Pengertian Dajare dan Contoh-contohnya (駄洒落)

Dalam bahasa Jepang ada banyak sekali kata yang memiliki arti berbeda namun memiliki pengucapan yang sama seperti "Hashi" kata ini tidak hanya berarti "Sumpit" saja, tapi bisa juga memiliki arti "Jembatan", "Sudut" atau lainnya. Meski diucapkan dengan kata yang sama namun semuanya memiliki kanji yang berbeda-beda.

Tak jarang terkadang kita mendengar kalimat-kalimat yang seolah diucapkan dengan kata yang sama padahal kata pertama dan kata kedua yang diucapkan sama, memiliki maksud yang berbeda. Hal inilah yang disebut dengan "Dajare (駄洒落)", apa itu Dajare?.

Dajare

Dajare adalah transformasi kata, nomina, atau peribahasa menjadi kata atau serangkaian kata yang hampir serupa dengan maksud berkelakar, Arti harfiah dajare adalah lelucon buruk, berasal dari kata da (駄) buruk, ditambah kata share (洒落) lelucon.

Bagaimana? Apakah sobat BJB sudah mengerti tentang istilah "Dajare"? Mungkin masih ada yang belum mengerti, kelihatan dari cara ngebaca postingan ini, dan kayaknya masih ada juga yang masih garuk-garuk kepala Σ(´∀`;).

Tenang saja, riizhu yakin setelah melihat contoh-contoh Dajare di bawah kalian pasti bakal langsung mengerti apa yang dimaksud dengan Dajare itu. So, silahkan lanjutkan terus aja membacanya ya.

Jenis-jenis Dajare


Takashi Otake mengelompokkan dajare menjadi tiga golongan yakni dajare homofon (homophonic dajare), dajare hampir homofon (near-homophonic dajare) dan dajare sematan (embedded dajare).

Dajare Homofon (homophonic dajare)


Dajare Homofon (jangan dipotong-potong ngebacanya ya, nanti kedengarannya jadi gak enak(≧▽≦)) adalah jenis dajare yang dibentuk dari dua unsur/kata yang memiliki bunyi yang benar-benar sama. Misalnya:
この扇子はセンスがいい
Kono sensu wa sensu ga ii
Kipas lipat ini berkelas
Catatan: kata 扇子(sensu) yang berarti "Kipas lipat" dan センス kata serapan dalam bahasa Inggris "sense". Kedua kata ini diucapkan dengan bunyi yang benar-benar sama sehingga tergolong ke dalam "dajare homofon".
校則に拘束される
Kousoku ni kousoku sareru
Terikat peraturan sekolah
Catatan: 校則 (kousoku) artinya "peraturan sekolah" dan 拘束 (kousoku)される artinya "dibatasi/diikat".

Dajare Hampir Homofon (near-homophonic dajare)

Dajare jenis dua kata yang hampir sama, biasanya hanya berbeda dari vokal panjangnya atau satu kata memiliki bunyi rangkap. Contoh:
布団が吹っ飛んだ
Futon ga futton da
Kasur terbang
Catatan: unsur/kata pertama 布団 (futon) dan unsur/kata kedua 吹っ飛んだ (futton da) hampir memiliki bunyi yang sama (yakni sama-sama "futon") tapi unsur kedua memiliki bunyi rangkap (yakni "futton"). 布団 (futon) artinya "Kasur" (khusus style kasur ala Jepang). Dan 吹っ飛んだ (futtonda) adalah kata bentuk lampau dari 吹っ飛ぶ (futtobu) yang artinya "terbang/terlempar".
ヘルシー食すると体重減るし
Herushii shoku suru to taijuu heru shi
Bila makan sehat berat badan berkurang
Catatan: ヘルシー artinya adalah "sehat/kesehatan" dari kata bahasa Inggris "Healthy". Sedangkan 減る (heru) artinya "berkurang" dan し digunakan untuk menyatakan satu atau beberapa alasan.

Baca: Pola Tata Bahasa (だ) し

Dajare Sematan (embedded dajare)


Jenis yang ketiga adalah dajare sematan, yaitu dajare yang salah satu unsur/katanya terdiri dari sematan, hanya sebagian bunyi atau bergabung dengan kata lain agar dapat membentuk unsur yang sama. Contoh:
鮭が叫んだ
Sake ga sakenda
Ikan salem berteriak
Catatan: 鮭 (sake) artinya "ikan salem" dan 叫んだ (sakenda) adalah kata bentuk lampau dari 叫ぶ (sakebu) artinya berteriak. Dari kata 叫んだ (sakenda) hanya sebagian bunyi yang sama dengan 鮭 (sake).
このバイクはガソリンを倍食う
Kono baiku wa gasorin o bai kuu
Sepeda motor ini mengkonsumsi benshin dua kali lipat
Catatan: dalam contoh ini untuk membentuk unsur bunyi yang sama dengan バイク memerlukan dua kata yakni 倍 (bai) yang berarti "dua kali lipat" dan 食う (kuu) yang berarti "makan/mengkonsumsi"
Owh iya, sebenarnya ada satu jenis dajare lagi yakni dajare yang hanya terdiri dari satu untuk namun memiliki makna ambigu, ini biasanya banyak sekali tertera di iklan-iklan atau di kemasan produk di Jepang yang maknanya kadang disisipkan di gambarnya. Contoh:

dajare 1

dajare 2

dajare 3

dajare 4

dajare 5

dajare 6

dajare 7

dajare 8

dajare 9

Pahami sendiri deh maksud/makna terselubung dari kalimat-kalimat yang ada di gambar di atas XD.

Nah, sekarang riizhu yakin sobat semua pasti sudah mengerti apa yang dimaksud dengan Dajare kan? Dan sudah mengenal juga jenis-jenis Dajarenya kan? Oke, berarti cukup sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini, di postingan berikutnya riizhu akan share kumpulan dajare yang digunakan oleh karakter anime dari Kuroko no Basket, Shun Izuki(^_^) masih pada ingat nggak? Jangan lupa untuk mampir ke blog ini lagi ya. Jaa nee, mata ashita.

Referensi: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dajare
Pengertian Dajare dan Contoh-contohnya (駄洒落)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner