Ulang Tahun Ketiga Blog Bahasa Jepang Bersama (3年記念日)

Yeaay! Happy 3rd anniversary sekarang BJB yang awalnya dulu adalah seorang bayi yang baru lahir, belajar merangkak, belajar berjalan kini telah menjadi seorang balita👻. Terima kasih supportnya buat sobat BJB yang telah setia mengunjungi dan mendukung blog ini sampai berumur 3 tahun.

Seperti biasa, setiap tahun riizhu akan menulis satu postingan khusus di saat BJB ulang tahun yang isinya adalah hal-hal yang telah dilakukan di tahun sebelumnya dan rencana yang ingin dicapai untuk tahun berikutnya, kadang berisi juga curcol dari sang admin Riizhu #eeaa(≧▽≦).

BJB 3rd Anniversary

Meski saat menuju tahun ketiga ini BJB tetap tidak bisa segencar dan seproduktif seperti saat BJB baru lahir yang dapat menulis 1 artikel per hari. Tapi riizhu tetap senang, karena bisa dikatakan tahun ini adalah tahun yang paling banyak perubahan baik pada blog BJB maupun pada diri riizhu sendiri, hmm penasaran apa saja kah perubahan-perubahan dan juga hal-hal yang telah riizhu dapatkan di perjalanan BJB menuju tahun ketiganya? Ok, Let's check it out.

Telah Memakai Kustom Domain TLD

Pada akhir Desember 2016 lalu akhirnya blog BJB resmi menggunakan domain bahasajepangbersama.com setelah 2 tahun masih menggunakan subdomain blogspot. Tentu saja sebenarnya tidak begitu penting nama domain, justru yang paling penting dari sebuah blog adalah kualitas artikelnya, percuma saja kalau memiliki domain bagus dan professional tapi tidak dibarengi dengan isinya yang juga berbobot dan professional. Maka dari itu dengan bergantinya domain pada blog BJB riizhu pun melakukan hal nomor 2 di bawah

Sekitar 1/3 Artikel BJB Telah di Revisi

Setelah berganti domain, dengan tidak sengaja melihat beberapa postingan-potingan awal blog ini setelah beberapa akun teman sosial media men-share-nya. Wiih, ini kan artikel dan blogku kataku dalam hati, setelah itu buka linknya dan membacanya dari awal sampai akhir😅 apa yang riizhu rasain setelah membacanya? Hihi, ada rasa malu tapi ada rasa senang juga, malu lihat tulisan sendiri yang baru nyadar sekarang kalau tulisanku yang dulu masih terkesan asal-asalan, tidak sesuai EYD. Merasa senang karena ternyata tidak hanya ilmu bahasa Jepang dan blogging saja yang meningkat dari aktivitas mengurus BJB, tapi juga skill menulis, meski pun kumerasa masih kurang sih tapi jika dibandingkan dengan tulisanku yang dulu yaah, ada banyak peningkatan yang tak kusadari selama mengurus BJB(≧▽≦). Setelah melihat beberapa tulisanku di awal-awal akhirnya kuputuskan untuk merevisi dan mengeditnya mininal EYD-nya yang kubenarin agar enak dibaca. Sebenarnya tidak ingin mengeditnya sih, biar jadi saksi bisu perjalanan dan perubahan riizhu tahun demi tahun tapi setelah kupikir-pikir memang lebih baik untuk mengeditnya, apalagi postingan-postingan awal merupakan pelajaran-pelajaran dasar yang paling banyak dicari dan dibuka pengunjung, maa shikata ga arimasen. Dalam waktu satu bulan, tiap hari kumerevisi sekitar 10-20 postingan lama, sekitar 200an postingan awal telah riizhu revisi dan pada postingan di 200 keatas riizhu lihat tidak banyak kesalahan dan typo jadi kuputuskan untuk sudah cukup merevisinya sampai postingan itu. Karena mengeditnya cukup cepat jadi kemungkinan masih ada beberapa kesalahan, gomen ne(^_^)v

Kini BJB Memiliki Official Line dan Dapat Semakin Dekat dengan Adders/Pengunjung

Sekitar bulan Oktober akhirnya kuputuskan untuk membuat Official Account Line BahasaJepangBersama setelah banyak member grup yang menyarankannya😁. Sebenarnya memang sudah tertarik lama sih membuat akun OA LINE BJB tapi dulu masih mikir-mikir apa waktunya sempat untuk mengurusnya apa ngga. Sekarang alhamdulillah dan bersyukur banget banyak teman-teman yang bantuin mengurus BJB mulai dari OA, Grup hingga lainnya dan sekarang kumerasa BJB dapat menjadi lebih dekat dengan para sobat BJB, honto ureshii yo❤(ӦvӦ。) Buat sobat yang belum ngeadd OA BJB jangan lupa di add ya(^_^)/ dan temukan info-info menarik dan terupdate di sana.

Grup LINE BJB Dapat Terkelola dengan Sangat Baik

Setelah jatuh bangun, ngegunain berbagai macam format, berulang kali merevisi rules, berulang kali mengubah jadwal kelas, berulang kali grupnya mati suri sampai-sampai rasanya ingin menyerah mengelola grup m(_ _;)m. Mengelola grup memang merupakan hal yang paling sulit dilakukan, membuatnya gampang, mempromosikannya tidak begitu sulit, tapi mengelolanya agar berjalan dengan baik itu yang paling susah(¯―¯٥) terlihat dari banyaknya grup-grup yang bisa ditemukan hanya satu dua saja yang dapat berjalan dengan baik. BJB pun butuh waktu sekitar satu tahun trial and error coba ini coba itu, dari riizhu yang awalnya sangat awam dengan aplikasi messanger LINE, sedikit demi sedikit grupnya mulai membaik sampai akhirnya grup BJB 日本語クラス memiliki rules dan jadwal yang solid pada bulan Januari 2017, alhamdulillah semoga grupnya berkah dan dapat bermanfaat bagi semuanya. Riizhu ucapin terima kasih banyak untuk teman-teman yang telah membantu mengurus grupnya dengan ikhlas makoto ni arigatou gozaimasu T.T, jadi terharu. Makasih babe Adit, Raito-chan, Hiruma-chan, Geg Rika, Bu Ayu dan juga buat semua member grupnya terima kasih banyak. Mohon doanya juga semoga grupnya bisa terus bertahan sampai waktu yang lama semoga nanti bakal muncul calon-calon penerus pengurus grupnya agar tidak berhenti di satu generasi saja.

Rencana di Tahun BJB Keempat

Cukup banyak perubahan di tahun ketiga BahasaJepangBersama walaupun padahal riizhu baru benar-benar aktif setengah tahun terakhir saja. Mengenai target ke depannya, hmm ada banyak sekali sih hal-hal yang terpikirkan olehku untuk BJB ke depannya, tapi karena kebanyakan adalah hal yang belum pasti bakal bisa dicapai di tahun ini, jadi yang akan riizhu sampai kan adalah hal yang terdekat dulu, semuanya perlu dilakulan bertahap(^_^メ). Hal yang paling dekat dan lumayan besar yang ingin riizhu capai adalah ingin menyelesaikan menyusun sebuah buku (≧▽≦) proses sudah 50% nanti akan riizhu kasih tau kalau sudah jadi ya^^. Hmm, terus apa lagi ya target tahun depan? Target tahun depan adalah menyelesaikan pelajaran N2, setelah selesai membuat buku riizhu ingin intens lagi mempelajari pelajaran level N2 dan mengupdate materi N2 untuk blog BJB, satu lagi di tahun ini riizhu ingin lebih meningkatkan skill speaking biar bisa ngomong cap cip cus(≧▽≦) hehe, semoga bisa berkembang dari mengurus grup Nihongo Kurasu yang memang dibuat untuk fokus mengasah kemampuan speaking dan writing. Oke, hanya tiga hal itu saja target riizhu untuk tahun keempat blog BJB semoga tercapai semuanya. Sobat BJB, mohon doanya ya(*^^*).

mina-san arigatou gozaimashita
Baiklah cukup sampai di sini saja curcolan riizhu ya😂 ditunggu curcolan di tahun berikitnya wkwk XD, terima kasih atas segalanya, ima made arigatou, kore kara mo yoroshiku onegaeshimasu(^o^)/.
Ulang Tahun Ketiga Blog Bahasa Jepang Bersama (3年記念日)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner