Grammar / Tata Bahasa ~tari suru (~たりする) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Grammar / Tata Bahasa ~tari suru (~たりする) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Grammar / Tata Bahasa ~tari suru (~たりする)

Dalam postingan kategori tata bahasa kemarin, kita sudah mempelajari tentang tata bahasa untuk menyatakan banyak alasan dengan し, Nah berikut ini juga hampir mirip dengan kemarin, kali ini kita akan mempelajari tentang cara menyatakan banyak aksi atau banyak keadaan dalam bahasa Jepang dengan menggunakan pola tata bahasa ~tari suru (~たりする). Sobat semua sudah pada tau belum mengenai grammar ~tari suru ini? Jika belum, yuk mari kita mempelajarinya bersama-sama di sini \(≧∇≦)/ . Langsung saja kita mulai cara atau aturan tata bahasa ~tari suru ini ya.

Pertama-tama sobat ubah dulu kata kerja/kata benda/kata sifatnya ke dalam bentuk lampau (baca: kata kerja bentuk lampau) setelah itu tinggal tambahkan ri () setelahnya, sobat boleh membuat satu, dua atau lebih kalimat lampau yang ditambah ri (り), lalu di akhir kalimat sobat harus menambahkan kata kerja suru (する). Kata kerja suru-nya bisa sobat konjugasikan sesuai keinginan, mau ke bentuk sopan, lampau, keinginan atau lain-lainnya Contoh:

今日、私はコーヒーを飲んだり、寿司を食べたり、映画を見たり、漫画を読んだりします。
Kyou, watashi wa koohii o nondari, sushi o tabetari, eiga o mitari, manga o yondari shimasu.
Hari ini saya melakukan aktivitas seperti minum kopi, makan sushi, nonton film, membaca komik dan lain-lainnya.

Nah, apa dari contoh kalimat di atas sobat sudah mengerti gimana cara membuat tata bahasa ~tari suru (~たりする) ini, sobat bebas mau membuat berapa banyak kalimat yang menggunakan ~たり、 atau hanya satu aktivitas pun juga bisa dan sobat jangan lupa untuk menambahkan suru (する) di akhir kalimatnya, lalu untuk waktu kejadian dan lain-lainnya, maka tergantung dari konjugasi kata kerja する nya. Pada contoh di atas する nya diubah ke bentuk sopan yaitu します.

Satu hal lagi yang perlu sobat ketahui yaitu bukan cuma kata kerja saja yang bisa menggunakan grammar ~tari suru ini, melainkan kata benda dan kata sifat pun juga bisa lho. Dengan aturan yang sama juga dengan aturan untuk kata kerja yaitu membuat kata benda/kata sifatnya ke bentuk lampau terlebih dahulu lalu tambahkan ri (り) dan di akhir tambahkan suru (する). Contoh:

この大学の授業は簡単だったり、難しかったりする。
Kono daigaku no jugyou wa kantan dattari, muzukashikattari suru.
Pelajaran di universitas ini kadang mudah dan kadang sulit dan lain-lainnya.

Saya yakin sobat semuanya sudah bisa paham dengan penjelasan singkat ini. Selebihnya yang sobat perluin cuma banyak-banyak contoh kalimatnya saja, iya kan? Oke deh ini nih, saya akan kasih banyak reibun-reibun-nya.

来週、私は友達の家に行ったり、ゲームを遊んだり、昼ご飯を一緒に食べたりするつもりです。
Raishuu, watashi wa tomodachi no uchi ni ittari, geemu o asondari, hirugohan o issho ni tabetari suru tsumori desu.
Minggu depan saya bermaksud untuk pergi ke rumah teman, main game, makan siang bersama dan lain-lainnya.
私の彼女は綺麗だったりするよ。
Watashi no kanojo wa kirei dattari suru yo.
Cewek saya itu cantik (dan mungkin imut sebagai lainnya).
日本に行けたら、私は日本人と会話したり、富士山を登ったりしたいです。
Nihon ni iketara, watashi wa nihonji to kaiwa shitari, fujisan o nobottari shitai desu.
Jika bisa pergi ke jepang, saya ingin melakukan hal-hal seperti berbincang-bincang dengan orang Jepang, mendaki gunung fuji dan lain sebagainya.

Nah, selesai sudah pelajaran kita hari ini, semoga semuanya diberikan rahmat berupa kepahaman atas pelajaran ini *αmiεn* └(˘.˘└), Oke tugas saya hari ini selesai, sampai ketemu di lain waktu lagi, jaa na

Baca Juga

1 komentar:

  1. Kalo digunakan pada kata sifat artinya jadi ada 'kadang-kadang'nya ya?

    BalasHapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.