5 Cara Menyenangkan Melatih Kemampuan Bahasa Jepang

Melatih kemampuan bahasa Jepang tak selalu dilakukan di saat-saat serius atau di waktu-waktu utama saja dan juga tak selalu membuat kepala kita pusing tapi bisa juga dilakukan disaat kita bersantai-santai dan tak membebani pikiran kita^^, bagaimanakah cara belajar bahasa Jepang diwaktu santai dan tak membebani pikiran? Di kesempatan kali ini riizhu ingin membagikan 5 Cara menyenangkan melatih kemampuan bahasa Jepang, langsung saja ya kita simak bersama-sama :

1. Menonton anime / film berbahasa Jepang

Buat yang suka nonton nih, jangan cuma menonton saja tapi manfaatkan juga tontonanmu sebagai materi pelajaran buatmu jadi kita bisa melakukan hobi plus belajar bahasa Jepang^^ pastinya sangat mengasyikkan bukan? Jangan cuma membaca subtiltlenya saja dan menutup kuping untuk bahasa Jepang aslinya tapi perhatikan dan pelajari bagaimana si character menyampaikan kata-katanya dan coba tangkap juga kata-katanya agar lebih terbiasa dengan bahasa Jepang dengan speed normal dan diucapkan native speakernya dan perhatikan juga kontek kalimatnya, dan sesekali di repeat jika ada kata yang menurut kita bagus/dibutuhkan untuk dipelajari atau dihafal. Dari menonton film/anime kita bisa melatih kemampuan choukai/listening kita dan sangat mengasyikkan pastinya^^.

2. Baca Berita Bahasa Jepang

Jika hobimu bukan menonton tapi membaca maka bisa melakukan hal mengasyikkan yang kedua ini untuk mengimprove kemampuan bahasa Jepang kita, Cara yang kedua ini adalah dengan cara membaca berita berbahasa Jepang, Jangan takut duluan untuk mencoba membaca text bahasa Jepang yang banyak Kanjinya karna di zaman sekarang kita sudah punya banyak senjata-senjata yang mutahir untuk mengatasinya seperti kamus offline, kamus online, atau adds on rikai-chan/rikai-kun pada browser chrome dan firefox agar bisa membantu huruf Kanji yang tak diketahui romaji beserta artinya dan masih banyak lagi senjata-senjata mutahir lainnya jadi jangan takut untuk membaca info berbahasa Jepang ya^^. Yang penting pahami keseluruhan textnya (apa yang dibahas temanya apa) terus pelajari juga kosakata-kosakata baru yang belum kita hafal dan pelajari juga kalimat-kalimat yang natural dalam bahasa Jepang. Gak kalah mengasyikkan juga kan sama cara yang diatas tadi? Sudah banyak kok berita-berita / koran-koran online bahasa Jepang yang bisa dibaca secara gratis^^.

3. Bermain game bahasa Jepang

Cara belajar yang mengasyikkan yang ketiga nih buat para gamers yaitu belajar bahasa Jepang sambil bermain game. Sudah banyak yang berpendapat bahwa belajar sambil bermain adalah hal yang sangat mengasyikkan, Jadi coba saat bermain game maka manfaatkanlah game sebagai sarana belajarmu, ada banyak kok game-game yang menggunakan bahasa Jepang mulai dari game-game PS1, PS2, PS3 dan konsol lainnya^^. eittts tapi ingat manfaatin game buat belajar jangan cuma ngambil kesenangannya saja ya dan melupakan pelajarannya (tidak baca percakapan karakter dan tulisan-tulisannya).

4. Mendengar lagu Jepang

Cara melatih kemampuan bahasa Jepang yang ketiga adalah mendengarkan lagu Jepang^^ cara ini juga cara favorit saya saat ingin merilexkan badan dan pikiran tapi tetap sambil melatih kemampuan. Saya rasa hampir semua orang suka dengan musik ya, tinggal genrenya aja yang beda-beda biasanya, Cara belajar yang menyenangkan ini cocok dilakukan saat pikiran kita sedang stress/kacau/galau dan untuk menenangkan pikiran kita^^. Pikiran pun tenang dan belajar tetap Jalan agar lebih joss biasanya saya juga dengerin sambil lihat liriknya^^.

5. Berlibur Ke Jepang

Cara belajar yang terakhir nih khusus buat orang berduit kayaknya XD, yaitu ryokou suru ke Jepang, bisa refreshing liburan dan bisa juga sambil praktek bahasa Jepang baik sekedar baca tulisan-tulisan bahasa Jepang aja atau jika berani mengajak warga sana untuk mengobrol^^ Pasti sangat mengasyikkan tapi itu tadi, biayanya yang gak mengasyikkan(▰˘◡˘▰), sebenarnya ini cuma pelengkap saja hehe.


Itulah 5 Cara menyenangkan melatih kemampuan bahasa Jepang kita, apakah sobat BJB sudah pernah melakukan cara-cara belajar diatas? atau ingin mencoba metode belajar menyenangkan yang telah riizhu bagi di atas?, selamat mencoba buat yang ingin mencoba, semoga ilmu bahasa Jepangnya semakin bertambah ya^^.
5 Cara Menyenangkan Melatih Kemampuan Bahasa Jepang
1 komentar:

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner