Penggunaan Kata seizei (せいぜい) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Penggunaan Kata seizei (せいぜい) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Penggunaan Kata seizei (せいぜい)

Aitsu wa seizei chuunin no shinobi. Dia itu palingan (paling tinggi selevel) ninja chuunin. Yo mina-san, doumo. Tak terasa ya, kita sudah hampir menyelesaikan semua materi level N3 nih, jika sobat BJB selalu mengikuti materinya dari awal berarti kemampuan kita sudah berada di level N3. Tapi ini masih dalam kategori bunpou dan gengo chishiki aja ya😁 masih perlu sering latihan dokkai dan choukai juga ya, baru bisa ikutan dan lulus ujian JLPT N3 hehe. Untuk hari ini kita akan mempelajari tentang penggunaan kata seizei (せいぜい). Dijamin materinya tidak sulit kok, langsung saja ya kita mulai belajarnya.

Penggunaan Kata seizei (せいぜい)

Arti: 1. sebisa mungkin, semampunya. 2. palingan, paling baik, paling bagus, tak lebih dari...
Penjelasan: ada dua penggunaan yang pertama itu menyatakan kekuatan paling maksimal yang akan diusahakan, dalam kasus ini sama seperti kata dekiru dake. Sedanglan yang kedua menyatakan batasan/angka paling maksimal yang diperkirakan oleh pembicara
Kanji: 精々 (baik versi kanji atau hiragana keduanya cukup sering dipakai, jadi sobat BJB boleh pilih mau pakai kanjinya atau cuma hiragananya saja)
Jenis: kata keterangan
Catatan: tiga contoh pertama adalah seizei makna ke-1, kemudian contoh kalimat sisanya adalah seizei makna ke-2
Contoh kalimat: 
精々頑張ります
Seizei ganbarimasu
Saya akan berjuang semampuku
せいぜい努力します
Seizei doryoku shimasu
Sebisa mungkin saya akan berusaha keras
せいぜい養生して下さい
Seizei youjou shite kudasai
Tolong sembuhkanlah aku sebisa mungkin
彼はせいぜい二流のプレーヤーだ
Kare wa seizei niryuu no pureiyaa da
Dia itu tak lebih dari pemain kelas dua
合格するのはせいぜい三人だろう
Goukaku suru no wa seizei sannin darou
Yang akan lulus mungkin paling banyak tiga oran
ここから駅までせいぜい1マイルです
Koko kara eki made seizei ichi mairu desu
Dari sini sampai stasiun tak lebih dari 1 mil
そこにいたのはせいぜい30人だ
Soko ni ita no wa seizei sanjuunin da
Yang ada di sana tak lebih dari 30 orang
こんな腕時計は精々10万ルピアー
Konna udedokei wa seizei juuman rupiaa
Jam tangan kayak gini tuh tak lebih dari seratus ribu rupiah
あの女の年齢はせいぜい25歳だ
Ano onna no nenrei wa seizei gojuusai da
Usia wanita itu paling tinggi 25 tahun
私にはせいぜいあなたの半分しか出来ない
Watashi ni wa seizei anata no hanbun shika dekinai
Kalau aku paling bisanya hanya setengahnya kamu
リムルの体重はせいぜい30キロだ
Rimuru no taijuu wa seizei sanjuu kiro da
Berat badan Rimuru paling tinggi 30 kilogram
Rimuru no taijuu wa seizei sanjuu kiro da

Daftar kosakata

  • 頑張る : ganbaru : berjuang, melakukan yang terbaik
  • 努力する : doryoku suru : berusaha
  • 養生する : youjou suru : menyembuhkan
  • 二流 : niyuu : kelas dua
  • 合格する : goukaku suru : lulus
  • 三人 : sannin : tiga orang
  • 駅 : eki : stasiun
  • 腕時計 : udedokei : jam tangan
  • 年齢 : nenrei : usia
  • 半分 : hanbun : setengah bagian
  • 出来る : dekiru : bisa
  • 体重 : taijuu : berat badan

Komentar