Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang ke dalam Bentuk-te (te-kei)

Hello, jumpa lagi bersama riizhu^^ mari belajar grammar bahasa Jepang lagi yuk! yuk mari, kali ini kita akan belajar tentang cara mengubah kata kerja ke dalam bentuk-te (te-kei) caranya tidak berbeda jauh dengan cara mengubah kata kerja ke bentuk-ta yang kemarin riizhu share, tinggal ganti akhiran A dengan E saja sebenarnya^^ kita mulai belajarnya yuk.

Apa sih kegunaan kata kerja bentuk-te ini? Nah mungkin ada yang nanya seperti itu, kegunaan bentuk-te itu banyak sekali, bisa untuk merantai kata kerja, bisa buat kata kerja progressive kalau ditambah dengan iru, bisa menjadi suruhan kalau ditambah kudasai/kureru/choudai, bisa menjadi larangan kalau ditambah wa ikenai/naranai/dame dan masih banyak lagi deh kalau disebutin semua juga mungkin sobat yang masih pemula masih belum mengerti dan tenang aja insya Allah semuanya akan dipelajari di sini kok^^ jadi untuk sekarang anggap saja bentuk-te itu untuk menderet/merantai kata kerja atau kalimat.

Di sini para pelajar BJB sudah riizhu anggap sudah bisa membedakan kelompok-kelompok kata kerja yang telah kita bahas dengan detail di postingan yang lalu, jadi di sini pengetahuan tentang kelompok kata kerja diperlukan dan tidak dijelaskan lagi di sini (sudah di anggap bisa),buat yang belum tau kelompok kata kerja baca lagi ya kelompok kata kerja bahasa Jepang, oke buat yang udah ngerti tentang kelompok-kelompok kata kerja mari kita pelajari cara mengkonjugasikan kata kerja ke bentuk-te.

Oke pertama kita akan mengubah kelompok yang paling susah dulu yaitu kata kerja kelompok 1 atau di sebut godan doushi.

1. Cara mengubah godan doushi ke dalam bentuk-te : untuk akhiran つ(tsu)、る(ru)、う(u) gantilah kata tersebut dengan って(tte) contohnya : 待つ(matsu) → 待って(matte), 作る(tsukuru) → 作って(tsukutte), 使う(tsukau) → 使って(tsukatte). dan untuk akhiran む(mu)、ぶ(bu)、ぬ(nu) gantilah kata tersebut dengan んで(nde) contohnya : 飛ぶ(tobu) → 飛んで(tonde)、読む(yomu) → 読んで(yonde)、 死ぬ(shinu) → 死んで(shinde). Dan untuk tiga yang terakhir adalah く(ku) ganti dengan いて(ite)、ぐ(gu) ganti dengan いで(ide)、dan す(su) ganti dengan して(shite) contoh : 書く(kaku) → 書いて(kaite)、泳ぐ(oyogu) → 泳いで(oyoide)、話す → 話して(hanashite). khusus kata 行く(iku) maka menjadi 行って(itte)

Itu dia cara mengubah kelompok 1 ke bentuk-te, berikutnya adalah kelompok 2/ichidan doushi yang kita ubah kebentuk-te.

2. Cara mengubah ichidan doushi ke bentuk-te : kalau ini cukup mudah sobat, sobat BJB tinggal ubah aja akhiran る(ru) dengan て(te) contohnya : 見る(miru)→ 見て(mite)、食べる(taberu)→ 食べて(tabete)、捨てる(suteru)→ 捨てて(sutete)、助ける(tasukeru)→ 助けて(tasukete).

Mudah bukan? Hehe, next yang terakhir dan cukup mudah juga.

3. Cara mengubah fukisoku doushi ke bentuk-te : dalam kelompok ini yang perlu diperhatikan cuma dua doushi(kata kerja) aja menurut riizhu yaitu する dan 来る dan seperti inilah perubahan ke bentuk-te nya : する(suru) → して(shite)、来る(kuru) → 来て(kite) cukup itu aja.

Eh iya, kata kerja negatif juga bisa di ubah ke bentuk-te lho! mau tau caranya? gini nih caranya : sobat cukup mengganti akhiran い(i) dengan くて(kute) saja^^ contohnya : 食べない(tabenai) bentuk-te negatifnya adalah 食べなくて(tabenakute), 走らない(hashiranai) menjadi 走らなくて(hashiranakute) hehe gampang banget kan^^.

Cukup itu aja^^ jika sobat menguasai bentuk-te ini maka ini akan menjadi bekal sobat untuk menguasai grammar bahasa Jepang tingkat menengah.

Ini dia riizhu kasih kesimpulannya ya :
http://bahasajepangbersama.com
Konjugasi kata kerja ke bentuk-te
kata kerja biasa kata kerja bentuk-te
Godan doushi/kk 1
tsukau tsukatte
katsu katte
tsukuru tsukutte
yomu yonde
asobu asonde
shinu shinde
kaku kaite
kagu kaide
hanasu hanashite
Ichidan doushi/kk 2
taberu tabete
miru mite
Fukisoku doushi/kk 3
suru shite
kuru kite
untuk negatifnya tinggal ganti i dengan kute : minai=minakute
Oke, bye bye, semoga cepet mengertinya ya, ganbatte sobat BJB semuanya dan sampai berjumpa lagi di postingan berikutnya^^ jaa na.
Cara Mengubah Kata Kerja Bahasa Jepang ke dalam Bentuk-te (te-kei)
6 komentar

maaf min, bentuk ~te ini untuk sopan nya gimana??

maaf min mau nanya, ini rujukan atau buku referensi dari mana ya ? pengen baca.. .
makasih sebelumnya

min, maaf ada yang perlu diralat mungkin. di bagian 1. cara mengubah godandoushi yang contoh ( 作る(tsukuru) → 作って(matte) ) perubahannya kok sama dengan yang matsu ya?

Iya, salah romajinya^^. Sekarang sudah dibenerin, makasih udah ngasih tau

Bedain itu kk1 sama kk2 di akhir kata "ru" gmna min? Kan tsukuru jdi tsukutte, taberu jadi tabete,miru jdi mite

KK2 biasanya akhirannya iru atau eru. Kalau KK1 biasanya selain dari itu.

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner