Aplikasi Flash Card Terbaik untuk Menghafal Kosakata dan Kanji

Konnichiwaaaaa Σ(´∀`;) riizhu da yo!. Hallo, senang bisa berjumpa kembali menyapa sobat BJB di mana pun berada. Sebelumnya riizhu ucapkan terima kasih karena selalu setia berkunjung ke blog yang baru menggunakan custom domain menjadi bahasajepangbersama.com. Dan alhamdulillah kini pengunjungnya sudah mulai kembali stabil lagi^^.

Pada postingan kali ini riizhu masih akan mereview sebuah aplikasi pendukung untuk mempelajari bahasa Jepang, aplikasi kali ini sudah sangat terkenal sekali dan banyak digunakan. Namanya adalah "AnkiDroid" fungsinya untuk membantu kita menghafal sesuatu, bisa kosakata, grammar hingga kanji. Sistemnya juga sepertinya telah melakukan banyak penelitian dan percobaan agar kata yang telah kita hafal akan dimunculkan lebih jarang sedangkan kata yang baru atau yang sering kita jawab salah akan muncul lebih sering.

Sebelumnya, dulu riizhu pernah download aplikasi ini tapi karena dulu tidak mengerti dan tidak tau bagaimana membuat decknya jadi ya, langsung diuninstall deh haha XD. Silahkan cari di Play Store atau App Store masing-masing ya "AnkiDroid" gambar kartu warna hitam ada bintang warna biru ikonnya.

Cara Download dan Import Deck ke AnkiDroid

Mungkin beberapa dari sobat ada yang tidak begitu mengerti bagaimana cara menggunakannya dan bagaimana cara membuat deck atau menambahkan kartu ke deck. Biar kasusnya nggak kayak riizhu dulu yang gak mengerti penggunaannya dan akhirnya ke uninstall jadi di sini riizhu akan ajarin bagaimana cara mendownload deck yang telah dibuat oleh pengguna AnkiDroid sebelumnya. Cara mendownloadnya pertama-tama silahkan buka dulu aplikasinya. Setelah itu klik tombol tambah (bundaran warna biru yang ada di kanan bawah aplikasinya), kemudian klik Get shared decks silahkan buka dengan aplikasi browser kalian nanti akan dibawa ke web Ankiweb.net di sana kita bisa mencari dan mendownload deck-deck yang telah di buat dan diexport oleh para pengguna AnkiDroid.

AnkiDroid get shared decks

AnkiDroid ankiweb.net

Silahkan search deck apa saja yang ingin kalian cari atau bisa juga dengan memilih kategori bahasanya. Saran deck yang menurut riizhu wajib kalian punya adalah "Bahasa Jepang - Indonesia" itu adalah satu-satunya deck yang sangat lengkap berbahasa Indonesia. Deck lainnya pada bahasa Inggris semua.

AnkiDroid deck download

AnkiDroid bahasa Jepang - Indonesia


Setelah selesai mendownload deck-decknya, maka import lah decknya ke aplikasi AnkiDroid sobat caranya silahkan pindah terlebih dahulu buka berkas, pindahkan file-file yang didownload ke folder yang bernama AnkiDroid letakkan semua file deck flash cardnya di sana kemudian buka aplikasi AnkiDroid pilih menu kanan atas pilih import, ok lalu pilih deck-deck yang ingin diimport ke AnkiDroid kita, tunggu hingga proses import deck selesai, jika gagal ulangi lagi sampai berhasil terimport. Daaaan Taraaa! Sekarang sobat telah memiliki daftar flash card yang bisa dipelajari rutin setiap hari.

AnkiDroid import deck

AnkiDroid decks


Cara Menggunakannya AnkiDroid

Sekarang riizhu ingin sedikit menjelaskan cara menghafal kosakatanya. Di sisi kiri deck ada keterangan jumlah yang dipelajari, warna biru berarti kartu baru, merah berarti kartu yang akan langsung direview dan hijau berarti kartu lama yang akan dimunculkan kembali apakah kita masih akan mengingatnya atau kelupaan. Agar efektif jawablah sesuai seberapa hafal kita, jika sama sekali tidak ingat maka pilih again (merah) jika agak hafal pilih hard (warna abu-abu) jika cukup hafal pilih good (warna hijau) dan jika benar-benar hafal pilih easy (warna biru). Saran dari riizhu sih sebaiknya jangan langsung mempelajari banyak deck dalam satu waktu, hanya pelajari 1 - 3 deck aja, karena saat lama kelamaan nanti daftar kosakata reviewnya akan semakin banyak, jika banyak deck maka nanti sobat akan kewalahan (pengalaman) jadi sebaiknya 1 hingga 3 deck aja ya, dan satu hal lagi, harus istiqomah / konsisten ya membuka aplikasinya kalau perlu bisa aktifkan notifnya sebagai pengingat biar kita tidak lupa buka Ankidroidnya.

AnkiDroid memorize


Menu AnkiDroid

Hmm daftar menunya cukup simple, di menu kanan, ada Decks, Card Browser, Statistic, Night mode, Setting. Jika ingin menyalakan notif pilih setting > AnkiDroid kemudian pilih Notif when (pilih sesuai selesai ingin ditampilin notif saat ada berapa card).
Menu Card Browser
AnkiDroid card browser

AnkiDroid setting



Untuk menambah kartu ke deck yang telah ada silahlan pilih +, add lalu tinggal isi deh di depan dan belakang kartunya ingin diisi apa, kamu juga bisa menambahkan media seperti gambar, audio dll. Dan ini adalah statistic yang telah riizhu pelajari di aplikasi AnkiDroid ini^^.

AnkiDroid satistic all decks


AnkiDroid statistic

Ini dia nih review videonya mohon maaf agak dadakan dan seadanya bikinnya, cuma iseng dan ingin latihan ngomong aja :D, digangguin keponakan pula wkwk. Mudah-mudahan sobat semua sudah mengerti cara pemakaian aplikasi flash card AnkiDroid.


Mudah, lengkap dan keren banget kan aplikasinya? Hingga sekarang aplikasi masih menjadi favoritku dalam menghafal apa saja.

Baca juga: Daftar Kosakata Bahasa Jepang N5: Kata Benda

Baiklah, sampai di sini dulu ya perjumpaan kita, sampai jumpa lagi di review dan rekomendasi aplikasi penunjang belajar bahasa Jepang yang keren lainnya ya(≧▽≦) sudah ngantuk berat nih, kalau diterusin nanti bisa kemana mana tulisannya nih. Riizhu mohon maaf jika tulisan riizhu masih belum sempurna dalam menjelaskan. Minna oyasumi ne.
Aplikasi Flash Card Terbaik untuk Menghafal Kosakata dan Kanji

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner