Grup Chat LINE Nihongo Kurasu Bulan Pertama

Yosh! junbi wa mou dekiteiru yo kelas bahasa Jepang grup Nihongo Kurasu (日本語クラス) format baru season pertama akan kita mulai besok (Senin, 16 Januari 2017), dan pendaftaran member untuk bulan ini telah ditutup.

Berikut ini adalah daftar member grup NiKu (Nihongo Kurasu) yang terdaftar bulan ini, minna ganbarimashou ne.

BJB Aome sanka shimashou
*Cek di sini tabelnyai:  https://docs.google.com/spreadsheets/d/1d_AMYlQQhksRIStOG2Ss8idZ34hNwMbM3w26psc5zRA/edit?usp=sharing


Jadwal kelas dan rules yang harus dipatuhi di dalam grup NiKu

Rabu: Yomikaki (Sudah boleh dikumpul dari jam 19:30 WIB, dan akan sama-sama dibahas dari jam 21:30 WIB)
Jumat: Shiritori (19:30 - 21:30 WIB)
Sabtu: Bunpou (Sudah boleh dikumpul dari jam 19:30 dan akan sama-sama dibahas dari jam 21:30 WIB)
Minggu: Hari bebas mengobrol sepuasnya 24 jam dan bermain game acak kata.

*Selain hari minggu hanya boleh chat dari Jam 19:00 - 00:00 WIB.
*Setiap akhir periode akan ada materi Shiken (Latihan).
*Selalu cek note untuk mengetahui update grup.
*Dilarang menginvite teman ke grup.
*Dilarang share dan chat membahas hal-hal yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan bahasa Jepang dan Jepang.
*Note hanya diisi dengan aktivitas kelas, jika ingin share materi silahkan bisa di grup Shaberu.
*Batas waktu mengerjakan materi susulan hingga akhir minggu, jika lewat maka tidak akan masuk hitungan.

Sistem Nilai
Sebagai bahan evaluasi juga catatan perkembangan member maka mulai pertemuan ini dan seterusnya, kita akan berlakukan sistem nilai yang dilakukan dalam satu siklus kelas yakni tiap satu bulan kelas berjalan. Dengan perincian sebagai berikut :
* Satu bulan terdiri dari 4 kali Yomikaki, 4 kali bunpou, 4 kali game shiritori dan satu kali Shiken di akhir bulan.
* Yomikaki dan bunpou: Ada dua tugas yakni VN dan tulisan yang memiliki nilai masing-masing 2 nilai jika mengerjakannya pada waktu yang ditentukan. Perhatikan tabel absennya. Jika memgerjakannya di luar jam kelas maka akan dihitung 1 poin saja.
* Shiritori: Nanti para member yang ikut akan dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok yang menciptakan kosakata terbanyak akan mendapat nilai terbanyak yakni 4 nilai untuk masing-masing membernya. Peringkat 2 mendapat 3 nilai dan kelompok peringkat terakhir mendapat 1 nilai.
* Shiken: Setiap akhir siklus akan ada shiken (ujian) sebanyak 10 soal yang diambil dari materi-materi yang telah dipelajari selama sebulan. 1 jawaban benar nilainya 1.
*Total nilai: Nilai terbanyak yang bisa diperoleh dalam sebulan adalah 58 poin. Dari Yomikaki dan bunpou 32 nilai jika selalu mengerjakan pada waktu yang ditetapkan, 16 poin dari Shiritori jika kelompoknya selalu menang dan 10 dari Shiken jika berhasil menjawab seluruh soal dengan benar.
*Minimal perolehan nilai: sebagai penyeleksi alami member, jadi kami menetapkan minimal perolehan nilai agar tetap bisa bertahan di grup NiKu adalah 23 nilai. Jika nilai yang diperoleh member hingga satu siklus kelas dibawah dari 23 maka kami berhak mengeluarkannya kecuali member tersebut memang diberikan izin oleh para admin.

Izin
Terkadang ada member yang memiliki uzhur atau berhalangan tidak bisa mengikuti kelas hingga waktu tertentu. Silahkan jika sedang memiliki halangan untuk mengikuti kelas atau mengerjakan tugas dapat menghubungi para admin, nanti akan didiskusikan oleh para admin apakah memang layak untuk diberi izin atau tidak.

BJB: Minna Ganbarou


Rules lengkap dan terupdate juga formulir pendaftarannya silahkan cek di sini: https://goo.gl/YiKo0b

Satu hal terakhir yang ingin kami luruskan, mengenai OOT. Di grup memang dilarang OOT, tapi tidak perlu saling mengingatkan, kami yakin semua member sebenarnya sudah mengerti dan semua yang bergabung di grup ini tujuan utamanya pasti sama. Kami mohon pada semua member untuk tidak membahas atau mengatakan kata "OOT" lagi di grup. Memang kadang ada yang belum terbiasa dan tanpa sadar ngechat hal-hal yang di luar bahasa Jepang dan negara Jepang. Jika ada kasus tersebut mohon untuk tak perlu menanggapi apa-apa, tak perlu langsung ditegur, cukup abaikan saja kecuali ngeshare konten yang dilarang seperti konten porno, sara, politik dan hal-hal sensitif lainnya yang dapat memicu kekacauan di grup.

Jadi setuju ya, semua member untuk tidak membahas bahkan mengatakan kata "OOT" lagi di grup? Percayalah OOT itu sebenarnya hanya lah mitos belaka :D, biarkan lah para member menyatukan tujuan mereka dengan sendirinya secara alami.

Saa, NiKu de nihongo o issho ni benkyou shite ganbarimashou, minna (≧▽≦)/.
Grup Chat LINE Nihongo Kurasu Bulan Pertama

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise