Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Secara Online thunderteacher.com

Japanese Urban Legend (都市伝説) #13: Kodokushi

Konbanwa Minna, waktunya admin Beth bahas rubrik toshi densetu (都市伝説) atau urban legenda Jepang. Kali ini hasil request dari salah satu member square BJB tentang kodokushi (孤独死). Kodokushi ini berasal dari kata kodoku (孤独) yang berarti kesepian atau kesunyian, dan shi (死) yang artinya kematian. Secara keseluruhan artinya adalah mati karena kesepian atau sendirian tanpa adanya keluarga yang tahu dalam jangka waktu yang lama. Istilahnya seperti forever alone atau selamanya sendiri.

Kodokushi

Dulu kodokushi ini terjadi pada lansia di Jepang yang disebabkan oleh dampak pasca Perang Dunia 2 yang mencanangkan program 'hari beras'. Program ini bagus karena membuat warga Jepang menjadi sehat sekaligus merestorasi keuangan Jepang yang sempat memburuk pada waktu itu, tapi hal itu malah membuat banyak warga lansia di Jepang yang berbanding terbalik dengan angka kelahirannya.

Para lansia banyak yang hidup sendiri, dan pada akhirnya meninggal sampai tak diketahui keluarganya, bahkan sampai pada jangka waktu yang lama. Untuk di era modern ini sangat berkaitan dengan karoushi (meninggal karena kelelahan dalam bekerja). Dilaporkan oleh National Broadcasting Network di Jepang di mana 32.000 manula meninggal sendirian semenjak 1983 sampai 2009, data tentang kodokushi ini melonjak naik.

Bahkan di Tokyo sendiri pada tahun 2011, dinyatakan ada sekitar 2000 orang meninggal karena kodokushi. Kodokushi ini terjadi di antara suami atau istri yang telah kehilangan pasangannya atau bahkan memang hidup sendiri dan tak menikah. Namun banyak juga remaja yang ditemukan kodokushi karena mengisolasi dirinya dari dunia luar seperti layaknya Hikikomori.

Pemilik dari sebuah perusahaan perpindahan rumah di Osaka, Taichi Yoshida menjelaskan bahwa tanda-tanda seseorang dalam bahaya kodokushi adalah orangnya agak berantakan, ketika mereka mengambil sesuatu, mereka tidak menempatkannya kembali; ketika sesuatu rusak, mereka tidak memperbaikinya; ketika suatu hubungan berantakan, mereka tidak memperbaikinya.

Jadi gengs ini adalah tanda bahwa kita tidak bisa hidup sendiri. yuk yang jomblo ngacung! Siapa tahu ketemu jodohnya di sini atau admin Beth jodoh kamu? 🤣

Sc: spoon tamago & Japanese station