18th Day: Tools Pembantu Menerjemahkan Manga

Minggu 28 Agustus 2015 Selamat malam^^ wah tinggal menghitung hari lagi, hari H semakin dekat saja, sudah saat hari sibuk untuk menyiapkan semuanya. Ingin cepat selesai biar lega, gak peduli berhasil atau gagal( ・∀・)baiklah hari ini riizhu ingin memeriksa senjata untuk berperang dalam menerjemahkan manga, alat tempurnya semuanya gratisan, maklum masih baru mencoba memulai bermimpi belajar menjadi penerjemah manga, dan beberapa hari lalu riizhu baru saja beli laptop baru XD sebenarnya rencana awal ingin beli PC, tapi kebetulan ada teman nawarin laptop yang cukup bagus dan harganya cukup murah, ya sudah deh akhirnya tergoda untuk beli laptop dulu dan keinginan untuk memiliki PC ditunda dulu\(◎o◎)/ . Baiklah untuk laporan hari ini ijinkan riizhu untuk mereview aplikasi yang riizhu gunakan untuk dalam menerjemahkan manga, yuuk let's check it out.
Tools Pembantu untuk Berperang

Kamus yang digunakan

Sehebat apapun seorang penerjemah pasti akan sangat membutuhkan kamus saat menerjemahkan, kamus merupakan perlengkapan wajib bagi para penerjemah, para penerjemah pro saja butuh kamua apalagi riizhu yang perbendaharaan kosakatanya masih sangat kurang ini(・・;). Beberapa aplikasi kamus yang sering riizhu gunakan untuk mencari makna kata adalah pertama dan terbaik menurut riizhu pribadi adalah Takoboto, aplikasi Android yang memiliki jumlah kosakata yang lengkap bahkan pola-pola grammar pun kalau disearch juga ada, mensearchnya juga sangat mudah, kita bisa menggunakan kanji, kana, romaji hingga bisa mencarinya dengan menggunakan bahasa Inggris, dan sangat praktis kita tidak perlu terkoneksi internet untuk menggunakannya. Lalu ketika kita tidak tau cara baca kanji terus kan dalam manga huruf-hurufnya gak bisa dicopaskan ya, kalau dalan situasi seperti itu biasanya riizhu mencarinya dari radical/bushu nya dan di takoboto ada fitur untuk mencari kanji by radical, pokoknya aplikasi ini menjadi yang pertama yang riizhu buka. Kalau tidak ditemukan maka riizhu menggunakan aplikasi kamus bernama Japanese, salah satu kamus bahasa Jepang - English offline juga, seluruhnya hampir sama dengan Takoboto, cuma di app Japanese ini kita bisa mencari kanji berdasarkan tulisan (Handwriting) tapi kekurangannya di kolom searchnya kita tidak bisa menggunakan keyword huruf Kanji, alternatif lain biasanya riizhu menggunakan Google Translate dan kalau di semua aplikasi itu riizhu belum menemukan maknanya atau belum yakin maka riizhu langsung menuju mbah Google untuk bertanya XD, atau kadang bertanya di situs Q&A.

Software yang digunakan

Software yang akan riizhu gunakan untuk menerjemahkan adalah mungkin MS Word saja(^_^) ikut orang banyak saja, kalau Cat Tools nggak punya(。ŏ﹏ŏ) softwarenya mahal cuy, lagian riizhu pernah baca ada yang bilang kalau menerjemahkan manga/komik Cat tools tidak begitu berguna, tapi mungkin nanti pengen coba-coba juga cat tools yang gratisan dulu, semoga nanti ke depannya juga bisa menerjemahkan light novel, aamiin(^_^;), jadi penggunaan software cukup MS Word saja dulu dengan format PDF atau dokumen lainnya. 

Aplikasi Pendukung dan Pelengkap

Beberapa aplikasi pendukung lainnya diantaranya Sound FX Dictionary aplikasi kamus onomatopoeia bahasa Jepang - Inggris, mungkin riizhu bakal sangat memerlukan ini, soalnya skill onomatope riizhu masih sangat kurang(°ー°〃). Aplikasi pelengkap lainnya adalah Kamusku kamus offline Inggris - Indonesia, kan kebanyakan kamus diatas menggunakan bahasa Inggris artinya, jadi pasti nanti ada kata bahasa Inggris yang riizhu tidak ketahui juga(+_+) jadi setelah buka takoboto lalu terjemahin lagi arti bahasa Inggrisnya di Kamusku, fuben da ne.

Alat Temput Menerjemahkan Anime
Yeah, itu saja beberapa alat tempur riizhu untuk menghadapi peperangan, belum begitu canggih ya, semoga bisa, hal terakhir yang riizhu butuhkan adalah SEMANGAT!٩(♡ε♡ )۶.
18th Day: Tools Pembantu Menerjemahkan Manga

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner