Jenis-jenis Soal JLPT N5 dan Tips Cara Menjawabnya | Belajar Bahasa Jepang Bersama Jenis-jenis Soal JLPT N5 dan Tips Cara Menjawabnya | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Jenis-jenis Soal JLPT N5 dan Tips Cara Menjawabnya

N5 adalah level terendah dan termudah dalam ujian JLPT (Japanese Language Proficiency Test). Biasanya di level ini topiknya masih berisi hal-hal tentang rutinitas sehari-hari dan kotoba-kotoba yang dipakai di ruang kelas saja.

Spesifikasi Kemampuan Level JLPT N5

  • Menguasai Kanji sekitar : 100 huruf
  • Menguasai kosakata sekitar : 800 kata
  • Reading: Mampu membaca dan memahami kalimat sederhana jika ditulis dengan hiragana, katakana dan kanji yang sangat dasar.
  • Listening: Mampu memahami kalimat pendek tertentu yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan di ruang kelas yang diucapkan lambat/perlahan.
Mulai dari awal hingga bisa lulus N5 dibutuhkan waktu sekitar 3 - 6 bulan dengan durasi belajar rata-rata 1 - 2 jam perhari untuk bisa setara level N5.

Jika sobat BJB merasa kemampuan bahasa Jepangnya kira-kira sudah seperti spesifikasi di atas berarti kalian sudah setara dan siap menghadapi ujian JLPT level N5. Berikut ini saya akan mengulas tuntas tentang jenis-jenis soal di JLPT N5, dan tentu saja juga disertai dengan tips dan trik cara menjawabnya agar kalian semua bisa goukaku (lulus).

Sesi Dalam JLPT N5

Ujian level N5 dibagi menjadi tiga sesi yakni Moji-goi, Bunpou-dokkai dan Choukai. Mari kita ulas satu persatu di sini ya. Sobat BJB juga bisa menonton penjelasan versi videonya di bawah ini.

Jenis Soal N5 di Sesi Moji-Goi

Di sesi gengo chishiki (moji-goi) ini menguji kemampuan hafalan huruf dan kosakata bahasa Jepang kita. Di sesi ini batas waktunya adalah 20 menit saja. Singkat tapi soal-soalnya juga tidak membutuhkan waktu banyak buat berpikir jadi waktu segitu cukuplah buat mengerjakannya. Di sesi ini terdapat 4 jenis soal, 2 jenis soal pertama menguji kemampuan huruf dan 2 jenis soal terakhir menguji kemampuan kosakata. Berikut adalah rinciannya.

1. Mondai 1 Moji-goi (Kanji Reading / Kanjiyomi)

Sesuai dengan namanya, pada jenis soal ini kita menjawab cara baca dari kata yang digaris bawahi pada suatu kalimat. Berikut adalah contoh soalnya.

Kanji Reading / Kanjiyomi

Tips dan cara menjawabnya adalah kita hanya perlu fokus kepada kata yang digaris bawahi saja. Tidak ada tips atau trik tertentu di sini, jadi semuanya murni menguji perbendaharaan kanji dan kosakata saja tapi kalau kemampuan bahasa Jepangmu memang sesuai dengan spesifikasi yang disebutkan di atas biasanya soal-soal ini tidak menjadi suatu kesulitan. Apalagi semua soalnya berupa pilihan ganda jadi setidaknya kita bisa memiliki gambaran kemungkinan-kemungkan soal yang sudah pasti salah.

So, di sini kamu bisa menganggapnya sebagai soal-soal pemanasan saja. Tidak perlu terlalu banyak mikir-mikir, langsung ini saja jawab kalau kamu sudah yakin jawabannya.

2. Mondai 2 Moji-goi (Orthograpy / Hyouki)

Jenis soal kedua di sesi moji-goi bernama orthography (表記), Bisa dikatakan jenis soal ini kebalikan dari jenis soal yang pertama. Di sini kita menjawab dengan pilihan kanji / katakana yang tepat dari suatu kata yang digaris bawahi. Berikut adalah contoh soalnya.

Orthography / Hyouki

Sama seperti di jenis soal pertama, tidak ada tips atau trik khusus pada jenis soal ini. Cukup fokus pada kata yang digaris bawahi lalu pilihlah kanji / hiragana yang tepat untuk mewakili kata tersebut.

3. Mondai 3 Moji-goi (Contextually-defined Expression / Bunmyaku Kitei)

Dua jenis soal sebelumnya menguji hafalan moji (huruf), untuk jenis soal ke-3 dan ke-4 ini menguji hafalan goi (kosakata). Pada mondai 3 ini kita akan melengkapi sebuah kalimat dengan memilih kosakata yang tepat agar sesuai dengan konteks kalimatnya.

Pada level N5 untuk jenis soal ini, biasanya cukup gampang, karena pilihan kosakatanya sangat jelas sekali, intinya sih asalkan kalian mengetahui arti dari kosakatanya pasti akan bisa menjawabnya. Jadi, di sini juga tidak ada tips dan trik tertentu, semuanya murni menguji perbendaharaan kosakata kalian. Berikut adalah contoh soalnya.

Contextually-defined Expression / Bunmyaku Kitei

4. Mondai 4 Moji-goi (Paraphrases / Iikae Ruigo)

Pada jenis soal keempat ini tentang memilih sinonim dari suatu kata atau kalimat. Jadi, di sini tugas kita adalam memilih kalimat yang tepat yang memilik makna yang paling mirip / sesuai dengan kalimat soalnya. Btw, biasanya pada satu kalimat yang diganti hanya satu kata saja lho. Seperti contoh soal berikut ini.

Paraphrases / Iikae Ruigo

Jenis Soal N5 di Sesi Bunpou-Dokkai

Di sesi ini sudah mudah berisi soal-soal yang cukup sulit karena sudah mulai menguji kemampuan tata bahasa (bunpou) dan pemahaman dalam membaca text bahasa Jepang (dokkai). Di level N5 pada sesi ini berisi 6 jenis soal, 3 jenis soal pertama berisi soal yang menguji kemampuan tata bahasa dan 3 jenis soal terakhir akan menguji kemampuan pemahanan kita dalam membaca text bahasa Jepang. Batas waktu di sesi ini adalah 40 menit.

1. Mondai 1 Bunpou-dokkai (Selecting Grammar Form /Bunpou Keishiki Handan)

Jenis soal yang bisa dikatakan paling mudah di sesi ini. Kurang lebih sama dengan mondai 3 sih, bedanya kalau di mondai 3 kan kita memilih kosakatanya, di sini kita memilih tata bahasa yang tepat untuk melengkapi kalimat agar sesuai dengan konteksnya. Terkadang di sini juga berisi soal memilih partikel yang tepat untuk melengkapi suatu kalimat. Berikut ini adalah contoh soalnya.

Selecting Grammar Form /Bunpou Keishiki Handan

2. Mondai 2 Bunpou-dokkai (Sentence Composition / Bun no Kumitate)

Pada jenis soal ini sebelum menjawab pertanyaannya kita diharusnya untuk menyusun dan merangkainya dahulu menjadi sebuah kalimat yang utuh dari pilihan-pilihan jawaban yang tersedia. Setelah itu, baru kita memilih kata apa yang letaknya berada di simbol bintang (☆). Berikut ini contoh soalnya.

Sentence Composition / Bun no Kumitate

Jenis soal ini terkadang membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk merangkainya menjadi kalimat utuh dan benar secara gramatika dan maknanya. Tipsnya sih,  biasanya yang paling mudahnya fokus mencari kata yang posisinya paling awal atau yang paling belakang dulu, karena biasanya di kedua posisi itulah yang paling mudah menebak susunan katanya, yang pasti jangan lupa sambil memikirkan (membayangkan) arti kalimatnya juga, ya.

3. Mondai 3 Bunpou-dokkai (Text Grammar / Bunshou no Bunpou)

Jenis soal ini agak mirip dengan soal dokkai (reading) tapi ini masih bunpou (grammar), lho. Di jenis soal ini berisi soal-soal tata bahasa yang ada di dalam text yang cukup panjang. Biasanya dalam satu text tersebut berisi 3 sampai 5 soal bunpou. Cara menjawabnya sebenarnya kita hanya perlu membaca paragraf demi paragraf saja kok (walau kadang ada soal yang mengharuskan kita untuk membaca paragraf selanjutnya juga sih). Jadi, sebenarnya kurang lebih sama seperti jenis soal Bunpou-dokkai yang pertama juga. Hanya saja di sini kadang soalnya berisi kata sambung, yang mana untuk mengetahui jawabannya mengharuskan kita membaca sebanyak 2 paragraf.

4. Mondai 4 Bunpou-dokkai (Short Passages / Tanbun)

Mondai 4 ini sudah mulai memasuki kategori soal dokkai, di jenis ini akan menguji pemahaman kita pada text bacaan yang singkat kurang lebih 80 karakter. Untuk N5 biasanya terbatas hanya di topik-topik tentang pembelajaran (di kelas/sekolah), pekerjaan dan kehidupan sehari-hari saja.

Tips mengerjakan dokkai yang cukup ampuh agar kita tidak terlalu banyak membaca ulang textnya adalah dengan cara membaca dan memahami apa yang ditanyakan terlebih dahulu. Jadi, dalam mengerjakan soal-soal dokkai, sebaiknya kita baca dahulu pertanyaannya sebelum mulai membaca textnya. Jadi saat membaca textnya kita tidak harus mengingat dan memahami seluruh isi textnya, tapi kita hanya perlu fokus mencari jawabannya saja.

5. Mondai 5 Bunpou-dokkai (Mid-size Passages / Chuubun)

Kurang lebih masih sama dengan dokkai di atas, bedanya di sini text bacaannya sedikit lebih panjang, kurang lebih berisi 250 karakter. Topiknya juga masih seputaran yang disebutkan di atas dan tips dokkainya juga berlaku untuk mondai ini.

6. Mondai 6 Bunpou-dokkai (Information Retrieval / Jouhou Kensa)

Jenis soal terakhir yang ada di ujian JLPT level N5 adalah information retrieval atau pencarian informasi. Ini termasuk jenis soal yang agak rumit dan membutuhkan waktu untuk menemukan jawabannya. Biasanya hanya berisi satu soal saja, soalnya biasanya menguji kita untuk menemukan info penting dari suatu pengumuman / daftar tertentu yang sesuai dengan keinginan penulis / sesuai dengan pertanyaan. Tips menjawabnya masih sama seperti sebelumnya, yakni pahami dulu apa yang menjadi pertanyaannya. Kemudian sedikit demi sedikit kecilkan ruang informasinya sampai sesuai dengan apa yang kita cari/butuhkan dengan cara membuang info-info yang memang sudah pasti salah/tidak dibutuhkan. Lalukan terus pengecilan infonya sampai kita menemukan jawabannya.

Dan akhirnya kita menyelesaikan sesi Bunpou-dokkai. Oh, iya tips tambahan nih yang tentunya sangat penting juga. Yakni tentang management waktu. Di sesi ini batas waktunya hanya 40 menit dan terdapat banyak soal yang membutuhkan waktu lama untuk membaca dan mencari jawabannya. Jadi, pastikan jangan membuang-buang waktu ya guys, jangan sampai kamu kebanyakan memikirkan suatu jawaban tanpa ada progress ya, kalau memang ada pertanyaan yang sama sekali tak kamu ketahui jawabannya dan tak ada petunjuk di pilihan jawabannya maka daripada bengong memikirkan jawabannya lebih baik dilewatin dulu soalnya dan lanjutkan menjawab soal berikutnya saja agar waktu kita lebih efisien. Kalau nanti ada waktu tersisa baru kita lanjutkan lagi menjawab soal-soal yang kita lewatkan tadi.

Jenis Soal N5 di Sesi Choukai

Sesi choukai (listening), sesi yang sebenarnya cukup mudah tapi tak sedikit juga yang merasa kesulitan di sesi ini. Biasanya sih penyebabnya bukan karena tidak bisa menangkap percakapannya tapi kebanyakannya dikarenakan sedikitnya perbendaharaan kata yang dimiliki peserta N5 yang membuatnya tak mengetahui arti kata yang didengar sehingga menyebabkan tak bisa juga menjawab pertanyaannya. Jadi kunci di choukai level N5 ini adalah perbanyak saja menghafal kosakata dasar yang sering menjadi topik untuk level N5, seperti kosakata di kelas, kosakata sehari-hari, salam dan ungkapan umum dan kosakata umum lainnya. Selain dari itu, tipsnya cukup tingkatin fokusnya saja. Sesi choukai N5 ini berisi 4 jenis soal, berikut ini ulasannya. Sesi choukai untuk N5 berdurasi kurang lebih 30 menit.

1. Mondai 1 Choukai (Task-based Comprehension / Kadai Rikai)

Mondai ini berisi soal yang menguji kemampuan untuk mengekstrak informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah tertentu dan memahami tindakan yang tepat untuk diambil. Jadi biasanya soal-soal berupa apa yang dilakukan si onna no hito atau otoko no hito setelah ini, atau ke mana tujuan dia perginya dan sebagainya.

Tips menjawab soal-soal choukai itu yang pertama pastikan kita mendengarkan dan menangkap penjelasan dan juga pertanyaannya. Setelah itu fokuslah mendengarkan isi percakapannya sambil fokus mencari jawabannya. Ingat ya, fokus mencari jawabannya saja tidak perlu harus memahami seluruh isi percakapannya. Sembari mendengarkan, arahkan pandangan kita ke pilihan jawabannya. Karena kita diperbolehkan untuk mencoret-coret lembar soalnya jadi di sini kita bisa sambil memberi tanda jawaban-jawaban yang sudah pasti salah atau yang berkemungkinan akan kita pilih. Kalau saya pribadi biasanya lebih menandai jawaban-jawaban yang menurutku pasti salah dulu untuk mengecilkan pilihan jawabanku. Kalau sudah menemukan jawabannya sebaiknya langsung saja kita bulatin jawaban kita. Pastikan jangan terlalu lama membulatin jawabannya, ya. Harus selesai dalam waktu 2-4 detik saja. Kalau sudah ada bunyi "ting tong" itu berarti tanda kita untuk balik arahkan pandangan ke soal berikutnya dan telinga fokus mendengarkan percakapannya lagi. Intinya sih, jangan panik, buang segala pikiran yang tak perlu dan "shuuchuu suru" saja, fokus saja.

2. Mondai 2 Choukai (Comprehension of Key Points / Pointo Rikai)

Jenis soal kedua di sesi choukai yaitu comprehension of key points, soal-soal di sini akan menguji kemampuan untuk mempersempit poin berdasarkan informasi penting yang disajikan sebelumnya. Cara menjawabnya kurang lebih sama dengan jenis soal di atas. Pertama-tama dengarkan dulu penjelasan dan pertanyaannya lalu fokuslah dengarkan percakapannya sembari pandangan ke arah lembar soal. Kalian juga bisa menggunakan trik menandakan jawaban-jawaban yang kalian anggap sudah pasti salah untuk mempersempit pilihan jawaban.

3. Mondai 3 Choukai (Verbal Expression / Hatsuwa Hyougen)

Jenis soal yang hanya ada di level N5 dan N4. Jenis soal ini sebenarnya gampang saja, karena percakapannya sangat singkat. Intinya sih, di soal ini kita memilih jawaban yang paling tepat yang akan diucapkan oleh orang yang ditandai anak panah. Jadi, di soal ini terdapat suatu gambar yang di dalamnya terdapat seseorang yang ditandai dengan anak panah. Tugas kita adalah menjawab kata/ungkapan apa yang tepat yang harus diucapkan orang yang ditandai panah tersebut. Di jenis ini soal-soalnya sangat singkat jadi pastikan kalian meningkatkan tingkat fokus kalian ya, satu kata saja terlewat bisa membuat kita tidak bisa menjawab soalnya. Btw, di jenis soal ini pilihan jawabannya hanya tiga saja lho. Jadi bisa dikatakan lebih mudah.

4. Mondai 4 Choukai (Quick Response / Sokuji Outou)

Sesuai namanya, di jenis soal ini menguji pemahaman kita pada suatu balasan/respon terhadap suatu kalimat/ungkapan. Jadi tugas kita hanya memilih kata/kalimat mana yang paling tepat dipakai untuk membalas/merespon dari kalimat pendek yang disebutkan sebelumnya. Kurang lebih jenis soal ini sebelas dua belas lah dengan jenis soal ke-3 choukai, hanya terdiri dari 3 pilihan jawaban juga. Perbedaannya, di mondai ini tidak ada gambarnya, jadi full seluruhnya mengandalkan pemahaman pendengaran kita. Pastikan di sini juga fokus kalian tetap terjaga dan sebisa mungkin jangan sampai tertinggal satu kata pun.

Owari, itulah beberapa gambaran semua sesi dan jenis-jenis soal pada ujian di JLPT N5 yang bersumber dari web jlpt.jp serta beberapa tips dan trik menjawabnya sesuai pengalamanku dan mengambil dari hasil sharing teman-teman komunitas Bahasa Jepang Bersama. Semoga materinya membantu dan bermanfaat. Oh iya, sedikit tambahan nih, karena rasanya nggak afdol kalau bahas JLPT tanpa bahas soal gacha-ngegacha, ya↖(^▽^)↗. Apakah ngegacha di JLPT itu nyata adanya, dan apakah akan mempengaruhi hasil nilai kita? Ya, menurutku pribadi memang gacha-ngegacha di JLPT itu memang real adanya dan bisa kita jadikan sebagai senjata pamungkas saat kita sedang terdesak. Tentunya nggak asal ngegacha aja ya, berikut ini saya tambahkan sedikit tips ngegacha saat ujian JLPT.

Tips Ngegacha pada Ujian JLPT

Teknik ngegacha ini hanya dikeluarkan saat kita benar-benar terdesak saja ya guys ya. Jangan gunain teknik ini langsung dari awal sampai akhir @( ̄- ̄)@. Gunakan saat kalian sudah merasa bimbang antara dua atau tiga pilihan jawaban. Kemudian bisa juga saat kita kehabisan waktu dan masih ada beberapa soal yang belum bisa kita isi jawabannya. Tapi sebelumnya pastikan kalian menyingkirkan pilihan jawaban yang sudah pasti salah ya.

Ketika kalian akan melewatkan suatu soal yang belum bisa dijawab, sebelum melewatkannya kalian bisa tandain beberapa jawaban yang kalian anggap benar atau sebaliknya, kasih tanda pilihan jawaban yang sudah pasti salah biar nanti saat kehabisan waktu kita tinggal ngegacha beberapa pilihan jawaban saja agar kemungkinan gacha kita hoki (benar) lebih tinggi.

Baiklah sepertinya cukup itu saja postingan kali ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Buat sobat BJB yang ingin menambahkan tips dan trik ujian JLPT N5 lainnya bisa ditambahkan di kolom komentar ya, buat yang akan mengambil ujian JLPT baik yang bulan Juli ataupun Desember, semoga semuanya bisa lulus sesuai harapannya. Minna ganbarou💪.

Baca Juga

Komentar