Mengenal Istilah - Istilah yang Terdapat dalam Kanji Jepang

Dalam pelajaran kali ini kita tidak akan mempelajari bagaimana cara menulis kanji, tapi di pelajaran ini kita akan mengenal beberapa istilah-istilah yang terdapat di dalam Kanji, untuk mempelajari huruf kanji lebih dalam maka kita perlu mempelajari pengenalan istilah yang sering muncul dalam kanji, istilah apa sajakah gerangan, berikut adalah istilah-istilah yang sering muncul dalam Kanji, dan mari kita mempelajarinya bersama^^ :

Istilah-istilah yang sering terdapat dalam Kanji:


1. Kunyomi (訓読み)

Kunyomi adalah cara baca kanji asli bahasa Jepang yang biasa ditulis di kamus dengan menggunakan hiragana.

2. Onyomi(音読み)

Onyomi adalah cara baca kanji yang menyesuaikan dengan bahasa China dan biasanya ditulis dengan huruf katakana di kamus.

3. Nanoriyomi(名乗り読み)

Nanoriyomi adalah cara baca Kanji yang digunakan untuk sebuah nama bisa nama orang, nama tempat, nama daerah dan lain-lain. jadi jika ada kanji nama yang mempunyai cara baca unik dan tidak terdapat dalam kunyomi ataupun onyomi maka kemungkinan itu dibaca dengan cara baca nanoriyomi.

4. Bushu(部首)

Bushu adalah suatu unsur yang terdapat dalam suatu kanji yang dapat membantu untuk memahami makna kanji dan dapat mengklasifikasikan kanji agar mudah dicari di kamus.

5. Hitsujun(筆順)

Hitsujun adalah urutan saat penulisan Kanji. Menulis kanji itu tidak sembarangan selain guratan/kakusuunya harus benar urutan guratan/hitsujunnyapun juga harus benar.

6. Kakusuu(画数)

Kakusuu adalah jumlah hitungan guratan yang terdapat dalam penulisan kanji.

7. Rikusho(六書)

Rikusho adalah istilah untuk bahasan tentang asal muasal suatu Kanji seperti asal muasal terbentuknya suatu kanji dan asal muasal maknanya, intinya rikusho artinya adalah istilah untuk sejarah suatu kanji.

8. Jukugo(熟語)

Jukugo adalah sebutan untuk suatu kata yang terbentuk dari gabungan dua atau lebih kanji.

9. Kouyou kanji(常用漢字)

Jouyou kanji adalah list kanji umum yang telah di tetapkan oleh pemerintahan jepang sebagai kanji yang harus di kuasai oleh warga Jepang ataupun orang yang ingin belajar Bahasa Jepang.

10. Kyouiku Kanji (教育漢字)

Kyouiku kanji adalah sebutan untuk jumlah kanji yang wajib dipelajari di sekolah dasar di Jepang, kyouiku berarti pendidikan.

Demikianlah beberapa istilah yang biasa terdapat di dalam Kanji, semoga yang baca semuanya pada mengerti dan bertambahlah ilmunya aamiin^^, bagi yang belum mengerti boleh ditanyakan di kolom komentar.
Mengenal Istilah - Istilah yang Terdapat dalam Kanji Jepang

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved - Protected by Copyscape
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner