Rubrik Sobat BJB Episode 7 (Zamun)

Mina~san, Konnichiwa...
Raito da yo, hihi... Hajimemashite, penghuni baru di rumah ini nih. Salam kenal buat kalian semua sobat BJB yang sangat Raito banggakan, soshite yoroshiku onegaiitashimasu.

Mengawali perjumpaan kita kali Raito mau membawakan ke hadapan Sobat BJB semua postingan dari salah satu Sobat BJB dari Grup Chat Line BJB. Tidak terasa sudah memasuki episode 7 Rubrik Sobat BJB, spesialnya episode kali ini memang sudah dipesan oleh Sobat BJB yang menuliskan ceritanya kali ini. Siapakah dia? Sedikit bocoran nih, dia adalah Raja Spamnya grup BJB dulu semasa hiatus. hehe... memang sesuai dengan julukannya, ternyata tulisannya pun puanjang sekali. Mengalahkan Riizhu~senpai yang selama 6 episode ini bertahta di urutan pertama cerita terpanjang. Semoga kalian gak malas buat membacanya yah... Langsung aja deh, kita simak di bawah ini.

Rubrik Sobat BJB Episode Zamun (12 Desember 2016)

Sobat BJB Zamun


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ohayou gozaimasu to konnichiwa to konbanwa minna. Lho kok salamnya sampe banyak kayak gitu? Ya selamat pagi ada, selamat siang ada, bahkan selamat malam pun ada, pemborosan banget ih. Oi oi oi, chotto!!! Aku kayak gitu juga karena ada alasannya. Hitotsu, mochiron boku wa muslim da, dakara boku wa muslim no salam no koto ga iimasu (Pertama, yang jelas aku seorang muslim, makanya aku ngucapin salam kayak gitu). Futatsu, aku maunya yang membaca artikelku ini tidak terkekang sama waktu meskipun Assalamu’alaikum sendiri tidak terkekang oleh waktu. Hmm mungkin alasan yang lebih tepat supaya keliatan jejepangannya wwwww.

Souieba, wasurechatta. Hajimemashite, boku no na wa Taufiq Nur Rachman. ITS de kagaku no kougaku no gakusei da (Aku mahasiswa teknik kimia di ITS). Jakarta kara kimashita. Ima wa Surabaya ni sundeimasu. Aku nulis ini bisa dibilang sedikit terpaksa tapi di sisi lain aku mau nunjukkin keluarga baruku di BJB. Inget lho ya, cuma dikit doang terpaksanya, itupun karena males dan rasa males itu memang harus dipaksa biar gak males lagi.

Jadi, pada rubrik BJB nanti, giliranku untuk bercerita. Dan aku udah pesen kalo aku mau jadi orang yang ketujuh. Intinya urutan ketujuh. Pada awalnya aku masuk grup BJB pas kapan ya, aku juga gak inget. Yang jelas aku masuk grup itu karena sesuatu. Tapi aku gak bakal ceritain sesuatunya, soalnya gak menarik dan aib. Yang menarik ketika aku jadi member resmi. Awal mulanya, aku masuk ke grup itu dengan DP (display picture) karakter anime perempuan, aku lupa detailnya karakternya siapa dan dengan DN (display name) berupa simbol bulan seperti ini (). Walhasil hampir seluruh member BJB ketika itu ngira kalo aku adalah seorang perempuan (kalo dipikir2 lucu juga sih wwww). Selain itu, mereka yang ada di grup BJB gak ada yang tau nama asliku adalah Taufiq. Karena memang aku sendiri yang bilang panggil aja aku dengan nama Temon. Walaupun aku beritahu, ujung2nya tenggelem di grup, jadi gak ada yang tau namaku.

Setelah sekian lama aku di grup itu, akhirnya aku membangun kedekatan dengan member yang ada dan Alhamdulillah masih dekat sampe sekarang dan aku juga cukup dekat dengan beberapa member yang baru. Insya Allah aku sebutin nanti dengan kisah2nya. Lanjut pada cerita awal, aku ngobrol sama member BJB dimana member ada yang tau dan ada yang gak tau. Tapi pada akhirnya semua tau nama asliku, tapi aku masih dipanggil dengan nama samaranku. FYI, nama samaran dan panggilanku di grup BJB banyak banget dan itu udah ditambah nama asli sama nama samaran yang diluar di grup. Mau disebutin? Boleh. Taufiq, Opicque, Temon, The Moon, Topik, Monte, Zamun, Zemun, Jemun, Azmun, Z-Moon, Tsuki, Luna, Mikadzuki dll. Tapi aku lebih suka dipanggil Zamun, kenapa? Hmm Kenapa ya, ya enak aja dipanggil itu. Soalnya setiap nama panggilan yang aku punya, punya ciri khas dan penggunaan di masing2 tempat. Misalnya Zamun, nama itu aku khususkan di BJB hehehe.

Seperti yang aku bilang tadi keluarga baru di BJB, maksudnya gimana? Sebelum aku jawab, aku mau tanya hakikat keluarga itu seperti apa? Kalo menurutku, intinya keluarga membuat nyaman. Ya begitu juga dengan keluarga baruku di BJB, mereka ngebuat nyaman. Mereka adalah Ayu, Rika, Faa, Aki, Adit, Riizhu, Mul, Nehla, Arif, Widya, Hirma, dll yang gak bisa aku sebutin satu2. Mereka spesial (karetnya dua), mereka istimewa, dan mereka mereka adalah harta yang sangat berharga berupa hubungan kekeluargaan. Pasti ada alasannya dong kenapa mereka bisa disebut spesial, dengan tegas aku katakan iya. Yaitu, aku suka bahasa jepang, aku suka budaya jepang tetapi aku masih bisa menyampaikan kebaikan disana. Aku bisa berdakwah di sana. Kita lanjut…

Aku ceritain satu2 secara singkat, yang paling berkesan itu Ayu. Kenapa? Dia yang pertama kali ngebongkar identitasku entah itu nama asli atau wajahku kayak gimana. Padahal aku kepengen jadi orang yang misterius yang gak ingin diketahui identitasnya. Aku juga gak ngerti Ayu bisa tau facebook dan ngambil beberapa foto2ku. Untung aja aku jarang aplod foto di fb, jadi yang Ayu dapet cuma foto2 lama. Tapi tetep aja, aku heran sama dia gara2 mau nge stalking. Ayu juga sepemikiran untuk dakwah, bahkan dia buka kelas bahasa arab untuk member BJB yang mau belajar. Tapi, ayu kadang suka ngeselin, hmm gak kadang sih tapi sering hahaha. Dia orangnya jail banget, suka ngerjain orang. Bahkan aku suka jadi korbannya dan aku sampe left grup gara2 dia wwwww. Akupun dapet julukan2 aneh kayak raja spam, raja typo, Z-moon dll dari Ayu. Demo daijoubu, sono koto dakara, boku wa kanojo to naka yoku nattanda. Selain itu, Ayu orangnya baik. Padahal aku cuma kenal lewat grup, gak pernah ketemu langsung. Tapi aku dikasih stiker secara cuma2. Sebenernya masih ada beberapa hal lagi, cuma aku males nyeritain dan itu kayaknya aib deh makanya aku gak mau ceritain di sini wwww. Tapi kalo emang nanti Ayu mau tau, tanya ke aku langsung aja, Insya Allah aku jawab kok.

Selanjutnya ada Rika. Hmm orangnya gimana ya, kalo menurutku sh rada2 aneh dan gak jelas wwwww. Anehnya gimana ya, pokoknya gitu deh. Malah aku pernah perang stiker sama dia sampe2 Riizhu bilang kayak lagi baca manga. Tapi dia orangnya enerjik, dan satu yang ngebuat aku salut ialah, dia punya komik di webtoonnya sendiri. Jangan salah lho ya, itu salah satu prestasi lho. Selain itu dia orangnya juga jail dan iseng, aku pun pernah jadi korbannya. Rika orangnya juga suka kepo gitu sh kayaknya hahaha. Walaupun iseng, keisengannya aku patahkan. Istilah kerennya, “Buaya kok dikadalin”. Kalo emang mau baca komik webtoonya, ini link nya http://www.webtoons.com/id/challenge/daily-life-of-rich-chan/list?title_no=49714 jangan lupa masukannya ya hehehe. Hmm apa lagi ya, ada sih cuma aku gak bakal nyeritain di sini. Kalo mau tau, pm aja ya rik hehehe.

Selanjutnya ada Faa, nama aslinya Fatimah. Orangnya aku gak begitu kenal banyak, tapi yang aku tau Faa chan (itu cara aku manggil dia) itu orangnya suka nyemangatin orang lain dan ngingetin orang lain. Gak usah jauh2, aku bakal ngasih contoh yang berhubungan denganku aja. Waktu itu aku pernah ngobrol di grup, kalo aku lagi ngerjain tugas dan aku bilang gak ada yang mau nyemangatin aku nih? Ya kalo dari aku sih niatnya agak bercanda, tapi Faa chan tiba2 nge pm dan ngasih VN (voice note) “Mas Zamun semangat, ganbatte kudasaine. Hayo kerjain tugasnya, jangan online mulu, chat mulu. Gak kelar2 nanti.” Kalo mau tau sih, aku malah ngesave lho Faa chan VN nya buat nyemangatin aku wwwww. Dan kalo boleh jujur, Faa chan ga kawaii koe ga arundayo, boku wa Faa chan no koe ga daisuki. O ya kadang Faa chan ngajak aku ngobrol pake bahasa jawa, bahasa jawanya yang jawa kromo pula. Hiks, padahal aku gak begitu paham bahasa jawa yang halus, aku bisa bales karena aku tanya temenku hahahaha. Selain itu, Faa chan juga perhatian orangnya. Buktinya aja, dia selalu ngingetin supaya aku ngerjain rubrik ini biar selesai. Pokoknya Faa chan asik deh orangnya hehehe.

Berikutnya Mul, nama aslinya Gina Diba Utrujia Amul Hasni (beuh panjang sangat namanya Mul). Nama bagus2 kok dipanggil Mul. Ngaca woi, namamu Taufiq dipanggil Temon (Zamun). Wwwww lupakan, kita lanjut. Mul itu orangnya asik, enak buat dibully, enak diajak bercanda dan enak diajak ngobrol. Intinya Mul orangnya bawel hahaha. Kalo menurutku sih Mul orangnya juga rada2 gaje sih wwwww. Dan dia juga dapet julukan “Ratu Typo” di grup. Akupun sering ngeledekin dia dengan cara nulis ala2 typo, tapi typo yang parah sampe setiap kata ada typo nya. Aku deket sama Mul gara2 si Mul sering curhat sama aku. Jangan sungkan ya Mul hehehe, dan semangat yak untuk pekerjaannya nanti. Semoga nyaman di tempat barunya dan sering2 ngobrol lagi ya hehehe.

Dari tadi yang disebutin cewek mulu mun (panggil Zamun), yang cowok aku juga kenal banyak kok, sabar woi, satu2. Hmm ceritain yang mana dulu ya, nyeritain Aki dulu deh. Yang jelas Aki sering jadi bahan bully, ya pokoknya gitu deh. Dia sering banget dibully sama Ayu, Rika, kadang sama yang lain. Yang sabar ya Kiiii, kita sama sering dibully hahaha. Hmm apa lagi ya tentang si Aki, aku juga gak sering ngobrol karena si Aki juga jarang nongol. Segini aja gapapa ya kiiii.

Cowok yang ku kenal deket di BJB selain Aki ada Riizhu. Nama aslinya Miftah Riza (bener gak tuh? Gomen kalo salah ya), yang aku tau Riizhu asalnya dari Kalimantan. Selain itu, blog BJB yang mungkin kalian sering kunjungi untuk belajar, ya Riizhu yang mengelola dan sekedar bocoran Riizhu juga salah satu admin OA BJB di line xixixixi (maaf yak aku bongkar hehehe). Yang aku tau tentang Riizhu apa ya, aku juga bingung sih. Yang aku tau, kalo diliat dari cara Riizhu chatting, kayaknya sih orangnya kalem (sotoy). Mungkin itu aja sih yang aku tau. Selain itu, Riizhu kayaknya orang yang tekun dan mau belajar deh keliatannya. Sebenernya aku bingung mau manggil Riizhu kayak gimana. Waktu aku panggil sensei, dia gak mau. Kalo aku panggil Riizhu san kok aku merasa aneh karena gak biasa. Aku panggil Riizhu seperti biasa gapapa ya? Satu hal lagi, maaf ya Riizhu kalo aku jarang ngumpulin tugas malah hampir gak pernah. Seharusnya aku di kik nih dari grup T_T. O ya kalo yang gak tau blog BJB, ini blog nya https://bahasajepangbersama.blogspot.co.id/

Ada cowok satu lagi yang aku tau, dia namanya Adit (Ya Allah aku gak sopan banget dah manggil orang langsung namanya, padahal yang aku tau Adit udah nikah). Ngomong2 soal nikah, pernah di grup BJB ngebahas tentang itu. Selain Adit, biasanya aku sering nanya2 sama Ayu, soalnya dia udah nikah juga. O ya, btw Adit punya peranan penting di BJB dia jadi narasumber di grup kalo ada yang mau tanya2 masalah bahasa jepang dan kebudayaannya. Soalnya Adit emang lagi tinggal di Jepang, lebih tepatnya di Nagoya (kalo gak salah). Selain itu, yang ngebuat nama panggilan si Gina jadi Mul, ya ini orangnya wwwwww. Ada yang ngebuat aku iri sama Adit, dan itu ada tiga hal. Hitotsu, Adit punya tulisan ketika nulis Hiragana, Katakana dan Kanji bagus banget. Futatsu, Adit tinggal di Jepang. Dan itu adalah impian setiap orang yang memang suka Jepang. Soshite saigo da, Kalo diliat dari DP nya, Adit masih muda dan dia udah nikah.

Panjang banget ceritaku, aku awalnya ngetik ini di ms. Word lho dan ini udah page yang keempat wwwww. Lanjut lagi ya hehe. Tsugi wa Hirmayani Natsir, tapi aku manggilnya Hirma chan. Orangnya juga asik kok menurutku. Selain itu, hal yang ngebuat aku kagum dan iri adalah Hirma punya skill gambar yang bagus. Soalnya yang aku liat emang kayak gitu dan itu digambar manual karena memang Hirma lebih suka gambar manual daripada lewat digital. Aku jadi lebih banyak tau tentang dunia gambar dan lukis ya dari Hirma, misalnya aja istilah2 line art, vector art dll yang sebelumnya aku gak tau, tapi aku suka style gambar itu. Hirma itu orangnya gimana ya, hmm mungkin imut. Soalnya diliat dari stiker2nya karakternya kawaii semua. Dan aku pernah ngedenger yomikaki nya punya Hirma chan, dan suaranya emang kawaii hehehe.

Terus ada Widya, aku gak tau nama lengkapnya. Mungkin dari semua orang yang aku sebutin diatas, gak ada yang kenal sama Widya. Tapi aku kenal dan aku merasa udah deket banget sama dia. Mungkin aku gak akan cerita banyak tentang Widya, soalnya aku juga belum izin sih sama Widya kalo nama dia aku sebutin disini. Dan aku juga ada alasan sendiri kenapa aku gak mau cerita banyak tentang Widya orangnya kayak gimana. Kalo Widya mau tau alasannya, pm aja ya Wid hehe.

Lalu ada Nehla, nama lengkapnya siapa ya aku agak lupa. Kalo gak salah sih Nehla Sobach. Yang jelas aku kenal sama Nehla di grup BJB yang ada di WA. Awalnya aku ngira dia itu cowok, karena dia make DP di line nya itu karakter cowok dan DN nya kuroba. Eh ternyata cewek, wwwww kejadian yang sama yang menimpaku pada waktu itu. Aku pernah request gambar chara cewek, tapi katanya agak susah karena detailnya banyak. Dia lebih bisa gambar chara cowok karena lebih mudah, katanya sih gitu. Kalo emang gitu, aku request chara Felix Argail yang dari Anime Re Zero dan Kinoshita Hideyoshi dari Baka to Test ya Nel hehehe. Dan aku jadi merasa lebih deket lagi sama Nehla karena dia sering nanya2. Tapi aku gak masalah, soalnya aku juga seneng ditanya.

O ya kalo ada yang mau masuk ke grup BJB yang di WA untuk ngobrol dan ber OOT ria ini link nya, soalnya grup itu emang dikhususkan untuk mempererat kedekatan dengan member BJB satu sama lain kok hehehe. Tapi jangan kaget ya kalo di sana sampe rame banget dan kalian gak kuat karena OOT  banget hahahaha. https://chat.whatsapp.com/FYsEq5ht2maKhur4iX4AkF

Aku juga udah kenal dan deket sama member BJB yang di WA selain Nehla, yaitu Arif. Kalo menurutku orangnya enak diajak ngobrol dan sering banget nongol di grup WA. Selain itu, Arif sering ngingetin buka puasa dan untuk solat meskipun itu berlaku untuk waktu di Surabaya karena Arif ini asalnya dari Papua, jauh banget ya. Aku juga gak nyangka bisa kenal sama Arif. Mungkin aja kalo aku ada kesempatan ke Papua, kan Arif bisa jemput dan ngajak jalan2 hehehe. Si Arif ini suka nyanyi, soalnya dia sering banget ngirim VN nyanyiannya ke grup yang di WA. Dan katanya dia juga pernah (atau sering ya aku lupa) main Smule sama Mul.

Sebenernya masih banyak yang aku kenal tapi aku males nulisnya lagi banyak banget soalnya, ada Iman, Novan, Esa, Rya, Enn chan, Aefu, Shinta dll. Aku suka mereka, selain suka minat yang sama tentang jepang, enak diajak diskusi, bisa bareng2 nyebar kebaikan (dakwah) dll. O ya btw Insya Allah aku mau ngadain event untuk member BJB, ditunggu aja ya. Dan kalo emang ada yang mau ditanyain tentang aku, tanya aja. Pokoknya aku member BJB yang punya DP berupa gambar bulan kayak gini ().

Tokorode soro2 owarimasu. Iro2 no koto, hontouni arigatou ne, minna ga daisuki.

~Zamun yori

Yapp... sampai bertemu di next episode Rubrik Sobat BJB ya Minna... 
Baibai

Rubrik Sobat BJB Episode 7 (Zamun)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise