[Hiragana Renshuu 02]: Hiragana Dakuon dan Youon List | Belajar Bahasa Jepang Bersama [Hiragana Renshuu 02]: Hiragana Dakuon dan Youon List | Belajar Bahasa Jepang Bersama

[Hiragana Renshuu 02]: Hiragana Dakuon dan Youon List

Ohayou Minna, bertemu kembali di Kanji Lesson, seperti yang ada di kelas semalam, kali ini kita masih akan mempelajari huruf hiragana, kalau kemarin ada 46 huruf yang telah kita pelajari, malam ini tepatnya tanggal 31 Oktober 2016, kita akan mempelajari 25 hiragana dakuon dan 36 hiragana youon.

Hiragana dakuon adalah hiragana yang bertambah tenten/maru sedangkan hiragan youon adalah hiragan gabungan dengan や ゆ よ kecil.

Karna tidak ada bentuk huruf baru disini jadi tidak diberikan lagi urutan guratannya biar sekalian mereview urutan guratannya^^.
Hiragana Dakuon List

Hiragana Youon List
Untuk Renshuunya, Coba deh Minna tulis huruf-huruf berikut ini masing-masing sebanyak 10 kali.
Selain nanti kita hafal hurufnya, tulisan kita pun akan semakin terasah. Selamat belajar, ganbatte ne^^

Hasil Hiragana Renshuu 02


Mantap, makin kesini tulisannya semakin pada terlihat makin rapi^^, lumayan banyak yang mengerjakan tugasnya juga, semangat terus belajarnya minna XD.

Sedikit info tambahan dalam Hiragana dakuon dan youon

Dakuon

Dakuon adalah huruf hiragana yang dibaca tebal, memiliki penambahan maru dan tenten di kanan atas dari huruf standardnya. Seperti が、ぎ、ぐ、げ、ご dan lainnya.

Youon

Youon adalah huruf hiranana bunyi deretan "i" yang bergabung dengan や、ゆ、よ kecil seperti きゃ、きゅ、きょ dan lainnya.

Sokuon

Sokuon adalah ucapan yang ditulis dengan huruf hiragana tsu kecil (っ). digunakan ketika terdapat kata yang memiliki konsonan double.
Contoh :
1. さっき (sakki) = barusan (terdapat double "k" dalam kata sakki)
2. きっと (kitto) = pasti (terdapat double "t" dalam kata kitto)
3. きっぷ (kippu) = karcis (terdapat double "p" dalam kata kippu
Khusus untuk kata Minna (semuanya), Minna = みんな terdapat double "n" dalam kata minna, tetapi kata minna tidak ditulis dengan tsu kecil (っ) karena huruf "n" sudah memiliki hiragana sendiri yaitu ん (n).

Chouon

Bunyi Vokal panjang dalam bahasa Jepang. Jika terdapat garis atas pada huruf vokal maka huruf tersebut dibaca panjang (2 kali lipat),,
Contoh :
おにいさん=oniisan=kakak laki-laki
おねえさん=oneesan=kakak perempuan
ゆうべ=yuube=kemarin malam
こうこう=koukou=SMA
kebanyakan vokal O yang panjang, diikuti dengan vokal U tetapi ada beberapa kata yang diikuti dengan vokal O contohnya : 
とおり (toori)=jalan
おおきい=ookii=besar
おおどおり=oodoori=jalan raya.

Kelas BJB sebelumnya: Hiragana Renshuu 01

Oke, selesai sudah pelajaran Hiragana Renshuu 02 kali ini, pada pelajaran minggu depan kita akan mempelajari Katakana selama dua sampai tiga minggu baru akan mulai mempelajari Kanji XD. Tetap semangat ya perjalanan masih panjang.
Baca Juga

Komentar