Tentang Kata Sifat dalam Bahasa Jepang dan Konjugasinya

Mina-san, nigiyaka janai burogu ni youkoso^^ selamat datang di blog yang nggak ramai ini, kenapa kata nigiyaka janai (tidak ramai) riizhu kasih warna merah? Karena kata nigiyaka janai (tidak ramai) itu termasuk kata sifat dan hari ini kita akan mengulas semua tentang kata sifat baik itu kata sifat-i ataupun kata sifat-na.

Kata sifat dalam bahasa Jepang disebut keiyoushi (形容詞) dan keiyoushi ini terbagi kepada dua golongan yaitu i-keiyoushi(kata sifat-i) dan na-keiyoushi(kata sifat-na). Pertama-tama kita akan bahas tentang na-keiyoushi dulu ya, setujuh? Jaa keiyoushi o naraimashou!.

1. Kata sifat-na : kenapa disebut kata sifat-na? Karena dia membutuhkan な(na) untuk memodif/digabung dengan nomina (kata benda) misal : 有名な人(yuumei na hito)=orang yang terkenal. Yang mana yang kata sifat-na ayo tebak? Dan tunjuk pake mouse *gaya tebakan ala dora the explorer, yupp benar, yaitu kata 有名(yuumei)=terkenal nah perhatikan kata yuumei kalau digabungkan dengan nomina (kata benda) harus memerlukan な, contoh : 有名ブログ(yuumei na burogu)=blog yang terkenal, 静かブログ(shizuka na burogu)=blog yang sepi, ハンサムリズ(hansamu na rizu)=riizhu yang ganteng, haha contoh kalimat yang terakhir ngeksis banget ya(=ↀωↀ=)✧ jadi udah tau kan kenapa disebut na-keiyoushi.

Berikutnya kita akan belajar konjugasi-konjugasinya pertama kita belajar cara mengubah kata sifat-na kebentuk negatifnya, caranya mudah bingiiiiittt, kamu cukup tambahkan じゃない(janai) di akhir kata sifat-na nya, ini sama seperti halnya konjugasi nomina yang telah kita pelajari di postingan sebelumnya contoh : きれい(kirei)=cantik menjadi → きれい じゃない(kirei janai)=tidak cantik. 大切(taisetsu)=penting → 大切じゃない(taisetsu janai)=tidak penting. ada cara yang lainnya lagi untuk menjadikan na-adjective atau nomina ke dalam bentuk negatif, ini adalah negatif versi sopannya yaitu :
きれい(kirei)→きれいじゃ/ではありません(kirei ja/dewa arimasen), 有名(yuumei)→有名じゃ/ではありません (yuumei ja/dewa arimasen), yang ini agak panjang ya hehe.

Berikutnya kita belajar cara mengubahnya ke bentuk lampau guys, ini juga gampang bingiiit juga kok, kamu tinggal tambahkan kata だった(datta) di akhir kata sifat-na nya, contoh : 好き(suki)=suka好きだった(suki datta)=tlh suka dan untuk konjugasi negatif lampaunya tinggal tambahkan じゃなかった(janakatta)di akhir kata sifat-na nya. Contoh : 好き(suki)好きじゃなかった (suki janakatta), atau versi sopannya yaitu 好きじゃ/ではありませんでした wah ini lebih panjang lagi ya, udah kayak kereta api aja nih ckck.

Nah gampang kan udah bisa dong mengkonjugasiin kata sifat-na, Oke, next kita bahas kata sifat-i

2. kata sifat-i : kata sifat-i yaitu kata sifat yang di akhirnya ada huruf い(i) misalnya : おいしい(oishii)=enak, 美しい(utsukushii)=indah, 白い(shiroi)=putih, 赤い(akai)=merah, 青い(aoi)=biru, perhatikan=.=a semuanya ada huruf い di akhirnya bukan? lha, trus kirei dan yuumei kan juga ada huruf i di akhirnya? nah itu dia kalau cuma dilihat dari romajinya aja sih nggak keliatan, tapi kalau dilihat dari tulisan japanesenya maka akan kelihatan di dalam kata yuumei dan kirei itu tidak ada huruf hiragana い(i) begitulah ciri-ciri dari kata sifat-i yaitu kata sifat yang berakhiran huruf い(i) hiragana. kalau udah ngeh dengan ciri-cirinya berikutnya kita belajar mengkonjugasikannya ke bentuk negatif, lampau dan negatif lampaunya.

Untuk mengubah kebentuk negatif kamu cukup buang huruf い dan tambahkan くない. contoh : おいしい(oishii)→ おいしくない(oishikunai)=tidak enak, 赤い(akai) → 赤くない (akakunai)=tidak merah. Cara mengubah kata sifat-i ke bentuk lampaunya ialah dengan cara membuang huruf  い di akhir kata sifat-i nya lalu tambahkan かった(katta) おいしい(oishii) → おいしかった(oishikatta)=telah enak, 赤い(akai)=merah → 赤かった(akakatta)=telah merah.

Dan terakhir mengubahnya ke bentuk negatif lampau yaitu ubah dulu ke bentuk negatif, lalu yang negatifnya kita ubah ke lampaunya contohnya seperti ini : おいしい(oishii) → おいしくない(oishikunai)→おいしくなかった(oishikunakatta).

Hmm gimana? Mudah bukan? Oh iya, ada 2 kata sifat-i yang beda konjugasinya, yaitu いい(ii)=bagus dan 格好いい(kakkouii)=keren, untuk いい(ii) bentuk negatifnya adalah よくない(yokunai) bukan ikunai ya^^, karena sebenarnya いい itu pada asalnya adalah よい(yoi), bentuk lampaunya yokatta, terus negatif lampaunya yokunakatta, untuk kakkouii negatifnya jadi kakkouyokunai, lampaunya kakkouyokatta, negatif lampaunya kakkouyokunakatta. intinya semua konjugasinya turunan dari yoi bukan dari ii.

Selamat dengan menghafal semua ini, berarti kamu udah bisa menkonjugasiin nomina, na-adjective dan i-adjective ke bentuk positif/lampau/negatif/negatif lampau.

Ini deh riizhu kasih kesimpulannya, mudah-mudahan diberi kemudahan untuk memahaminya^^ aamiin.
Konjugasi Kata Sifat Bahasa Jepang
positif negatif lampau negatif lampau
kirei kirei janai kirei datta kirei janakatta
shiroi shirokunai shirokatta shirokunakatta
*biru adalah konjugasi kata sifat-na
*merah adalah konjugasi kata sifat-i
Jangan lupa dihafal juga kosakata-kosakatanya baca di sini daftar kosakata kata sifat-i dan daftar kosakata kata sifat-na soalnya percuma saja bisa konjugasinya tanpa hafal kosakatanya kan?^^.
Tentang Kata Sifat dalam Bahasa Jepang dan Konjugasinya
7 komentar

saya mau tanya, kenapa suki datta artinya tlah suka. kenapa artinya bukan dulu suka? sedangkan di postingan sebelumnya yang tentang konjugasi kata benda, kodomo datta artinya dulu anak-anak..
Arigatou sebelumnya, postingannya sangat membantu :)

karna didalam bahasa indonesia tidak ada perubahan tense masa lampau jadi untuk menggunakan kata keterangan waktu dulu/telah, kata apa yang dipakai tergantung situasinya dan keadaannya.

Min, kalau kata sifat bisa diubah ke bentuk te?

bisa menjadi bentuk ~kute, misal shiroi menjadi shirokute, samui menjadi samukute, atarashii menjadi atarashikute. Tinggal ubah akhiran i menjadi kute.

Min, boleh tanya lagi? Kata sifat na bisa ya diubah ke bentuk te juga?

Untuk membuat kata sifatnya menjadi bentuk te, cukup gampang, tinggal tambahkan で (de) setelahnya. Seperti: kirei de, yuumei de, zankoku de dll.

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner