Istilah-istilah Bahasa Jepang yang Terdapat di Tahun Baru | Belajar Bahasa Jepang Bersama Istilah-istilah Bahasa Jepang yang Terdapat di Tahun Baru | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Istilah-istilah Bahasa Jepang yang Terdapat di Tahun Baru

新年あけましておめでとうございます。
Shinen akemashite omedetou gozaimasu.
Selamat Tahun Baru^^

Buat semua adders Shinnen akemashite omedetou gozaimasu, selamat tahun baru ya semuanya^^. Semoga di tahun 2017 ini kita bisa menjadi diri yang lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Pada postingan pertama di tahun 2017 kali ini saya akan berikan istilah-istilah bahasa Jepang hal-hal yang ada pada saat tahun baru^^, hmm apa sajakah gerangan, baiklah langsung disimak aja ya.

Istilah Bahasa Jepang Hal yang Ada Saat Tahun Baru di Jepang


新年あけましておめでとうございます Shinen akemashite omedetou gozaimasu = selamat tahun baru (diucapkan setelah tahun baru).

良いお年をお迎えください yoi otoshi o omukae kudasai = ucapan tahun baru yang diucapkan pada malam tahun baru (sebelum tahun baru) artinya adalah "semoga menjadi tahun yang baik".

お正月 oshougatsu = 3 hari pertama di bulan Januari (biasanya hari libur tahun baru juga sampai tanggal 3)
元日 ganjitsu = hari pertama di tahun baru (1 Januari)

人日 jinjitsu = 7 hari awal di bulan Januari

お節料理 osechiryouri = sebutan umum untuk hidangan makanan di tahun baru

鏡餅 kagamimochi = hidangan mochi yang dihias berbentuk seperti cermin, dipotong dan dimakan saat malam tahun baru.

お雑煮 ozouni = makanan sup dengan mochi

年賀状 nengajou = kartu ucapan tahun baru

喪中葉書 mochuuhagaki = Jika ada anggota keluarga yang meninggal dalam kurun tahun tersebut maka jangan mengirimkan surat ucapan tahun baru, sebagai gantinya dan sebagai ucapan turut berduka kita mengirimkan mochuuhagaki.

お年玉 Otoshidama = amplop kertas yang berisi uang sebagai hadiah tahun baru ke anak-anak atau tamu. Sama seperti zakat dan ang pao gitu deh.

初だより hatsudayori = Haiku / puisi yang biasanya dibuat pada awal tahun baru.

小正月 koshougatsu = perayaan yang biasanya dilakukan pada pertengahan Januari (dulu pertengahan Februari).

初春 shoshun / hatsuharu = awal musim semi

迎春 geishun = ucapan untuk menyambut musim semi.

賀正 gashou = ucapan selamat tahun baru yang biasanya tertulis pada kartu tahun baru.

謹賀新年 kinga shinen = sama dengan yang di atas, ucapan tahun baru tertulis.

Berikut inilah harapan-harapan dari para admin (clan ~to) pada tahun 2017 ini untuk BJB (Bahasa Jepang Bersama)

Zhutto: Semoga para adminnya bisa lebih kompak lagi dan dapat menyajikan materi yang disukai adders dan semoga addersnya tambah banyak lagi, gak cuma banyak, tapi semoga addersnya berkualitas semua dan banyak yang aktif(^o^).
Dan khusus untuk harapan admin Zhutto pribadi, semoga skill ngomong bahasa Jepangnya meningkat di tahun ini, jadi fokusnya ke listening dan speaking.

Raito: Harapan untuk BJB ke depan...
Semoga BJB makin dekat di hati para Adders Sobat BJB dimana pun kalian berada. Semoga selalu diingat bahwa BJB selalu ada untuk menjadi wadah bagi semua kalangan yang ingin belajar bahasa Jepang. Tak pandang usia, ras, suku, agama, bangsa, status, gender dan sebagainya. Mengingat masih minimnya fungsi positif dari dunia Maya atau media sosial yang ada sekarang ini, semoga BJB menjadi salah satu komunitas yang mengusung nilai positif dari adanya dunia Maya dan medsos ini. 
Juga untuk kami para admin, kami selalu berusaha untuk menyuguhkan kepada Sobat BJB semua apa yang ada dari dalam hati kami, dengan harapan bahwa apa yang kami sampaikan dari "hati" kami akan juga sampai kepada "hati" Sobat BJB semua. Jadi mohon selalu kritik, saran dan dukungannya ya Minna. 😋😉
Harapan Raito pribadi sendiri di tahun 2017, semoga Raito bisa mengejar ketertinggalan Raito di clan~to khususnya juga dari para Sobat BJB semua pada umumnya. Bila diibaratkan seorang bayi, Raito lahir secara prematur di Nihongo ini. 😅 Jadi ya mau berusaha untuk bisa mengejar ketertinggalan  Raito, biar hasilnya juga sesuai dengan tingkat perkembangan dan pertumbuhan Sobat BJB yang lain. Wkwkw...

Eito_8: Harapan di 2017
Buat pribadi : smoga bisa lebih aktif dan menutupi smua kekurangan" di tahun tahun sebelumnya.
Semoga bjb bisa menjadi bagian yang tak bisa dilupakan dalam perjalanan hidup adders nya,, setiap blajar tntg bhsa jepang ,,bjb lah yg pertama muncul sbagai referensi belajar..
Semua kesan serius,, kocak,, aneh ,,dan terbuka nya mnjadikan bjb lbih besar lg..
Semoga bjb pun muncul di dunia nyata,, bukan sekedar teman didunia maya dengan event" real dan sgala kegiatan bertemakan belajar bahasa jepang .
Tak lupa juga, Semoga adders gda yg galau galau lagi dan sungkan lg dgn admin" bjb..
Semoga bjb juga bisa seindah pengantin pengantin baru,, wkwkwkwkwkwk

MakotoHarapanku..... untuk BJB di Tahun 2017 semoga BJB bisa lebih baik dari sebelumnya, menjadi tempat yg nyaman dan menyenangkan bagi para member, adder dan visitor...serta selalu dan selamanya memberikan yg terbaik. 
Pesan mimin ~Makoto untuk para member dan Adder, BJB itu merupakan keluarga baru kalian, jangan merasa sungkan atau gimana gitu....
Mungkin admin BJB ada beberapa orang yg suka iseng dan bercanda, jadi mohon jangan baperan ya...
Jika ada member atau adder yg merasa gak nyaman, tolong diungkapkan jangan dipendam....itu semua demi pelayanan yg lebih baik.
Harapanku pribadi, Semoga tahun 2017, semangat belajar bahasa Jepangku meningkat... hapal minimal 600 kanji, lulus N3 dan bisa mengislamkan orang Jepang.

Richto: My Wish for 2017, this my mother special day, 23 years ago, dengan bertaruh nyawa dia melahirkanku kedunia ini, jd kalo setiap tahun baru, aku tidak ingin merayakannya berlebihan, di saat yg lain bersenang2 my mother kesakitan di rumah sakit.. jd my wish, semoga I get LPDP/manbu scholarship and schooling master of Art in Japan,, Improve my skill, meet with apart of my deens, di Istiqomahkan dalam kebaikan, diistiqomahkan dan semoga bertambah ketaatan, serta bertambah semangat berbagi terhadap sesama, jikalau bukan uang mungkin Ilmu yg bermaanfaat, dan selalu di Lindungi oleh Allah dan apapun yg aku lakukan mudah2an di berkahi dan bernilai Ibadah.. Aamin 
Untuk BJB sama seperti yg lain, tp yg beda semoga BJB jd wadah tempat Orang-orang belajar, semangat menyemangati, menjadi motivasi dan memotivasi.. BJB menjadi Alternatif improv skili, tempat  berkreasi, menuangkan ide, dan pengalaman2 berharga... semangat belajar bahasa jepang yg baru
Yukito: Semoga BjB dapat lebih sukses lagi dr thn sblmx. Bisa menjadi referensi untuk membantu para adders mmplajari bhs Jepang. Dan smoga kepercayaan para adders trhadap BJB slama ini tdk akan pernah hilang dan akan terus mningkat.
Smoga kita bsa terus blajar bersama (sekarang dan untuk slamax). Layakx sbh keluarga yg d dlmx ada seorg ayah dan ibu, kakak dan adik yg akan saling mmbantu dan mndukung satu sama lain. Kuharap BJB jg bsa sperti itu. Tidak hanya mnjd sekedar t4 belajar bersama. Tp disini jg kita bsa mrasakan hangatx sbh kluarga. Berbagi pengalaman dan semangat dgn yg lain, dpt mmbuat dirimu mnjd berarti. Jgn abaikan kebaikan kecil, walau hanya sbh senyuman. 

Kalau kalian? Harapan dan doanya dong untuk Bahasa Jepang Bersama di tahun 2017 ini^^ tulis ya harapan dan doa kalian di komentar, dan tulis juga harapan pribadi kalian pada bahasa Jepang di tahun 2017 ini ya Misalnya pengen lulus N3 di tahun ini, atau pengen bisa menguasai 500 kanji tahun ini dsb.

Semoga semuanya bisa terwujud aamiin.

今年もよろしくお願いします
Kotoshi mo yoroshiku onegaishimasu
Baca Juga

3 komentar:

  1. nemu situs belajar bahasa jepang ini
    kerennn!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak gan sudah berkunjung^^

      Hapus
  2. Kerenn gan...saya suka beljr bhs jepang ..baru pemula.bngt soalnya😊😊😊

    BalasHapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.