Rubrik Sobat BJB Episode 14 (Aya)

Ohayouuuuu Minna...

BJB no Raito desu~

Jumpa lagi di Rubrik Sobat BJB.

Kali ini ada siapa yaaa???

Hmm... Ada Aya~chan dari Temanggung. Langsung kita simak kisahnya yuk!!!

Oh iya, bagi kalian sobat BJB semua, Raito selalu menanti kisah-kisah kalian lho, jadi kalau kalian punya waktu luang, gunain deh buat nulisin kisah kalian lalu kirim ke sini. Yaaa.. Yaaa... 😚

Raito tunggu pokoknya~ 😁

#######

Annyeonghaseyo chingu ya, Jeoneun Aya imnida. Cheoeum boepgesseumnida.

Eee.. nani kore? Kok jadinya Korea ya. Gomen… gomen… ini kan Rubrik BJB. Kankokugo wa dame. Effect abis nonton serial korea nih bikinnya. (笑)

Yosh minasan ! Jikoshoukai ga suta-to…
Hajimemashite, Aya desu. Temanggung kara kimashita. Gadjah Mada Daigaku kara shotsugyou shimashita (bentuk ~ta ya, jadi lampau... tapi jangan tanya kapan lulusnya. ntar ketauan klo uda jadi obaasan. 笑). Jyaa, yoroshiku onegaishimasu~~

Kapan mulai suka Jepang?
Hmmm… itsuka na…? Jitsuwa ne, Aya bisa kenal sama je-Jepang-an adalah karena pengaruh dari temen masa kecil Aya. Entah kapan pertama kali Aya mulai suka sama hal-hal yang berbau negeri asal doraemon ini Aya juga lupa kapan tepatnya. Kodomo no toki ni, Aya cuma punya 1 temen maen yang mana tak lain dan tak bukan adalah oniichan. Yep, Aya di rumah cuma 2 bersaudara. Rumah juga nggak terletak diperumahan atau pedesaaan atau perkampungan yang banyak anak kecil suka lari-larian di jalanan, melainkan di pinggiran jalan yang cuma ada mobil lalu lalang dan rumah para tetangga sebelah nggak ada yg punya anak kecil seumuran. Dakara, kemana-mana, Aya jadi pengikutnya oniichan. Eee matte, kok malah jadi curhat gini ya. Kembali ke lap-top.

Tontonan dari kecil si emang uda kartun anime yang notabene juga terbitan dari negeri sakura. Bangun tidur uda langsung duduk manis aja di depan TV. Tapi tetep aja, yang pegang remote pastinya si oniichan. Aya sebagai adek yang baik hati, penurut, tidak sombong dan suka menabung mah cuma bisa ikut nonton doank. Apalagi jaman doloe kala dubbing-annya kan masih pake bahasa Indonesia yang baik dan benar yak. Jadi mana tau klo itu anime dari Jepang. Taunya ya "film kartun tontonan buat bocah" gitu doank. hahaha... Hingga pada suatu saat ni si oniichan mulai nge-play lagu-lagu yang liriknya nggak familiar ditelinga dan bahkan nggak bisa dicerna. Ni orang nyanyi lagu apaan yak *pikirkuh*. Lirik kagak ngerti, namun irama nya oke juga si. Karena saking seringnya si oneechan ngeplay ni lagu, nyampe kalo maen gitar pun lagu yang dimainin kek nggak ada lagu laen, lama kelamaan ni otak sama hati kehipnotis juga jadi penasaran dan mulai iseng ngopy tuh lagu ke hp. Waktu itu lagu favoritnya oniichan adalah lagunya L'Arc~E~Ciel. Hampir semua album dia punya. Hadeeeeuh....

Nggak cukup ngeracunin pake lagu, si oniichan mendadak pulang sekolah bawa komik Naruto sama Conan. Aya pun awalnya yang cuma iseng ikutan baca buat ngrecokin oniichan, eh malah Aya nya jadi keterusan. Ngopy anime Naruto dari temen yang dubbing-annya masih ori nihongo tapi subtitle pake eigo, mulai naksir sama logat dan intonasi mereka pas lagi kaiwa. Aaaak makin demen nih sama bahasa jepang... nyampe tumbuhlah sebuah impian “Nihon e ikitai… itsuka na….”.

Sempet kepikiran pengen coba nyari kursus yg ngajar bahasa jepang. Tapi kondisi rumah yg nggak strategis alias bukan di kota besar, kursus bahasa asing kek bahasa jepang gini dulu masih sangat sangat langka. Dan biayanya pun…. haaaumm lumayan juga euy, nggak enak klo minta ke ortu. Biaya sekolah aja uda gedhe, masak minta mluluk ya. Akhirnya mutusin buat coba otodidak aja.. Cuman karena nggak nemu temen yg bisa diajak blajar bareng, belajarnya pun mood2an dan nggak konsisten. Padahal belajar bahasa itu kan nggak semata sekejap langsung bisa ya, melainkan harus ditelateni secara terus menerus dan sering dipake. Kalo nggak dipake alhasil bakal luntur lagi kek make up abis kena ujan.

Sampai hingga pada suatu waktu Aya mendadak kejatuhan durian runtuh (bukan durian beneran yak). Ngimpi apa nih semalem. Si bos di kantor nyuruh Aya buat ikut business trip ke Jepang. Uwaaaaaak ni hati di dalem jingkrak2 senengnya nggak karuan. Atashi no yume... kanaeru ni naru... Langsung lah semangat belajar Bahasa jepangnya kembali membara, biar nggak malu2in gitu di Jepang cuma longak longok nggak ngerti ni orang pada ngomong apa. Wkwkwk. Nah minta bantuan lah ke Prof. Google buat nyariin blog yang bisa bantu Aya mengingat kembali materi yang pernah Aya pelajari dalam waktu sesingkat-singkatnya. Daaaan... jengjeng… terbukalah sebuah halaman blognya riizhu senpai. Waaow.. ni blog lengkap abis, dan yang bikin kagum pas baca kalo riizhu senpai ini belajarnya juga OTODIDAK. Di sinilah langsung muncul pikiran-pikiran motivasi “ni orang blajarnya otodidak tapi bisa keren banget gini yak… Waaaow… Subarashii ne. Ini bukan cinta pada pandangan pertama ya… Tapi kekaguman pada kesan pertama. Wkwkwk. Dan setelah menelusuri blognya riizhu senpai, ternyata ada group Line nya juga. Langsung lah mluncur SKSD japri ke riizhu senpai minta join ke grup nya.

Awal mula masuk grup waktu itu masih belum seketat ini dan juga belum ada jadwal kelas-kelasnya. Lebih banyak ke forum Tanya jawab dan saling share tentang kanji dan bunpou. Dan ngliat dari bobot pertanyaannya aduuuuh… cuma berani jadi SR yang cuman berani nyimak aja. Selain agak minder karena ngliat minna di group pada jago-jago gitu nihongonya, Aya juga tipikal orang yang agak pendiem. Jadi mau ngomong pun masih takut salah. Cuman nongol pas tau kira-kira apa yang lagi diomongin. Mulai ikut aktif pas BJB mulai ada kelas-kelas gitu, karena Aya pun jadi punya dorongan dari dalam diri untuk dipaksa harus aktif juga biar skill nihongonya makin bertambah. Kadang kagum, seneng, tapi juga ngiri liat minna yang pada semangat dan fasih ngomong bahasa jepang. Tiap kali dengerin VN nya minna pas yomikaki duuuuuh… seneng lah pokoknya… meski kadang ngerasa skillnya Aya masih jauh jauh di bawah minna, tapi ini lah yang jadi motivasi Aya buat terus dan terus belajar menambah skill Aya berbahasa Jepang.

Sekali lagi terima kasih buat riizhu senpai yang udah mengijinkan Aya buat gabung. Terima kasih juga buat sobat2 BJB Adito senpai, Ayy chan, Rika chan, Fa chan, dan sobat2 lain yang nggak bisa disebutin satu2. Iro iro na koto wo oshiete kureta, hontou ni arigatou gozaimasu… (please!)

~Aya yori



#SobatBJB
#BahasaJepangBersama

>>> sampai jumpa di episode Sobat BJB pekan depan ya, Minna >>>

[Raito]

Rubrik Sobat BJB Episode 14 (Aya)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner