Menanyakan dan Menyatakan Waktu dalam Bahasa Jepang (時間) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Menanyakan dan Menyatakan Waktu dalam Bahasa Jepang (時間) | Belajar Bahasa Jepang Bersama
Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Menanyakan dan Menyatakan Waktu dalam Bahasa Jepang (時間)

Mina-san konbanwa^^, ima nanji desu ka? Tau nggak arti kata bahasa Jepang yang barusan Riizhu ucapin apa? Pasti sudah pada tahu kayaknya dan sepertinya ada juga yang masih nggak tahu, tapi tenang aja kok, buat yang nggak tahu, karena sebentar lagi kamu akan tahu dan mengerti juga jika kamu mengikuti dan menyimak pelajaran yang akan kita pelajari malam ini.

Pelajaran malam ini adalah pelajaran tentang bagaimana caranya menanyakan waktu atau memberitahukan waktu (jam) dalam bahasa Jepang, tentu saja pelajaran ini sangatlah penting, karena dalam keseharian kita pasti selalu melihat yang namanya jam^^ baik jam dinding di rumah, jam tangan, jam di HP, di PC dan lain-lainnya♡(Ξ◕◡◕Ξ)♡. 

Menanyakan dan Menyatakan Waktu dalam Bahasa Jepang

Kita mulai dengan menghafal kosakata Jam mulai dari jam 1 hingga 12, gampang kok, tinggal tambahkan angka aja sebelum kata ji (ji berarti jam). berikut inilah kosakatanya
1時 : ichiji : Jam 1
2時 : niji : Jam 2
3時 : sanji : Jam 3
4時 : yoji : Jam 4
5時 : goji : Jam 5
6時 : rokuji : Jam 6
7時 : shichiji : Jam 7
8時 : hachiji : Jam 8
9時 : kuji : Jam 9
10時 : juuji : Jam 10
11時 : juuichiji : Jam 11
12時 : juuniji : Jam 12
※Perhatikan bahwa jam 4, 7 dan 9 adalah pengecualian (tidak dibaca berdasarkan sebutan angkanya)
※Angka yang menandakan jam juga dapat diganti dengan Kanji, contoh 9時 : kuji bisa ditulis juga dengan 九時

Dan tentu saja supaya lebih jelas dan tepat kita pasti sering menyebutkan juga menit-menitnya kan, agak sedikit sulit sih dalam menyebutkan menit ketimbang jam bagi yang belum terbiasa karena kata 分(fun : yang berarti menit) terkadang pengucapannya berubah jadi pun di beberapa angka khusus, dan berikut adalah kosakata untuk menit:
1分 : ippun : 1 menit
2分 : nifun : 2 menit
3分 : sanpun : 3 menit
4分 : yonpun : 4 menit
5分 : gofun : 5 menit
6分 : roppun : 6 menit
7分 : nanafun : 7 menit
8分 : happun : 8 menit
9分 : kyuufun : 9 menit
10分 : juppun/jippun : 10 menit
11分 : juuippun : 11 menit
20分 : nijuppun/nijippun : 20 menit
60分 : rokujuppun/rokujippun : 60 menit
※Perhatikan pengecualian fun dan pun^^ dihafal ya 
※Juppun juga dapat dibaca Jippun

Nah bagaimana dengan detiknya? Apa perlu disebutin juga?^^ kayaknya nggak perlu dulu ya, karena jarang juga disebutin detiknya saat memberitahukan Jam, kalau dibagi di sini juga nanti bisa panas otak ya(=ↀωↀ=)✧.

Oke, kosakatanya sudah dihafal, berikutnya kita akan mempelajarinya dengan contoh kalimat, sip mari kita mulai :

Orang Jepang biasanya menanyakan jam dengan kata "ima nanji" : "jam berapa", atau versi sopannya yaitu "sumimasen, ima nanji desu ka" : "maaf, sekarang jam berapa ya?". Kalau jam sekarang misalnya segini 8:10 nah gimana menyebutkannya? Adakah dari sobat BJB yang bisa menyebutkan angkanya dalam bahasa Jepang? Jawabannya di bawah ini.
今何時ですか
Ima nanji desu ka
Sekarang jam berapa
今、8時10分です
Ima, hachiji juppun desu
Sekarang jam delapan lewat sepuluh menit
Next, 12:12 ayo gimana bahasa Jepangnya? Yups, "juuniji juunifun", nah lalu bagaimana kalau jam 14:20? Juuyoji nijuppun? Yups, benar sih, tapi orang Jepang jarang menggunakan format 24 jam, orang Jepang hanya menggunakan format 12 Jam yang dibagi dua, 12 jam pertama (tengah malam hingga siang) disebut gozen (午前) dan 12 jam kedua (siang hingga malam) disebut gogo (午後), sama seperti halnya format A.M dan P.M guys. Namun bedanya kata ini diletakkan di awal. Contoh: 
5:40 = 午前5時40分 : gozen goji yonjuppun : jam 5 lewat 40 pagi
17:40 = 午後5時40分 : gogo goji yonjuppun : jam 5 lewat 40 sore

Nah, sudah bisa kan sekarang cara menyebutkan jam dalam bahasa Jepang? Pastinya sudah bisa dong? Dan inilah beberapa kosakata pelengkap untuk pelajaran menanyakan waktu kali ini:

前 (mae) : mae berarti "di depan/sebelum" namun dalam menanyakan waktu, mae ini memiliki arti "kurang". biar lebih mengerti lihatlah contoh berikut ini:
3:55 = 4時5分前 : yoji gofun mae : jam 4 kurang 5 menit
4:56 = 5時4分前 : goji yonpun mae : jam 5 kurang 4 menit

半 (han) : han berarti "setengah", ini bisa digunakan untuk menyatakan waktu yang sudah lewat 30 menit. Contoh:
5:30 = 5時半 : goji han : jam setengah 6 / jam 5 lewat setengah jam
7:30 = 7時半 : shichiji han : jam setengah 8 / jam 7 lewat setengah jam
9:30 = 9時半 : kuji han : jam setengah 10 / jam 9 lewat setengah jam
Nah, gimana sobat BJB? Sudah bisa semua kan? Oke kalau sudah bisa kita sudahi dulu deh pelajaran kali ini ya^^ jaa mata ne v(≧∇≦)v, oh iya nih, biar memastikan kalau sudah beneran bisa, sobat boleh tes sendiri dengan cara menjawab soal-soal ini, tulis ke dalam bahasa Jepangnya:
1時23分 = .................................
2時20分 = .................................
3時30分 = .................................
7時59分 = .................................
9時30分 = .................................
10時5分 = .................................
6時15分 = .................................
8時54分 = .................................
3時50分 = .................................
4時4分 = .................................

4 komentar:

  1. maksudnya " 4, 7 dan 9 adalah pengecualian" pengecualian apanya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengecualian cara bacanya kak. Tidak sesuai seperti cara baca angkanya. misal 4 kan dibaca yon tapi kalau menyebut jam itu cuma yoji (tidak ada n nya). 7 itu shichi (tidak bisa dibaca nana) dan 9 itu kuji (jadi bukan kyuuji).

      Hapus
  2. yg 17:40 memang jdinya "gogo goji juuppun" ? bukan yonjuuppun?tolong pencerahan nya sensei

    BalasHapus
    Balasan
    1. gogo goji yonjuppun kak. Maaf ada typo tapi sekarang sudah diperbaiki

      Hapus