Game Android untuk Belajar Kanji dan Kosakata Bahasa Jepang yang Menyenangkan

Yuuhuu, riizhu desu(^_^)/ apakah selama ini sobat masih merasa kesusahan untuk menghafal kanji? Sering dipusingkan dengan huruf kanji yang rumit dan memiliki cara baca lebih dari satu? Bertahun-tahun belajar tapi masih belum bisa menaklukan kanji? Wah, kawaishou, derita loe XD wkwk, hehe becanda ya sob(^^)v.

Lama nih, riizhu gak nulis materi di blog selain dari postingan aktivitas grup Nihongo Kurasu. Dan kali ini, di tahun 2017 ini riizhu akan usahakan sering-sering update postingan lagi di blog bahasajepangbersama.com ini. Seperti yang bisa diketahui dari judul postingannya, kali ini riizhu ingin mereview sebuah game yang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang sambil tetap menempa skill bahasa Jepang kita.

Game yang riizhu review kali ini bernama Kasui yang tulisannya terdiri dari kanji api dan air (火水). Dibaca kasui apa himizu itu bacanya ya, atau bisa dua-duanya? Hmm, ya sudah lah.

Game Android Kasui

Fitur-Fitur Game Kasui

Gamenya sangat sederhana sekali, sangat mudah dimainkan oleh segala usia. Saat pertama kali membuka aplikasinya akan ada 4 pilihan menu yakni. Start, Options, More dan Quit.

Dalam menu Options kita dapat mengatur apakah ingin mengaktifkan Hint (jawaban bantuan saat bermain) dan Sound.

Dalam menu More ada Jukugo Stats, Credits dan Rate Me!. Pada Jukugo Stats adalah daftar seluruh kosakata yang bisa dibuat saat memainkan gamenya, seluruhnya hanya ada two-jukugo kanji —kosakata yang terbentuk dari gabungan dua kanji, sobat bisa belajar dan menghafal kosakata di sana agar lebih jago bermainnya, menu lainnya sepertinya tidak perlu dijelaskan, karena tidak begitu penting dan pasti sudah bisa diketahui dari namanya.
Kasui Hint

Kasui Jukugo Stats level 9

Kasui Jukugo Stats level 1

Cara Bermain Game Kasui

Cara bermainnya sangat mudah, semacam permainan tetris gitu lah. Kita nyusun-nyusun block-block yang berisi kanji hingga membentuk kata/kosakata bahasa Jepang. Tinggal klik menu Start kemudian akan ada pilihan Challenge, Practice, How to Play dan Top Scorer. Kalau masih belum mengerti coba dulu pilihan How to Play nanti akan dijelaskan cara bermainnya, tapi kalau sudah mengerti langsung saja Challenge. Terdapat 9 Level di dalamnya, masing-masing level berisi 9 Kanji, jadi level 2 akan berisi total 18 kanji, level 3 27 kanji sampai kelipatannya hingga level 9 dan kanji-kanjinya juga akan semakin rumit bentuknya. Sangat mengasyikkan, harus konsentrasi juga menemukan kemungkinan kata/kotoba yang bisa dibuat dengan waktu yang terbatas. Game berakhir jika kamu kehabisan waktu, setiap level akan diberikan waktu 90 detik dan untuk lanjut ke level selanjutnya harus berhasil membentuk kata/kotoba dengan jumlah tertentu), selain dari kehabisan waktu game juga bisa berakhir jika jumlah block-block yang ada di game sudah memenuhi layar hingga tak ada tempat lagi untuk block yang akan muncul. Selain dari dua hal itu maka kamu bisa terus melanjutkan permainan sampai skor setinggi-tingginya. Owh iya, riizhu lupa menjelaskan cara memainkannya. Gampang banget, hanya perlu memingat empat hal, geser ke kiri untuk mengalihkan block-block yang akan jatuh ke kiri, geser ke kanan untuk mengalihkannya ke kanan, geser ke atas untuk menukar posisi blocknya dan geser ke bawah untuk mempercepat block-blocknya jatuh, sore dake desu.

Kasui seikou

Kasui Game Over

Kasui jikankire


Dan ini dia video review game Kasui, yang pasti gampang banget deh mainnya. Mohon maaf penjelasan di videonya masih kurang dan ngomongnya kurang lancar, namanya juga masih belajar, jadi mohon dimaklumi ya hihi Jangan lupa channelnya disubscribe ya, karena akun ini yang nanti bakal jadi cikal bakal Official Youtube BahasaJepangBersama^^ mungkin untuk di tahun 2018 nanti.


Aplikasi ini sepenuhnya gratis, bisa dimainkan offline, tidak ada iklan dan tidak ada yang namanya in-game purchases. Riizhu kasih 4.5 bintang deh buat aplikasi ini^^. Jika tertarik ingin mempelajari kanji dengan cara menyenangkan maka aplikasi game ini sangat direkomendasikan untuk dicoba^^.

Tambahan rekomendasi buku-buku yang patut dicoba untuk belajar kanji, klik judul / gambar untuk melihat info lebih detail.
Muryani J. Semita
Penerbit: Pustaka Widyatama (2015)
Harga: Rp126.000 Rp140.000
Gampang Hafal Kanji Jepang

Kanji Dasar Bahasa Jepang N5 (Sudjianto, Ahmad Dahidi, Matsuoka Yoko)


Sudjianto, Ahmad Dahidi, Matsuoka Yoko
Penerbit: Kesaint Blanc (2014)
Harga: Rp54.000 Rp60.000
Sinopsis :
Huruf dalam bahasa Jepang disebut moji yang terdiri dari huruf hiragana, katakana, kanji dan romaji. Huruf kanji merupakan salah satu aspek yang menyulitkan para pembelajar bahasa Jepang, terutama yang tidak memiliki ‘latar belakang kanji’. Oleh karena itu penulis berinisiatif membuat buku pegangan bagi para pembaca yang awam terhadap huruf kanji dan ingin mempelajarinya. Kanji Dasar Bahasa Jepang adalah buku yang berisi 250 kanji yang khusus dipilih oleh penulis. 250 kanji tersebut diseleksi oleh penulis yang diperkirakan sering muncul dalam Nihongo Nouryoku Shiken level 5. Di dalam buku ini juga berisi pendahuluan tentang huruf kanji, langkah-langkah penulisan kanji, arti huruf kanji serta cara baca kun’yomi dan onyomi. Buku ini juga didukung dengan lembar genkouyoushi untuk para pembaca yang ingin berlatih menulis kanji sendiri.



Bisa beli online di belbuk.com atau cari di toko buku offline kesayangan Anda(*^^*).

Baca juga: Daftar Huruf Kanji Level N5

Baiklah, sekian untuk postingan kali ini, mudah-mudahan hafalan kanji dan kotobanya semakin banyak ya. Meski kanji itu sulit tapi mempelajarinya sangat menyenangkan lho, setuju?.
Game Android untuk Belajar Kanji dan Kosakata Bahasa Jepang yang Menyenangkan
1 komentar:

探したんだけど、なかった。aplikasinya g ada..

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise | Media Partner