Rubrik Sobat BJB Episode 5 (Siwi)

Yeah! tiba saatnya untuk rubrik sobat BJB^^ pada minggu ke-5 ini ada kiriman dari Elisabet Siwi Wijayanti, keren banget perjalanannya bikin terharu (T.T), dan ini juga kiriman terakhir dari Siwi setelah memutuskan untuk rehat dulu dari grup NiKu, Uaaaaaaaa (T.T) makin sedih deh, semoga nanti bisa bergabung kembali ya, doain, matte masu. Ini dia kiriman cerita perjalanannya.

Rubrik Sobat BJB Episode Siwi (28 November 2016)

Rubrik Sobat BJB Siwi-san

Hallo #sobatBJB , nama saya Elisabet Siwi Wijayanti, biasa dipanggil Siwi. Sebenarnya saya malu menceritakan perjalanan saya belajar bahasa Jepang dan akhirnya bertemu dengan BJB.

Awal kenal jejepangan waktu SMP, mulai baca manga, koleksi album the gazette, nonton dorama. Dorama pertama yang saya tonton berjudul Nobuta Wo Produce, mungkin ada yang tahu. Di sini saya belum begitu kepikiran untuk belajar bahasa Jepang, karena saya masih maniak dengan matematika. Sedari SD sukanya matematika dan menganggap bahasa itu kurang "keren". Dan itu tidak benar, bahasa dan matematika seharusnya saling berdampingan.

Masuk SMK, mulai tertarik bahasa Jepang karena di sekolah saya pada saat itu ada tambahan materi pelajaran bahasa Jepang yang diadakan setiap hari Sabtu yang seharusnya libur. Singkat cerita, salah satu sensei membentuk klub bahasa Jepang dan saya masuk ke klub tersebut. Di klub itu saya belajar bahasa Jepang dengan serius. Bahkan dari klub itu saya jatuh cinta pada Kanji. Di klub itu pula saya nonton dorama Dragon Zakura bersama-sama, dan nampar banget, apa lagi saat itu kami akan mengikuti lomba Kanji Contest di salah satu universitas swasta di Jakarta.

Hati saya makin mantep di bahasa Jepang, namun Tuhan berkehendak lain. Setelah lulus SMK, orang tua saya tidak setuju jika saya masuk kuliah di jurusan sastra maupun bahasa Jepang. Akhirnya saya memilih untuk ambil jurusan pendidikan matematika, dengan berat hati saya menjalani kuliah dan 4 tahun berlalu, tahun ini saya pun lulus. Walau kuliah matematika, saya juga masih belajar bahasa Jepang di rumah maupun di organisasi kampus. Saya tidak putus asa untuk menggapai cita-cita saya di jalur bahasa Jepang. Tahun 2013 saya tetap ikut JLPT N5 dan lulus, tahun 2015 saya ikut JLPT N4 dan belum lulus, kehidupan saya dalam mempelajari bahasa Jepang tidak pernah semulus paha anggota girl band. Tahun ini saya akan ikut JLPT N4 lagi dan apapun hasilnya, saya tetap akan belajar bahasa Jepang.

Kenal BJB sebenarnya sudah lama, beberapa tahun lalu saya ketemu dengan blog BJB. Kesan pertama saat liat blognya adalah "GILA". Gila, materinya lengkap parah, dari beginner dan intermediate pun ada. Saya mulai kepoin blognya, termasuk adminnya, dan saya pun makin terkejut dan pengelola blog selengkap ini hanyalah satu orang yaitu Riizhu sensei. Di saat itu saya merasa selama ini saya belajar apa? Apa benar saya serius di bahasa Jepang? Mulai intropeksi diri, karena itu walau kuliah di jurusan mtk, tetep kuat dan setia belajar bahasa Jepang. Riizhu sensei salah satu panutan yang keren!

Beberapa bulan lalu, saya pun mampir lagi ke blognya dan baru tahu kalau BJB punya OA Line, langsung add tentunya. Dan ternyata ada kelas juga. Saya pun join ke grup kelas karena yang ditawarkan di kelas itu sangat menarik. Jadwalnya jelas dan terlaksana dengan baik. Adminnya juga ramah banget. Saya di sana kaya kursus online dan free.

Buat #sobatBJB yang ragu dengan keputusannya belajar bahasa Jepang, mulai sekarang jangan ragu. Bahasa asing itu menunjang diri kita, dan sekarang belajar bahasa tak sesusah dulu. Banyak sekali materi free, grup-grup belajar yang menarik, dan orang-orang baik yang mau berbagi ilmu, salah satunya di BJB.

Sekian curhatan panjang saya. Mohon maaf jika bahasa saya kurang sopan dan bikin bingung. 😁

~Elisabet Siwi Wijayanti yori
Rubrik Sobat BJB Episode 5 (Siwi)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise