Kosakata Hari Tanggal dan Bulan dalam Bahasa Jepang

Dipelajaran ini tentu saja kita akan mempelajari atau lebih tepatnya menghafal kosakata-kosakata bahasa Jepang, apa sobat bahasa Jepang bersama sudah pada siap semuanya untuk mempelajari atau menghafal kosakata bahasa Jepang? Sepertinya sudah pada siap deh, mengenai kosakata yang akan kita pelajari kali ini adalah mengenai nama-nama hari dan juga tanggal dan bulan dalam bahasa Jepang^^. check it out!

Pertama-tama kita mulai yang agak mudah dulu yaitu kosakata hari, silahkan disimak nih, dimulai dari hari Minggu:
日曜日=nichiyoubi=hari minggu
月曜日=getsuyoubi=hari senin
火曜日=kayoubi=hari selasa
水曜日=suiyoubi=hari rabu
木曜日=mokuyoubi=hari kamis
金曜日=kinyoubi=hari jum'at
土曜日=doyoubi=hari sabtu

Cukup mudah kan? Hmm kyou wa nanyoubi desu ka?^^. oke next, berikut ini adalah kosakata tentang nama-nama bulan dalam bahasa Jepang mulai dari Januari, ini sih mudah banget menurut saya, soalnya cuma angka trus ditambah gatsu doang^^ :
一月=ichigatsu=Januari
二月=nigatsu=Februari
三月=sangatsu=Maret
四月=shigatsu=April
五月=gogatsu=Mei
六月=rokugatsu=Juni
七月=shichigatsu=Juli
八月=hachigatsu=Agustus
九月=kugatsu=September
十月=juugatsu=Oktober
十一月=juuichigatsu=November
十二月=juunigatsu=Desember

*Kanji angka bisa di ganti dengan Angka aja, misal 9月=kugatsu. nah, cukup mudahkan untuk dihafalkan?^^. sebenarnya ada sih nama bulan versi inreki, tapi mending dihafal yang ini aja dulu deh ya, karena nama bulan kalender inreki susah-susah.

Terakhir kita akan menghafal daftar tanggal dalam bahasa Jepang, lumayan sulit lho, khususnya di 10 tanggal pertama selalu memiliki cara baca irreguler. ini dia nih list kosakata tanggal dalam bahasa Jepang :
一日=tsuitachi=tanggal 1
二日=futsuka=tanggal 2
三日=mikka=tanggal 3
四日=yokka=tanggal 4
五日=itsuka=tanggal 5
六日=muika=tanggal 6
七日=nanoka=tanggal 7
八日=youka=tanggal 8
九日=kokonoka=tanggal 9
十日=tooka=tanggal 10
十一日=juuichinichi=tanggal 11
十二日=juuninichi=tanggal 12
十三日=juusannichi=tanggal 13
十四日=juuyokka=tanggal 14
十五日=juugonichi=tanggal 15
十六日=juurokunichi=tanggal 16
十七日=juunananichi=tanggal 17
十八日=juuhachinichi=tanggal 18
十九日=juukyuunichi=tanggal 19
二十日=hatsuka=tanggal 20
二十一日=nijuuichinichi=tanggal 21
二十二日=nijuuninichi=tanggal 22
二十三日=nijuusannichi=tanggal 23
二十四日=nijuuyokka=tanggal 24
二十五日=nijuugonichi=tanggal 25
二十六日=nijuurokunichi=tanggal 26
二十七日=nijuunananichi=tanggal 27
二十八日=nijuuhachinichi=tanggal 28
二十九日=nijuukyuunichi=tanggal 29
三十日=sanjuunichi=tanggal 30
三十一日=sanjuuichinichi=tanggal 31

*sama seperti bulan di atas, tanggal juga bisa di ganti (bahkan lebih sering) dengan menggunakan angka langsung. jika memakai kanji biasanya pada tulisan tategaki(tulisan dari atas ke bawah)


Lumayan sulit kan? Khususnya di 10 tanggal pertama, dan juga ada pengecualian di tanggal 14, 20 dan 24^^. untuk menyatakan tanggal, bulan, tahun dalam bahasa Jepang formatnya adalah tahun disebutkan duluan setelah itu bulan baru terakhir tanggal dan hari. Contoh hari ini itu ditulis 2014年6月10日(火)=nisenjuuyonnen rokugatsu tooka kayoubi=tahun 2014, bulan juni, tanggal 10, hari selasa. ok hari ini sampai di sini dulu ya. semoga cepet hafal ya. mata aou ne.
Kosakata Hari Tanggal dan Bulan dalam Bahasa Jepang
3 komentar

sumimasen, sedikit koreksi, hehe..
kalau tanggal 24=nijuuyokka sudah benar, yg 14 juga diberi pengecualian, jadi 14=juuyokka #CMIIW

terima kasih atas infonya^^, sekarang sudah diperbaiki

haloo,

mau tanya nih. bagaimana cara penulisan untuk hari ke xxx

Misalnya "ini adalah hari ke 40"

terimakasih~

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner