Cara Ekstrem Riizhu Menghafal Kanji dengan Cepat

Ssstttttt^^, hari ini riizhu mau share cara unik riizhu dalam belajar Bahasa Jepang lagi nih, sebelumnya kan riizhu sudah share cara riizhu dalam melatih kemampuan listening dengan cara mendengarkan Anime, ya, cuma didengarkan nggak ditonton^^, karna biasanya riizhu menulis postingan sambil mendengarkan Anime dan kadang dengerin lagu juga, dan karna keseringan dengar dan memang hobi nonton Anime hingga akhirnya subtitle sudah bukan menjadi masalah lagi sekarang ini.
Hari ini saya ingin berbagi metode untuk belajar banyak huruf kanji dengan cepat, kalau saya nih saat menggunakan metode ini bisa menghafal sebanyak 1006 kyouiku kanji (onyomi,kunyomi,arti tapi tidak beserta aturan guratannya) dalam waktu kurang dari satu bulan saja. Mau tau metode apa yang saya pakai dalam menghafal banyak huruf kanji dengan singkat? metode yang saya pakai adalah saya menyebutnya dengan metode 1000 review^^, atau kalau dalam bahasa arab nih disebut Murojaah. Mau tau bagaimana cara saya melakukan belajar menghafal kanji dengan metode 1000 review ini? mau tau aja atau mau tau banget nih? kalau mau tau banget silahkan simak terus postingan ini hingga selesai ya^^.

Sebelumnya kita harus tau apa pengertian metode 1000 review ini? metode 1000 review (saya sendiri sih yang namain) adalah metode menghafal yang dilakukan dengan cara diulang-ulang secara terus menerus sampai kita benar-benar dapat menghafalnya hingga luar kepala (bukan otak sadar kita lagi yang menghafalnya tapi sudah sampai ke otak bawah sadar kita). Dan sedikit tips lagi, saat kamu melihat huruf Kanji maka bayangkanlah itu adalah gambar, karna menghafal gambar akan lebih bersifat permanen daripada menghafal huruf.

Baiklah saya akan bagikan bagaimana cara saya dalam menghafal huruf Kanji, pertama-tama pasang dulu target kita dalam sehari ingin menghafal berapa, misalnya kita pasang target hafal 50 huruf Kanji dalam sehari, setelah memasang target lalu pilih 10 huruf kanji yang akan kita pelajari lebih dulu, jangan lupa dihafal dulu 10 huruf kanji yang dipilih tadi, setelah itu tinggal jalankan metode 1000 reviewnya sobat bebas bisa menggunakan alat bantu apa saja, bisa flash card, atau software apalah-apalah, yang bisa menampilkan huruf kanji yang kita pilih tadi secara acak dan berulang, tugas kita cukup terus menebak kanji yang keluar dengan jawaban, onyominya, kunyominya, dan maknanya, contoh yang keluar adalah kanji 子 maka langsung sebutkan saja dengan "shi, ko, anak" mungkin sampai dikira benar-benar hafal dan lancar ke sepuluh kanji yang kita pilih tadi mungkin sampai 100 hingga 200 kali jawaban jadi masing-masing huruf akan muncul 10 hingga 20 kali. Jika dirasa telah benar-benar hafal dan mungkin saat kita menemukannya di internet atau ditv dll kita bisa menebak on, kun dan artinya. Selanjutnya pilih lagi 10 huruf Kanji yang ingin dihafal berikutnya lalu lakukan seperti saat yang pertama tadi, tebak terus kanji yang muncul secara acak itu. Jika telah hafal ulangi lagi prosesnya hingga target harian kita tercapai misal 50 huruf dalam sehari seperti yang di atas.

Sudah mengerti kan bagaimana cara menjalankan metodenya? kalau masih ada sobat yang belum mengerti silahkan sampaikan lewat kolom komentar ya^^.

Jadi seperti itulah cara saya dalam menghafal banyak kanji dengan cepat dan mau tau alat bantu saya waktu itu apa saja? saat itu alat bantu saya hanyalah aplikasi java sederhana bernama Kanji recall yang berisi 1006 kanji dan berhasil riizhu hafal semuanya dalam kurang dari satu bulan saja^^, waktu itu targer saya 100 huruf/hari, dan dalam sepuluh hari semuanya kelar, tapi kembali saya review lagi 2x putaran hingga 30 hari akhirnya huruf-huruf yang termasuk kyouiku kanji itu sudah melekat di pikiran bawah sadar saya^^.
Apalagi sekarang sudah banyak sekali muncul aplikasi-aplikasi flash card yang lebih canggih lagi bukan? baik dari Android maupun Apple dan tentunya juga pc/laptop dll, pastinya dengan alat yang lebih canggih itu saya yakin kamu juga bisa melakukankan bahkan mungkin bisa lebih cepat daripada riizhu^^.
Hmm sepertinya sudah cukup jelas saya menjelaskan dan berbagi pengalaman dalam metode menghafal kanji yang menurutku sangat efektif ini dan sudah saya share juga bagaimana saya mengaplikasikan metodenya pada hafalan Kanjinya. Jadi untuk hari ini sampai sekian dulu ya^^, riizhu mau pamit dulu, semoga membantu dan tunggu cara unik riizhu si pelajar autodidak dalam belajar bahasa Jepang lainnya ya^^ Mata ne, jikai mo tanoshimi ni^^.
Cara Ekstrem Riizhu Menghafal Kanji dengan Cepat
Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner