Shiken Kelas Nihongo Kurasu Siklus Pertama | Belajar Bahasa Jepang Bersama Shiken Kelas Nihongo Kurasu Siklus Pertama | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Shiken Kelas Nihongo Kurasu Siklus Pertama

🌀Shiken Pertama (試験)
Rabu, 15 Februari - Jumat, 17 Februari 2017 (Hingga jam 23:59 WIB).

Ini dia soal latihan (shiken) untuk kelas siklus pertama^^.

Materi pertanyaannya diambil dari seluruh pelajaran yang telah dipelajari pada siklus pertama. Ada 3 pertanyaan pilihan ganda dan 7 soal dengan format TTS dari Eito-senpai😆. Selamat mengerjakan, kalau belum yakin jawabannya bisa membuka kembali materi-materi yang telah dipelajari.

Soal Shiken Siklus Pertama


1. ダイヤモンドは小さい(……)値段が高いです
Daiyamondo wa chiisai…… nedan ga takai desu
A. ても B. のに C. だが D. だけど

2. ナルせさんは……の頃、とてもお喋りでとても夢見がちな女の子です
Naruse-san wa …… no koro, totemo oshaberi de totemo yumemigachi na onna no ko desu
A. 子供 B. 小供 C. 子共 D. 小友

3. 美咲ちゃんは良い子…… 午後5時に家へ帰ります
Misaki-chan wa yoi ko …… gogo goji ni uchi e kaerimasu
A. から B. だから C. けど D. ので

7 Soal sisanya cek digambar^^.
Shiken siklus pertama

Keterangan:
立て=tate=menurun
横=yoko=mendatar
Seluruh jawaban menggunakan hiragana

Tugas:

Tulis ulang soalnya dibuku masing-masing
Kemudian jawab pertanyaannya. 1 soal benar 1 nilai. Benar semua mendapat 10 nilai.
Hasil jawaban bisa dikumpul kapan pun lewat PM akun line admin riizhu ya.

Selambat-lambatnya hingga hari Jumat 17 Februari pukul 23:59 WIB.

Hasil Pembahasan Shiken 01

Hasil Shiken Pertama (試験)


Pada shiken (latihan) kali ini belum ada satu pun member yang mendapat nilai 10^^. Dan hanya ada satu orang yang berhasil menjawab soal TTS mendatar no.2 dengan clue "minna ga shitteru". Ini dia pembahasan dan jawaban dari soal-soal dari shiken kali ini.

1. ダイヤモンドは小さい(……)値段が高いです
Daiyamondo wa chiisai…… nedan ga takai desu
A. ても B. のに C. だが D. だけど

*Hal pertama yang dilakukan adalah pahami dulu maknanya, daiyamondo ga chiisai=diamond/berlian kecil. nedan ga takai desu=harganya mahal. Selanjutnya kata sambung apa yang cocok untuk ditambahkan ditengahnya. Hampir semua kata sambung dapat digunakan secara makna. Tapi hanya ada satu yang benar secara gramatikal yakni のに karena diakhir kalimat 1 adalah kata sifat-i jadi kita tidak membutuhkan tambahan だ jadi jawaban [C]dan[D]BATSU! alias salah, dan untuk [A]~temo memiliki aturan kata sebelumnya harus diubah ke bentuk te sedangkan di sana 小さい dalam bentuk biasa. Jadi kotae wa? Hai, [B]desu^^.

2. ナルせさんは……の頃、とてもお喋りでとても夢見がちな女の子です
Naruse-san wa …… no koro, totemo oshaberi de totemo yumemigachi na onna no ko desu
A. 子供 B. 小供 C. 子共 D. 小友

*Pada soal nomor 2 ini adalah memilih kanji yang tepat. Sebelumnya pahami dulu kalimatnya. Dan tebak kata apa yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas, yakni "Kodomo" dan dari keempat jawaban di atas mana kanji kodomo yang tepat. Yang tepat adalah [A]子供.

3. 美咲ちゃんは良い子…… 午後5時に家へ帰ります
Misaki-chan wa yoi ko …… gogo goji ni uchi e kaerimasu
A. から B. だから C. けど D. ので

*Soal ketiga hampir sama dengan soal pertama yakni mencari kata sambung yang tepat secara makna dan gramatikal untuk melengkapi kalimat di atas. Kata terakhir pada kalimat 1 adalah 子=ko kata benda, jadi yang secara tata bahasa jawaban yang tepat hanyalah [B]だから

Jawaban TTS:

Untuk menjawab TTS sama seperti menjawab TTS pada umumnya, setiap nomor akan diberikan "clue" untuk menjawab, jika ada jawaban yang belum yakin sebaiknya mengisi nomor lain dulu untuk memastikan apakah cocok dan bisa tersambung antar kotaknya. Dan semuanya pertanyaan dan jawaban pada shiken pertama ini berhubungan dengan game shiritori yang telah kita mainkan.

立て=tate=menurun

1. お金を貯金する場所
Okane o chokin suru basho =ginko
Tempat menabung uang =bank

2. 乗り物
norimono =kuruma (mobil)
kendaraan

3. 面白いゲーム
omoshiroi geemu =shiritori
permainan yang menarik

横=yoko=mendatar

1. 持つ =motsu (2 kotak, berarti jawabannya adalah mengubahnya ke hiragana)

2. 皆が知っている =
minna ga shitte iru = ninki
diketahui banyak orang =terkenal

3. SD = ada dua kemungkinan, yakni shougakusei dan shougakkou, tapi jawaban shougakusei (しょうがくせい) yang tepat karena bisa menyatu dengan kolom nomor lainnya.

4. 待つ ada 4 kotak, dan jika kita telah menjawab no.2 menurun maka kita dapat ま di kotak ketiga. Hmm berarti jawabannya apa? Yups berarti disuruh untuk mengubahnya ke bentuk sopannya yaitu まちます.

Ada 45 orang yang mengikuti Shiken, kelas terakhir di siklus kelas pertama

Terima kasih banyak telah mengikuti semua kegiatan kelas satu siklus ini.
Dan sesuai aturan yang telah ditetapkan buat yang poinnya kurang dari target yang ditetapkan tanpa ada izin yang disetujui maka admin berhak mengeluarkannya.

Buat yang poinnya kurang tapi masih ingin belajar bersama di grup ini, silahkan kontak admin dengan catatan pada siklus berikutnya harus lebih aktif dan dapat memenuhi target poin mininal^^.

Hasil nilai final untuk siklus pertama silahkan cek di https://docs.google.com/…/1d_AMYlQQhksRIStOG2Ss8id…/htmlview

Member yang nilainya di bawah dari target mininal akan dikeluarkan malam ini. Buat yang poinnya kurang dan masih ingin mengikuti kelas siklus kedua silahkan kontak admin dan harus lebih aktif lagi.

Dan mulai minggu depan saatnya kita menyambut para calon member baru untuk belajar bersama pada siklus kelas kedua^^. Member baru akan mulai diinvite pada minggu ini.
Baca Juga

Komentar