membantu khususnya orang Indonesia dalam mempelajari bahasa Jepang tingkat dasar agar mampu memahami dan menerapkan bahasa Jepang dengan cepat dan tepat baik secara otodidak maupun belajar bersama tutor. Buku ini lebih tepat digunakan sebagai sumber materi pengajaran di Pergutuan Tinggi, Lembaga Bimbingan Belajar Bahasa Jepang maupun di sekolah-sekolah formal.
Langsung Lancar Percakapan Sehari-hari Bahasa Jepang (Heny Fitria Puspita Sari)
Langsung Lancar Percakapan Sehari-hari Bahasa Jepang
Penerbit: WahyuMedia
Sinopsis :
Sinopsis:

Biar kita saling mengenal sobat BJB juga perkenalkan dirinya ya lewat komentar, ya itung-itung buat latihan setelah kita belajar sama-sama^^. Oke perlajaran hari ini udah usai. sampai ketemu di lain waktu\(≧∇≦)/ バイバイ.
Cara Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Jepang (自己紹介)
43 komentar

Hajimemashite, Agus Salim to moushimasu. :D

Hajimemashite watashi wa Tiara Yasinta desu. Watashi no namae Tiara desu. Douzou yoroshiku onegaishimasu :)

Hajimemashite, Miftah Riza desu, douzo yoroshiku onegaishimasu^^

Hajimemashite, watashi no namae wa Miftah Riza desu, adana wa riizhu douzo yoroshiku onegaishimasu Tiara-san^^

Hajimemashite, watashi no namae wa joan desu, Indonesia no Jakarta ni sunde imasu. douzo yoroshiku onegaishimasu :3

hajimemashite, hadi to moushimasu.. yoroshiku onegaishimasu

Hajimemashite..
Watashi wa reido desu.
Padang ni sunde imasu.
Douzo yoroshiku onegashimasu :v

Hajimemashite, watashi no namae wa Mufti desu, hontou no namae wa Mufti Robbani desu,
Boyolali ni sunde imasu, demo
ima wa Purwokerto ni sunde imasu, nazenara kogi odayakana :)
douzo yoroshiku onegaishimasu.. ni-san :)

Hajimemashite,
watashi no namae wa Faizal desu
Cilacap ni sunde imasu
Douzo yoroshiku onegashimasu :v (y)

hajimemashite.
watashi wa ferishia to moushimasu.
surabaya ni sunde imasu
senmon koukou ichinensei desu. douzo yoroshiku onegaiitashimasu!
xD smoga benar ! ahahah

moshi-moshi, konbanwa. hajimemashite, watashi wa Rimbi desu. Tangerang kara kimashita. douzo yoroshiku

Hajimemashite... :)
Watashi wa Asep desu.
Cianjur kara kimashita.
Douzo yoroshiku onegaishimasu...

Konbawa mina-san
Hajimemashite, watashi no namae wa Faldi, Tangerang kara kimashita, douzo yoroshiku onegaishimasu

ご挨拶、私の名前はジョンです。よろしくね。
Go aisatsu, watashi no namae wa Jon desu. Yoroshiku ne.

permisi sensei mau tanya nih..saat perkenalan apakah kita wajib memberi tahukan nama lengkap kita atau boleh sekedar nama panggilan.. misal namae wa dimas desu ataukah namae wa dimas muji pangestu? yoroshiku onegaishimasu

Tergantung situasinya, kalau hanya sekedar perkenalan diri sebagai teman maka boleh saja kita menyebutkan nama depan aja atau belakang aja. Kalau situasinya formal, perkenalan diri ke rekan kerja atau semacamnya maka harus memberitahu nama lengkap kita.

Hajimemahite, Azri desu hontou no namae wa Abdul azis Samsuri, Indonesia no Tasikmalaya ni sunde imasu. Douzo yoroshiku.
Kochira koso douzo yoroshiku onegaishimasu.

eey amang rizu ni urng bjb kah , d mana rumah , ku urng bjb jua nah

iya urang banjarbaru jua ulun^^, pian pang rumah dimana?

hajimemashite, watashi wa kayrien meltetha desu. Indoneshia no berastagi-medan ni sunde imasu.
yoroshiku onegaishimasu.
arigatou gozaimasu.

Koniciwa
Hajimasite watasi no namae wa reog desu
Ponorogo kara kimashita
Yoroshiku onegaiaimasu
arigato gozaimazu...ja ne

Kazehaya Shouta? Wewww ituu kimi ni todoke kan?:D

Hajimemashite, namae wa asmin desu, Indoneshia no kendari ni sunde imasu^^, douzo yoroshiku onegaishimasu.
wkwkwkw

ohya gan aku mau nya nih...slain kata watashi kan ada juga.. boku..ore..watastachi.. yang artinya juga saya atau aku...

itu bisa ngak di pakai buat nge gantiin kata watashi saat perkenalkan diri

Ohayo Rizu senpai...
Hajimemashite, indonesia no namae Paulus vransiskus. sikashi, Jepang ni namae Kirito desu, hontou no namae Kirito kazuto.
domo arigatou
yoroshiku onegaeshimasu

Konichiwa nakama

Hajime mashite - Watashi no namaewa Aruudi Muhammad (ren aldi muhaamad )
__Douzou yoroshiku onegaishimasu ( senag berkenalan dengan anda )
Bener gak min
# _Berkenalan diganti kata bertemu gpp toh min

Etto... Nee - chan, Sumimasen...

Hajimemashite,

Watashi o namae wa Shigatsu No Hime desu (hontou ni...?? *hardthink*).
Jakaruta ni sunde imasu.kyoushi o shite imasu.

Anoo... Nee - chan, kochira koso douzo yoroshiku onegaishimasu *bow*

senang berkenalan dengang sobat itu bahasa jepangnya apa y

hajimiashite , watasiwa solikhin desu,indonesia kara khimashitq bekasi ni sunde imasu, douzo yoroshiku oneigashimasu

はじめまして、私の名前はギナです。
スラバヤにすんでいます。
どうぞよろしくおねがいします。

:)

Bayu dese, yorosiku onegai itasimase, :)

hajimemashite, Dilfa Rista desu, chuugakkou ninensei desu, douzo yoroshiku

hajimemashite, Dilfa Rista desu,chuugakkou ninensei desu, douzo yoroshiku

hajimemashite, Yogi desu, MATARAM ni sunde imasu, yoroshiku ne

hajimemashite..cici desu ..bekasi karakimashita

hajimemashite ,watashi wa eko prayoga to moushimasu, douzo eko to yonde kudasai, padang ni sunde imasu, yoroshiku ne..

hajimemashite, watashi wa eko prayoga to moushimasu, douzo eko to yonde kudasai, padang ni sunde imasu, yoroshiku ne..

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise