Rubrik Sobat BJB Episode 3 (Rika)

Di minggu ketiga rubrik sobat BJB kali ini ada kiriman dari Rika a.k.a Tumunyan ya :D, dipanggil tumunyan karna dia sering gunain sticker tumurin si keong XD. Dia jago ngegambar dan ngedesain, dia juga ngasih pict buat grup-grup BJB. Arigatou tumu-nyan. Dari member-membernya yang sering menggunakan sticker-sticker tertentu dia juga jadi dapat ide katanya buat komik strip yang charanya diambil dari karakter dari sticker creator di LINE XD, aru aru dake ne. Oke ini dia kirimannya^^:

Beberapa komik strip dari Tumunyan, lebih banyak dan lebih lengkapnya ada di Album Grup Nihon Bunka :D

Rubrik Sobat BJB Episode Rika (13 November 2016)

Rika W (Tumunyan)

Hi, saya Rika,

Iya dimanapun saya menggunakan nama asli sekalipun di dunia maya... hahahaha. Saya dulu juga pernah khilaf sering memakai nama gaul di sosmed, setelah saya berobat ke klinik tongfang akhirnya saya menggunakan nama asli, hahahha #joudan dake yo. Saya tinggal di Denpasar.

Sebelum saya menjadi anggota grup BJB dan diangkat jadi member Family grup, Saya cuma seorang karyawan biasa yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang. Saya baru mendalami tentang bahasa Jepang beberepa bulan terakhir lebih tepatnya bulan Maret (tapi ntahlah para member pada gak percaya wkwkwk).

Sebelumnya saya tidak mempelajari dan cukup tahu saja, karena jujur saja saya penikmat anime dari kecil, jadi ya kalo cuma sekedar bilang "yamete kudai", "chotto matte kudasai", dan "arigatou" ngertilah wkwkwk.

Tapi pada Maret itu, saya mempelajari kana dan menghafalnya, kemudian gak cukup sampai di situ saya juga mencari tahu tentang kanji dan mencari materi lain di internet, dari banyak blog yang saya kunjungi, akhirnya saya menemukan blog BJB yang materinya lumayan lengkap untuk sekedar blog, dari sana saya sering berkunjung tiap hari dan menelusuri isi-isi blog. Ternyata di sana juga saya menemukan undangan bergabung atau join di BJB Line. Saya mendaftarkan diri sekitar bulan juni dan bergabung sebulan kemudian).

Awal masuk bingung ya, karena saya baru pertama kali bergabung di grup seperti ini, yang isinya tidak saya kenal dan orang-orangnya seperti apa, soalnya jujur saya saya seorang introvert yang temen-temennya bisa diitung jari wkwkkwwk.  Tapi meskipun sedikit temen-temen saya adalah orang yang royal jadi agak kebingungan sih satu grup dengan yang tidak dikenal berbahasa asing pula...

Saya punya sih grup lain di Line, tapi cuma grup event dan grup organisasi dimana tempat saya berbaur dengan orang lain yang orang-orangnya pun sudah saya kenal dan tau seperti apa. Berbeda dengan grup BJB ini, saya ngeblank dan agak takut takut mau nimbrung. Untungnya member yang lain ramah dan nanyak-nanyak duluan jadi saya tidak begitu canggung, dan ternyata ada yang satu jurusan si Afdal~san, zamun, Eni, Akinyan, yah jadi gak canggung lagi. Bahasnya bukan bahasa jepang tapi IT (mungkin itu yang dibilang Riizhu, sekedar ngobrol).

Apalagi ada si Esa yang satu daerah, yang bisa dibilang mau membimbing dan menjelaskan mengenai BJB ini, kemudian ada si Itha (kouhai Esa) yang baik hati, yang saya pinjem buku-buku bahasa Jepangnya, jadi seru sih punya teman baru, dan saya jadi sering main line, karena sebelumnya saya jarang buka line. Dari situ kemudian kenal sama bu haji, si Toyip Ucup (Adito), Fatime, Wiwik, Rya, si Aefu, Fariz dan member yang lain hingga kini.

Terima kasih Riizhu~sensei udah bikin grup Line, yang kadang kita bikin kewalahan adminnya, karena sering banget kita ngobrol dan hingga tragedi pembullyan si Meong yang tiada akhir hingga sekarang, (ada komiknya lho di Pop Culture (Sekarang jadi Nihon no Bunka Daishuukai), tapi masih bersambung, author sibuk, dan si Meong hilang). 

Untung Admin baik dan sabar kita, jadi gak dikick. Padahal udah sering ribut dan bikin hp orang sering lag dan hank, itu di awal saja ketika grup masih hiatus, sekarang mah nggak Minna, karena in syaaAllah grup udah berjalan dan mudah-mudahan struktur yang udah dibangun berjalan dengan baik ke depannya.

Yuk bareng-bareng improve kemampuan kita, gak usah takut salah toh kita masih belajar.... Ganbatte kudasai 

~Rika Wardiana yori
Rubrik Sobat BJB Episode 3 (Rika)

Terima kasih telah membaca postingan di blog Bahasa Jepang Bersama ini
silahkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti atau ada yang ingin ditanyakan^^

Copyright © 2014 - 2017 Bahasa Jepang Bersama - All Right Reserved
Powered By Blogger | Kebijakan Privasi | Contact | Advertise