Aplikasi Menulis Huruf Jepang untuk HP Symbian

こんにちは、皆さん ∠( ̄◇ ̄)/お元気ですか? hehe, selamat siang sobat semua gimana kabarnya nih?^^ semoga baik-baik aja ya, sobat punya hp jadul ber OS symbian s60? Terus mau menambah font bahasa Jepang dan ingin menulis huruf Jepang di hape sobat? Maka sobat berada di postingan yang benar, sebentar lagi hp sobat akan bisa menulis tulisan bahasa Jepang seperti tulisan di paling awal atas itu tadi hehe^^, mumpung riizhu baik hati nih riizhu kasih aplikasi plus tutorial pemasangannya ya, check this out.

Aplikasi ini bernama +J for s60 yang riizhu dapet 2 tahun yang lalu di blognya Ahariadi karna saking lamanya riizhu lupa alamat blognya^^, apa saja yang bisa dilakukan aplikasi ini tentu saja bisa menulis huruf Jepang di hp (Kanji maupun Kana) terus aplikasinya juga tidak terlalu besar, cuma sekitar 1MBan saja sobat, mau tau bagaimana cara menggunakannya dan menyetingnya? Langsung aja yuk liat tutorialnya^^ :

Silahkan download dulu aplikasinya di sini.

Note: akan lebih bagus jika hpmu sudah dalam keadaan hacked. karena riizhu cobanya di hp E63 hacked. untuk bagaimana cara menghack hp symbian sobat silahkan tanya yang lebih tau saja yaitu mbah Google, eh yang lebih muda maksudnya, walau sering dipanggil mbah tapi mbah Google itu masih muda lho..

Jika sudah selesai di-download silahkan di-instal dulu aplikasinya, setelah diinstal coba buka aplikasinya (letaknya ada di folder paling bawah berwarna biru, dan bernama "+J for S60") buka aplikasi yang gambarnya jamur hijau.

pilih FEP valid lalu ganti FEP standard jadi Pine Matutake
+J for S60 1

Selamat deh XDD hape Anda sekarang bisa menulis huruf bahasa Jepang, バンザイ (☆∇☆)/, tapi biasanya banyak yang kurang mengerti bagaimana cara menyetingnya dan menyesuaikan ke hp jenis qwerty, sini riizhu ajarin cara menggunakannya:

Cara settingnya yaitu :

1. Masuk dulu ke sms/catatan dll (yg penting bisa ngetik)

2. Tekan dan tahan symbol #(sampai muncul pilihan)
+j for S60 2

3. Setelah muncul PILIHAN, pilihlah 設定(settei) artinya setting letaknya ada di baris ke-4 lalu pilih 環境設定(kankyou settei) pokonya tekan aja ENTER 2x.
+j for S60 3

4. Tinggal setting deh seperti ini, tekan dulu PILIHAN → EDIT terus pada 入力方式  pilih ローマ字入力(untuk hp qwerty) kalau hp kamu bukan qwerty pilih yg 5タッチ入力=input 5 touch / 2タッチ入力=input 2 touch
+j for S60 4

5. Terakhir yang perlu diubah adalah pada 初期入力モード(shoki nyuuryoku moodo=huruf pertama saat kita ngetik) karena kita lebih sering menggunakan ROMAJI ketimbang HIRAGANA jadi edit dan ganti jadi 半角英数(hankaku eisuu=half romaji)^^
+j for S60 5

CONGRATULATIONS!: sekarang hp jadul sobat nggak kalah keren sama para smartphone dan sobat bisa menulis tulisan bahasa Jepang di hape sobat dan bisa nyamar jadi orang Jepang deh XDD, dan inilah yang perlu dihafal agar lebih mudah menggunakannya :

ctrl+M = PILIHAN
ctrl+K = input hiragana
ctrl+P = input katakana
ctrl+O = input half katakana
ctrl+L = input halt romaji
ctrl+U = input full romaji.
ctrl+I = symbol

OH iya hampir lupa aplikasinya masih trial dan akan habis dalam tempo 1 bulan tapi tenang saja buat yang ingin jadiin full version silahkan tinggal masukan code yang ada di aplikasinya buka catatan → serial.txt dan masukin code yang di dalam situ ke dalam registrasi aplikasinya^^ dan beres deh.

OK, cukup segitu saja yang mau riizhu share, semoga bisa bermanfaat. じゃあ、また会おうね^^ jika ingin bertanya silahkan, itsude mo ii yo.
Aplikasi Menulis Huruf Jepang untuk HP Symbian

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise