Menyatakan Ingin Melakukan Sesuatu : ~tai desu ~tagatte iru (~たいです~たがっている)

Kali ini kita akan mempelajari grammar bahasa Jepang^^, tata bahasa yang akan kita pelajari hari ini mengenai cara menyatakan keinginan melakukan sesuatu menggunakan tata bahasa ~tai desu dan ~tagatte imasu. kita sudah pada tau bagaimana cara untuk menyatakan keinginan terhadap sesuatu yaitu dengan menggunakan pola kata benda + ga + hoshii desu, ya kan?. Contoh :
新しいパソコンが欲しいです
atarashii pasokon ga hoshii desu
saya ingin komputer baru
Untuk lebih menekankan keinginan, sobat bisa menambahkan の atau bisa di singkat jadi ん saja sebelum kata です. Contoh :
スマートポンが欲しいんです
sumaatopon ga hoshii n desu
saya ingin smartphone
Nah di pelajaran kali ini kita akan mempelajari tentang pola kalimat untuk menyatakan ingin melakukan sesuatu. caranya ialah dengan cara mengubah kata kerja ke bentuk ingin (bentuk-tai). cara mengubah kata kerja ke bentuk-tai pertama-tama sobat coba konjugasikan dulu kata kerjanya ke bentuk akar (renyoukei) jika belum tau silahkan (baca : cara mengubah kata kerja ke bentuk akar), jika kata kerjanya sudah diubah ke bentuk akar selanjutnya tinggal sobat tambahkan tai setelahnya. Misal :
飲み+たい=飲みたい=nomitai=ingin minum
食べ+たい=食べたい=tabetai=ingin makan
し+たい=したい=shitai=ingin melakukan
き+たい=来たい=kitai=ingin datang
行き+たい=行きたい=ikitai=ingin pergi
Agar kalimatnya terdengar lebih sopan maka sobat bisa menambahkan kata です di akhirnya. gampang kan^^. Dan inilah contoh-contoh dalam penggunaan tai dalam suatu kalimat :
日本が凄い国ですから日本に行きたいです
nihon ga sugoi kuni desu kara nihon ni ikitai desu
saya ingin pergi ke jepang karena jepang adalah negara yang hebat
あなたの側にずっといたいです
anata no soba ni zutto itai desu
saya ingin slalu berada di sampingmu

Owh iya, kata kerja bentuk-tai ini sifatnya menjadi seperti kata sifat-i lho^^, dan sobat bisa mengkonjugasikannya layaknya kata sifat-i. misalnya untuk negatifnya ganti i dengan kunai, dan lampaunya ganti i dengan katta dan konjugasi kata sifat-i lainnya. Contoh :
あなたに会いたかった
anata ni aitakatta
aku kangen sama kamu (bentuk lampau, di ucapkan ketika udah ketemu orang yg dikangeninnya)
何も食べたくないよ
nanimo tabetakunai yo
aku tidak ingin makan apa-apa
流浪に検心という映画を見たいんです
rurou ni kenshin to iu iega o mitai
saya ingin melihat film rurou ni kenshin
私の家に行きたいですか
watashi no uchi ni ikitai desu ka
apakah (kamu) ingin pergi ke rumahku?

Satu hal yang perlu sobat ketahui, yaitu bentuk-tai ini tidak bisa di gunakan untuk menyatakan keinginan orang ke tiga. contoh :
彼は本を読みたいです(salah)
kare wa hon o yomitai desu
dia ingin membaca buku

Ini adalah kalimat yang salah secara grammar. hmm, emang realistis sih, soalnya kan kita tidak bisa mengetahui isi hati orang jadi tentu juga kita tidak bisa mengetahui apa yang ingin dilakukan orang lain kan^^. tapi kalau pertanyaan untuk orang kedua maka bisa menggunakan bentuk-tai ini karna kita menebak yang ingin orang kedua lakukan bukan^^. dan ada caranya kok untuk membuat kalimat yang ingin orang ketiga lakukan^^ yaitu dengan pola kalimat ~たがる=tagaru atau versi sopannya yaitu ~たがっています=tagatte imasu. Contoh :
彼は本を読みたがっています
kare wa hon o yomitagatte imasu
dia ingin membaca buku
ナルトはサスケの友達になりたがっている
naruto wa sasuke no tomodachi ni naritagatte iru
naruto ingin menjadi teman sasuke
人間になりたがった猫
ningen ni naritagatta neko
kucing yang ingin menjadi manusia
彼はなぜ彼女の事をもっと知りたがっているのか
kare wa naze kanojo no koto o motto shiritagatte iru no ka 
mengapa ya dia (laki-laki) ingin tau lebih tentang dirinya (perempuan)

Baca juga: Menyatakan Melakukan Sesuatu Sambil Melakukan Sesuatu ~nagara (~ながら)

Sip, selesai sudah pelajaran tata bahasa kita kali ini^^ jadi kesimpulannya adalah jika kita ingin menyatakan keinginan kepada sesuatu maka gunakanlah kata benda + が欲しいです(ga hoshii desu), dan jika ingin menyatakan ingin melakukan sesuatu maka gunakanlah kata kerja bentuk-tai. terakhir gunakan tagaru untuk menyatakan hal yang orang ketiga ingin lakukan. mudah bukan? cuma perlu mengingat 3 kata aja kok, hoshii, bentuk-tai dan bentuk-tagaru.^^ sip, hari ini udahan dulu ya, kita lanjutkan besok lagi.
Menyatakan Ingin Melakukan Sesuatu : ~tai desu ~tagatte iru (~たいです~たがっている)
1 komentar:

Kalo bntuk te ny i ny d ganti pake kute?bner apa slah?hehe

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner