Belajar Huruf Jepang #4: Latihan Hiragana | Belajar Bahasa Jepang Bersama Belajar Huruf Jepang #4: Latihan Hiragana | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Belajar Huruf Jepang #4: Latihan Hiragana

Mempelajari suatu bahasa tidak cukup hanya dengan membaca dan menghafalnya saja. Tapi harus lebih dari itu, kita harus terus menggunakan dan membiasakannya agar hafalannya berada di luar kepala. Setelah di level itulah baru kita bisa dikatakan "Bisa" dalam berbahasa. Untuk itu saya akan membuat banyak latihan buat mengukur sudah seberapa hafalkah kita dengan hiragana dan katakana.

Latihan Hiragana

Pada arc "Belajar Huruf Jepang" ini, terdapat 3 kali latihan. Latihan pertama adalah khusus latihan hiragana baik hafalan maupun pengetahuannya. Latihan kedua adalah latihan katakana dan latihan ketiga adalah latihan akhir yang berisi seluruh materi yang ada di bab "Belajar Huruf Jepang".

Di postingan ini kita akan latihan hiragana. Berikut ini sedikit info tentang latihannya.

Ini adalah latihan mandiri untuk mengukur kemampuan diri sendiri, diharapkan untuk tidak menggunakan alat bantuan apapun ya, tidak boleh Googling dan lainnya, semuanya harus dijawab dengan kemampuan hafalan kepalamu sepenuhnya. Setelah mengerjakan silahkan bandingkan dengan patokan nilai yang didapat.

  • Jika nilai dibawah 55% disarankan sebaiknya kamu harus mengulang menghafal huruf-huruf hiragana lagi.
  • Jika nilai 55% - 85% berarti kamu sudah lulus dan dapat melanjutkan mempelajari katakana atau mulai belajar materi dasar. Disarankan untuk sesekali tetap melakukan pengecekan hafalan huruf hiragana.
  • Jika nilai di atas 85% berarti kamu sudah menguasai huruf hiragana sepenuhnya.
Sebelum mengerjakan pastikan kamu sudah menginstal keyboard yang bisa menulis hiragana ya. Pada latihan ini terdapat 40 soal yang masing-masing bernilai 1 poin. Ada 10 soal menebak cara baca romaji dari huruf hiragana, 10 soal sebaliknya, yakni mengubah cara baca romaji ke huruf hiragana, 10 soal jenis isian, dan 10 soal terakhir adalah tentang pengetahuan huruf hiragana. 

Baiklah, selamat mengerjakan, sobat BJB bisa mengerjakan tesnya di web ini atau bisa langsung menuju link Google formsnya di sini: https://forms.gle/UDVvReKuFWx2xpzB6. Selamat mengerjakan, Ganbatte kudasai!! Semangat!!

Baca Juga

Komentar