Cara Ekstrem Riizhu Menghafal Kanji dengan Cepat | Belajar Bahasa Jepang Bersama Cara Ekstrem Riizhu Menghafal Kanji dengan Cepat | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Cara Ekstrem Riizhu Menghafal Kanji dengan Cepat

Ssstttttt^^, hari ini riizhu mau share cara unik riizhu dalam belajar Bahasa Jepang lagi nih, sebelumnya kan riizhu sudah share cara riizhu dalam melatih kemampuan listening dengan cara mendengarkan Anime, ya, cuma didengarkan nggak ditonton^^, karna biasanya riizhu menulis postingan sambil mendengarkan Anime dan kadang dengerin lagu juga, dan karna keseringan dengar dan memang hobi nonton Anime hingga akhirnya subtitle sudah bukan menjadi masalah lagi sekarang ini.
Hari ini saya ingin berbagi metode untuk belajar banyak huruf kanji dengan cepat, kalau saya nih saat menggunakan metode ini bisa menghafal sebanyak 1006 kyouiku kanji (onyomi,kunyomi,arti tapi tidak beserta aturan guratannya) dalam waktu kurang dari satu bulan saja. Mau tau metode apa yang saya pakai dalam menghafal banyak huruf kanji dengan singkat? metode yang saya pakai adalah saya menyebutnya dengan metode 1000 review^^, atau kalau dalam bahasa arab nih disebut Murojaah. Mau tau bagaimana cara saya melakukan belajar menghafal kanji dengan metode 1000 review ini? mau tau aja atau mau tau banget nih? kalau mau tau banget silahkan simak terus postingan ini hingga selesai ya^^.

Sebelumnya kita harus tau apa pengertian metode 1000 review ini? metode 1000 review (saya sendiri sih yang namain) adalah metode menghafal yang dilakukan dengan cara diulang-ulang secara terus menerus sampai kita benar-benar dapat menghafalnya hingga luar kepala (bukan otak sadar kita lagi yang menghafalnya tapi sudah sampai ke otak bawah sadar kita). Dan sedikit tips lagi, saat kamu melihat huruf Kanji maka bayangkanlah itu adalah gambar, karna menghafal gambar akan lebih bersifat permanen daripada menghafal huruf.

Baiklah saya akan bagikan bagaimana cara saya dalam menghafal huruf Kanji, pertama-tama pasang dulu target kita dalam sehari ingin menghafal berapa, misalnya kita pasang target hafal 50 huruf Kanji dalam sehari, setelah memasang target lalu pilih 10 huruf kanji yang akan kita pelajari lebih dulu, jangan lupa dihafal dulu 10 huruf kanji yang dipilih tadi, setelah itu tinggal jalankan metode 1000 reviewnya sobat bebas bisa menggunakan alat bantu apa saja, bisa flash card, atau software apalah-apalah, yang bisa menampilkan huruf kanji yang kita pilih tadi secara acak dan berulang, tugas kita cukup terus menebak kanji yang keluar dengan jawaban, onyominya, kunyominya, dan maknanya, contoh yang keluar adalah kanji 子 maka langsung sebutkan saja dengan "shi, ko, anak" mungkin sampai dikira benar-benar hafal dan lancar ke sepuluh kanji yang kita pilih tadi mungkin sampai 100 hingga 200 kali jawaban jadi masing-masing huruf akan muncul 10 hingga 20 kali. Jika dirasa telah benar-benar hafal dan mungkin saat kita menemukannya di internet atau ditv dll kita bisa menebak on, kun dan artinya. Selanjutnya pilih lagi 10 huruf Kanji yang ingin dihafal berikutnya lalu lakukan seperti saat yang pertama tadi, tebak terus kanji yang muncul secara acak itu. Jika telah hafal ulangi lagi prosesnya hingga target harian kita tercapai misal 50 huruf dalam sehari seperti yang di atas.

Sudah mengerti kan bagaimana cara menjalankan metodenya? kalau masih ada sobat yang belum mengerti silahkan sampaikan lewat kolom komentar ya^^.

Jadi seperti itulah cara saya dalam menghafal banyak kanji dengan cepat dan mau tau alat bantu saya waktu itu apa saja? saat itu alat bantu saya hanyalah aplikasi java sederhana bernama Kanji recall yang berisi 1006 kanji dan berhasil riizhu hafal semuanya dalam kurang dari satu bulan saja^^, waktu itu targer saya 100 huruf/hari, dan dalam sepuluh hari semuanya kelar, tapi kembali saya review lagi 2x putaran hingga 30 hari akhirnya huruf-huruf yang termasuk kyouiku kanji itu sudah melekat di pikiran bawah sadar saya^^.
Apalagi sekarang sudah banyak sekali muncul aplikasi-aplikasi flash card yang lebih canggih lagi bukan? baik dari Android maupun Apple dan tentunya juga pc/laptop dll, pastinya dengan alat yang lebih canggih itu saya yakin kamu juga bisa melakukankan bahkan mungkin bisa lebih cepat daripada riizhu^^.
Hmm sepertinya sudah cukup jelas saya menjelaskan dan berbagi pengalaman dalam metode menghafal kanji yang menurutku sangat efektif ini dan sudah saya share juga bagaimana saya mengaplikasikan metodenya pada hafalan Kanjinya. Jadi untuk hari ini sampai sekian dulu ya^^, riizhu mau pamit dulu, semoga membantu dan tunggu cara unik riizhu si pelajar autodidak dalam belajar bahasa Jepang lainnya ya^^ Mata ne, jikai mo tanoshimi ni^^.
Baca Juga

34 komentar:

  1. sukses terus zuzu ngeblog.nya :3/

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih^^, u juga ya, semangat terus :D/

      Hapus
  2. Kak Riizhu mau tanya, berarti kakak paling tidak udah ngerti kata benda, kata sifat, dan kata kerja saat latian listening ya...(?) :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau kata-kata bahasa Jepang itu cukup mudah untuk ngebedainnya mana kata kerja, mana kata benda dan mana kata sifat. paling biasanya yang sering tertukar atau susah dibedakan adalah antara kata benda dan kata sifat-na, disitu kadang saya susah ngebedainnya :V

      Hapus
  3. Woah, thanks sekali postnya nambah ilmu banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama :D senang bisa berbagi

      Hapus
  4. Ketemu juga blog b.jepang yg cukup lengkap ,
    Penulis nya otodidak juga pula
    sukses terus ngeBlognya riizhu_先生
    SPY aku juga ikut sukses hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih doanya aziz-さん, kita belajar sama-sama diblog ini ya^^

      Hapus
  5. Rizu san kanji re call itu dimna donloatny

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka ada link yang ada di post di atas, yang tulsannya aplikasi sederhana belajar kanji, disitu ada link download kanji recallnya dan penjelasan fitur2nya.

      Hapus
  6. wuihh! mantap riizhu-san. keep posting ne xD <3 yosh, ganbarimasu !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. haik, arigatou Felicia-san^^, watashi mo ganbarimasuu!!!(^0^)/

      Hapus
  7. wihh kak rhiizu hebat yaa, jadi salut liat kakak, aku aja disuruh ngafal 100 kanji susahnya minta ampun kak :( knpa bisa kek gitu kak? ada sarannya ga kak?? arigatou gozaimasu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yareba dekiru =jika dilakukan past bisa kok^^, pikirkan dan temukan cara menghafal yang paling efektif buatmu, lalu tinggal menghafal semampu kita dan satu lagi, kita harus meninkmati proses menghafalnya juga^^

      Hapus
  8. sumimasen, kalo mau belajar hafal kanji mulainya dari mana dulu ya kak? apa bebas mau mulai dari yang mana aja? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari kanji-kanji yang paling umum/sering digunakan seperti kanji-kanji di list kanji grade 1 atau kanji level N5

      Hapus
  9. Wah keren, aku juga pelajar otodidak yang sama sekali belum mahir ( ̄∀ ̄) よろしくね!(*^_^*)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hidup pelajar otodidak (/ ̄∀ ̄)/ ganbarou!

      Hapus
  10. Arigatou buat postingannya, saya mau coba gunain. Karena jujur sukit sekali kalo kita berada di jepang dan tidak hapal kanji. Dimana2 tertukis kanji.

    BalasHapus
  11. Arigatou buat postingannya, saya mau coba gunain. Karena jujur sukit sekali kalo kita berada di jepang dan tidak hapal kanji. Dimana2 tertukis kanji.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bukannya malah bagus gan, soalnya kalau sering melihat nanti lama-lama pasti terbiasa dan bisa membaca tulisannya.

      Hapus
  12. 良い勉強になるな~
    有り難う~リザさん。

    BalasHapus
  13. Dalam ngapalin kanji kita perlu ngebedain kun sama on yomi nya ga? Soalnya aku ngapalin biasanya cuma cara bacanya, jadi kalau ditanya mana yg kun atau onyomi aku ga bisa jawab.. Cara ngapalin seperti itu salah ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya nggak begitu penting juga sih ngebedain kun sama on, jika nyaman ngehafalnya seperti itu saya rasa tidak mengapa selama kita masih bisa membaca kanjinya dalam tulisan-tulisan berbahasa Jepang^^.

      Hapus
  14. terima kasih.. pengalamannya bgitu membantu tapi saya mau bertanya penting ga ya menghapal radikal beserta bahasanya jepangnya seperti radical kangxi :"⼧"= "ukenmuri" yang artinya atap.. padahal atap sendiri bahasa jepng dapatnya "yane" jadi bingung jga sini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak penting2 amat sih, tapi dengan mengetahui bushuu/radical kanji kita bisa lebih mudah memahami artinya karna biasanya artinya tidak begitu jauh dari bushuunya, dan kita juga bisa lebih mudah mencari kanjinya di kamus

      Hapus
  15. はじめましてルズウさん 君は本当に日本語を勉強 私を助けてました。本当はありがとうございます^^;^^;。。。

    ごめんリズウさん Mohon koreksinya...!!!

    BalasHapus
  16. Meskipun terlalu beresiko tapi hasilnya bagus :) #PengalamanSaya

    BalasHapus
  17. ingin bisa lulus N2 gimana rizu san, aku lom bisa2 niyy nguasain kanji, dokkai, dll
    iken onegaisimasu....

    BalasHapus
  18. Gak pusing tuh 50 kanji sehari? Aku 10 kanji aja udah pusing.

    BalasHapus
  19. Bisa di bagitau berapa huruf kanji yang sering di pakai di jepang..Kanji-kanji itulah yang sya ingin pelajari mohon di balas..?

    BalasHapus
  20. halo kakak, kalau ada waktu luang bisa ajari saya seputar tentang kanji? insyaallah desember nanti saya mau ujian jlpt N5 dan N4.( mungkin bisa lewat line atau wa)?

    BalasHapus
  21. Terimakasih kak, blognya sangat inspiratif. Saya sudah praktekkan 18 hari hafal kanji n5-n3 skrlanjut n2.

    BalasHapus
  22. @Unknown kalau awalnya pasti mungkin kerepotan. Tapi selama kita terus mau belajar, mungkin nanti akan cepat terbiasa dan akhirnya bisa baca2 tulisan kanji yang kita temui di sekitar

    BalasHapus