6 Tips Mengingat Kosakata Baru Bahasa Jepang Secara Efektif

Mina-san konbanwa^^, riizhu desu, terima kasih sudah berkunjung kesini, malam hari ini saya hanya ingin membagikan 6 tips untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Jepang yang mungkin bisa sobat coba untuk terapkan dan mudah-mudahan bisa effective^^. Satu hal yang harus sobat hindari dalam meningkatkan perbendaharaan kosakata yaitu jangan pernah menghafal kosakata dari kamus, karna apa? karna kemungkinan kata yang kita hafal di dalam kamus jarang atau bahkan tidak pernah digunakan lho, jadi hanya gunakan kamus untuk mencari kata yang ingin kita cari artinya saja ya^^. Dan di bawah ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan perbendaharaan kosakata bahasa Jepang yang insya allah akan efektif untuk sobat semua, karna seperti inilah cara saya untuk menambah perbendaharaan kosakata bahasa Jepang setiap harinya^^ dan alhamdulillah, menghafal dengan metode-metode dibawah ini tidak cepat lupa kata yang telah kita hafal.

1. Membuat Flash Cards

yang pertama adalah flash cards, apa itu flash cards? riizhu yakin sobat semua pasti sudah tau apa itu flash cards bukan? ya, ini adalah metode menghafal kata yang paling terkenal dan banyak digunakan di seluruh dunia dan metode ini juga menjadi metode favorit saya untuk menghafal kata baru^^, sobat tinggal buat flash cards sendiri atau menggunakan aplikasi/software flash cards juga bisa, tinggal kumpulkan kata-kata yang ingin kita hafal, kalau bisa kata-kata yang sobat kumpulkan itu satu kategori, misalnya nama-nama hewan, trus tulis di flash cards sobat di depan adalah katanya dan di belakangnya adalah artinya, coba dihafal dulu lalu tinggal latihan menghafal deh dengan mengacak flash cardsnya dan sebutin artinya, latihan terus secara berulang-ulang hingga sobat bisa benar-benar hafal dengan katanya. Owh iya metode ini juga efektif digunakan untuk menghafal Kanji lho.

2. Lihat Variasi Grammatical dari Sebuah Kata

Tips yang kedua adalah memikirkan variasi grammatical dari kata tersebut, contohnya nih kata 話す=hanasu=berbicara, lalu sobat bisa cari variasinya seperti, 話/話し=hanashi=cerita、話し合う=hanashiau=saling berbicara、話せる=hanaseru=bisa berbicara、話される=hanasareru=dibicarakan、話させる=hanasaseru=membicarakan atau yang kanjinya sama misal 昔話=mukashibanashi=dongeng/cerita zaman dulu、電話=denwa=telepon dan sebagainya, jadi cukup menghafal satu kata/satu kanji kita sudah dapat banyak kosakata^^.

3. Pelajari Sinonim, Antonim dan Hubungannya dengan Kata Lain

Tips ketiga adalah menghafal kata sinonim dan antonimnya, atau kata yang artinya mirip/berhubungan, misal 愛=ai=cinta dan 恋=koi=cinta, 仲間=nakama=rekan dan 友達=tomodachi=teman、好き=suki=suka dan 嫌い=kirai=benci dan lainnya yang dapat merantai kata tersebut agar mudah di ingat oleh otak kita^^.

4. Buatlah Sebuah Kalimat dari Kata Baru yang Kita Pelajari

Tips yang keempat adalah coba tambahkan kata baru ke dalam satu kalimat, misalnya nih saat kamu sedang membaca tulisan bahasa Jepang atau lagi belajar bahasa Jepang lalu kamu menemukan ada kata yang tidak kamu ketahui artinya, trus carilah kata tersebut di kamus setelah menemukan artinya coba kamu buat/karang sebuah kalimat yang menggunakan kata baru yang baru saja kamu temukan tersebut^^, insya allah ini akan meningkatkan ingatan kita pada kata baru yang baru kita temukan agar tidak langsung terlupakan lagi.

5. Selalu Bawa Catatan Kemanapun Pergi

Tips kelima yaitu selalu membawa catatan kemanapun kamu berada, dan berhubung di zaman sekarang sobat semua pasti memiliki yang namanya smartphone yang hampir setiap waktu kita bawa, bukan? kenapa tidak dijadikan catatan saja, jadi kita tidak perlu repot-repot lagi bawa buku dan pulpen^^. Jadi jangan lupa untuk langsung mencatat kosakata baru yang sobat temukan, dan jangan lupa juga untuk membuka catatannya di saat waktu luang, saat menunggu teman, atau saat di dalam angkot mungkin^^.

6. Pelajari Lagi Kata Tersebut Sebelum Kita Melupakannya

Dan tips terakhir adalah pelajari kembali kosakata-kosakata baru tersebut sebelum kita melupakannya^^, artinya jangan pernah melupakan begitu saja kosakata yang telah kita pelajari dulu dan langsung belajar kosakata baru lagi, tapi coba bukalah kembali sesekali kosakata/catatan kita beberapa hari/minggu yang lalu apakah masih kita ingat atau terlupakan^^.

Tips lainnya: Strategi Belajar Bahasa Jepang yang Efektif

Baiklah itu saja 6 tips untuk mengingat kosakata baru bahasa Jepang yang bisa riizhu share, sepertinya tidak cuma bahasa Jepang saja, tapi tips - tips di atas juga bisa diterapkan untuk belajar bahasa asing lainnya, semoga tips yang tlah riizhu share bisa bermanfaat ya^^, yang penting jangan lupa untuk mencoba menggunakan kosakata-kosakata yang ingin kita hafal di kehidupan sehari-hari kita, use it or lost it.
6 Tips Mengingat Kosakata Baru Bahasa Jepang Secara Efektif
2 komentar

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise