Perbedaan Kata Kerja aru dan iru (ある、いる) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Perbedaan Kata Kerja aru dan iru (ある、いる) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Perbedaan Kata Kerja aru dan iru (ある、いる)

Di pelajaran ini kita akan khusus membahas tentang dua kata kerja aru (ある) dan iru (いる), kata kerja yang memiliki arti sama namun berbeda penggunaannya. Pelajaran ini bisa dibilang pelajaran yang sangat-sangatlah awal jadi buat yang udah bisa, boleh diskip. menurut saya masih ada pemula yang butuh pelajaran ini makanya saya posting di sini^^.

Kata kerja aru termasuk ke dalam golongan kata kerja godan doushi (kata kerja golongan 1) jadi bentuk masu nya adalah dengan mengubah bunyi vocal u ke i lalu tambahkan masu maka jadilah "arimasu" yang merupakan bentuk sopan (masu-kei)-nya dari aru. Perlu diperhatikan bahwa negatif dari aru adalah nai bukan aranai, ini adalah pengecualian dari aturan konjugasi negatif kata kerja^^. Untuk negatif masu-keinya adalah arimasen.

Sedangkan kata kerja iru termasuk ke dalam ichidan doushi (kata kerja golongan 2) dan cara mengubah ke bentuk masu nya adalah dengan membuang akhiran ru dan menambahkan masu. hingga menjadi "imasu". Berhati-hatilah dalam membedakan iru (居る) : ada dan iru (要る) : butuh/perlu. Kedua kata tadi dibacanya sama kan?^^ cara membedakannya hanyalah dengan meliat konteks(keadaan)nya atau dari kanjinya. Oh iya, meskipun mereka dibaca sama tapi iru (ada) dan iru (perlu) termasuk dalam golongan kata kerja yang berbeda sehingga mereka mempunyai konjugasi yang berbeda pula. Kalau iru (perlu) termasuk dalam godan doushi (kata kerja golongan 1) dan bentuk negatifnya adalah iranai (tidak butuh/perlu). Sedangkan iru yang menyatakan keberadaan makhluk hidup termasuk ichidan doushi (kata kerja golongan 2) sehingga bentuk negatifnya adalah inai (tidak ada)^^. Nah sekarang sudah tahu dong perbedaan iru yang berarti butuh dan iru yang menyatakan keberadaan. Oke berikutnya kita akan bahas penggunaan aru dan iru.

Aru (ある) digunakan untuk menyatakan keberadaan benda mati atau benda hidup yang tak bergerak sendiri seperti tumbuhan meskipun tergolong benda hidup namun tetap menggunakan kata kerja aru. Contohnya :

日本には梅がたくさんあります。
Nihon ni wa ume ga takusan arimasu.
Di Jepang ada banyak buah plum.
森に木がある。
Mori ni ki ga aru.
Di hutan ada pohon.
天国があり、地獄もあり。
Tengoku ga ari, jigoku mo ari.
Ada surga, ada juga neraka.
時間がない。
Jikan ga nai.
Tidak ada waktu.

Sedangkan iru (いる) digunakan untuk menyatakan keberadaan makhluk hidup seperti manusia dan hewan. Contoh:

昨日、私は家にいました。
Kinou, watashi wa uchi ni imashita.
Kemarin saya ada di rumah.
庭には猫がいる。
Niwa ni wa neko ga iru.
Di halaman ada kucing.
父は家にいない。
Chichi wa uchi ni inai.
Ayah tidak ada di rumah.
砂糖があり、蟻がいる。
Satou ga ari, ari ga iru.
Ada gula, ada semut.
君のいる町。
Kimi no iru machi.
Kota yang ada kamunya.

Oke, selesai sudah pelajaran kita hari ini yang membahas mengenai perbedaan kata kerja aru (ある) dan iru (いる), semoga makin paham dengan dua kata aru dan iru ini ya^^.

Baca Juga

Komentar